jump to navigation

MENGATASI ANAK MALAS SEKOLAH Februari 20, 2009

Posted by ekojuli in parenting, PRIVATE.
Tags: , , , , , ,
trackback

PENGALAMAN PRIBADI

3Pengalaman ini terjadi satu jam lalu. Anak saya, Rifqi (5 tahun) sekolah TK, mengatakan sakit perut, jadi ngga mau (malas) ke sekolah. Sebagai orang tua tahu betul apakah anaknya benar-benar sakit perut atau hanya karena malas sekolah.

Ceritanya mundur dua hari yang lalu, pagi-pagi dia mengeluh kesakitan, sakit perut (tentu saja sakit perut betulan), akhirnya mamanya menyuruh dia untuk minum obat (mamanya rifqi seorang bidan) dan ijin ke sekolah untuk tidak masuk. esoknya rifqi sudah masuk kembali karena sudah sehat. Pulang sekolah rifqi bercerita, kata bu guru kalau masih sakit, ijin saja dulu…

Akhirnya tadi pagi , Rifqi kembali mengeluh “sakit perut” karena kata bu guru boleh kok ijin ga sekolah. Sebagai orangtua kami hanya tersenyum. Baiklah, sambil mandi saya coba ceritakan sesuatu tentang pengalaman saya. ceritanya begini…

Ini cerita tentang perjalan saya dari Balikpapan ke Bontang (sebuah kota kira-kira 300 km dari balikpapan). Perjalanan saya sudah hampir sampai di kota Bontang. Di perjalanan saya pagi itu, saya melihat anak-anak sekolah berjalan beriringan. Saya coba hentikan mobil dan menawari mereka untuk ikut di mobil saya… akhirnya mereka semua (kira-kira 10 anak) masuk semua ke mobil saya. Ternyata…. cukup jauh juga jika mereka berjalan kaki. Kira-kira 5 km baru sampai ke sekolah mereka. Di mobil berceritalah mereka tentang rutinitas mereka setiap hari… jika tidak ada mobil untuk menumpang ya mereka harus berjalan kaki ke sekolah… Sepanjang jalan memang banyak anak-anak yang berjalan kaki sambil sesekali menoleh kebelakang siapa tahu ada mobil lewat yang bisa mereka tumpangi. Wah… sayang mobil saya sudah penuh oleh anak-anak… jika tidak tentu saya masih muat lagi mereka. Memang di jalan kira-kira 20 km sebelum Bontang tidak nampak angkot yang bisa dipakai untuk mengangkut mereka.

Di kota Bontang ini terdapat pabrik Pupuk terbesar di indonesia PKT (Pupuk Kalimantan Timur) ada juga pabrik gas PT Badak, dan banyak perusahaan-perusahaan tambang dan kotraktor-kontraktornya. Sekedar usul nih buat pak walikota Bontang, bagaimana kalau salah satu atau salah dua perusahaan menyumbang bis sekolah untuk mereka, plus operasionalnya??? (lho… kok malah ceritanya nyasar ke politik…)

Mendengar cerita saya itu, Rifqi justru sangat antusias… sepanjang persiapan ke sekolah dia minta terusss diceritakan tentang anak-anak Bontang itu. Dia jadi bersemangat ke sekolah… Bahkan di mobil, dalam perjalanan ke sekolah dia yang hanya 5 menit itu pun dia masih minta terus diceritakan tentang mereka. Saya juga nggak menyangka rifqi begitu antusias mendengar cerita saya…

Sekedar cerita ya Nak… Bahwa engkau jauh lebih beruntung dari mereka, sekolah dekat, diantar pula. Pagi-pagi Rifqi masih sempat nonton sponge-bob, kartun kesukaan rifqi sekaligus jam penanda waktu sekolah jika kartun ini selesai berarti waktunya pergi sekolah jam 07.20. Mereka yang jauhhh, harus pagi sekali dari rumah pun begitu bersemangat ke sekolah… Seharusnya Rifqi lebih rajin yah…???

Komentar»

1. yaredi - Februari 21, 2009

Trik hebat, makasih tulisannya sudah saya baca

ekojuli - Februari 22, 2009

saya juga masih belajar pak yaredi

2. Anak Malas Sekolah | Blogger Purworejo - Maret 21, 2009

[...] PRIBADI INI SUDAH SAYA TULIS DI BLOG SAYA MAU COBA SHARE DI [...]

3. Raf - Maret 24, 2009

Wah Rifqi pinter yaa…

salam kenal Mas Eko dan sukses selalu utk Anda sekeluarga

ekojuli - Maret 24, 2009

suwun mas…
salam kembali buat keluarga

4. vila astian - Juli 24, 2009

saya bingung menghadapi anak saya chikal 4,5 thn,dia tdk mau sekolah,dikelas pun tidak mau mengikuti pelajaran atau permainan yang diberikan,hanya diam dan sibuk sendiri,saya frustasi krn skr anak saya skr naik ke nol besar,persiapan mau msk SD,saya ingin sekali dia disekolah bergaul bersama teman2nya,karena baca dan tulis dia sudah bisa sejak umur 3 tahun,dirumahpun dia sangat cerewet dan aktif,tapi berbeda keadaanya bila dia berada di sekolah,dia tidak mau sama sekali bergabung dengan yang lain,sampai2 ibu guru disekolahnya pun bingung dgn sikapnya,seolah chikal gak normal,sekedar informasi jika berada di rumah dia selalu menonton tv atau bermain komputer.berteman dengan saudara atau sepupunyapun normal seperti anak -anak yang lain,karenanya saya berharap ada yang mau memberikan saya masukan bagaimana cara saya mengatasi chikal agar dia mau bersekolah dan bergaul dgn teman2nya karena kemauannya sendiri,bukan karena paksaan dari saya

5. an an - Agustus 5, 2009

mas saya punya murid usia SD Kelas 1Dia SERING BOLOS SEKOLAH,ANAKNYA MANJA.. GIMANA SAYA HARUS BERSIKAP?

waduhhh serba salah nih…. mau dijawab wong saya bukan ahlinya… mau ga dijawab ntar dikira sombong… barangkali sharing aja ya bu guru…
kita cari dulu akar masalahnya… mengapa dia sering bolos… apalagi masih kelas 1 SD bisa banyak penyebabnya… bisa kurang PD, bisa belum cukup umur, bisa “takut sekolah” wehhh buanyak macemnya… kalau bisa jangan di Judge dia “anak manja”. maksud saya perilaku anak masih relatif lebih mudah di arahkan. Jika sudah ketemu masalahnya, tinggal kita berusaha menyelesaikan masalahnya tadi….
Yang paling penting beri motivasi untuk sekolah… berikan argumen yang sehat (jangan di takut-takuti), misal:
– Jika tidak sekolah tidak mendapat ilmu yang cukup… adik ingin jadi apa sih kalau besar???
– Sekolah akan membuat kita banyak teman..
– Sekolah bisa membuat kita tahu banyak hal: misal bagaimana terjadinya hujan.., dll (cari hal yang membuat dia tertarik)

weh… sepertinya banyak hal yang bisa dibahas…
terakhir… mohon maaf saya bukan ahli tentang psikologi anak… semua yang saya tulis diatas hanyalah sharing…
senang punya guru perhatian seperti anda.

6. yuanarose - Agustus 5, 2009

Saya tertarik dg tulisan Anda dan sekedar sharing aja ya mas Eko…Anak malas belajar ada beberapa sebab diantaranya:
Pertama,kurang motivasi dr lingkungannya (faktor ekstern), seperti dr kedua orang tuanya yg kurang peduli, sibuk dg pekerjaannya. atau lingkungan yg tdk mengutamakan pendidikan.Kedua, kesehatan dan gizi yang buruk menyebabkan konsentrasi belajar kurang. Ketiga, tekanan mental (faktor psikis), misal keadaan rumah tangga orang tuanya yg berantakkan, dimusuhi teman2nya, putus sama pacarnya (ABG). Keempat, cara/gaya belajar si anak yang tidak dipahami oleh guru atau orang tuanya.Apalagi sekolah2 di Indonesia ini masih menyamaratakan kemampuan anak yang satu dengan yang lain.Cara mengajar guru masih sama antara anak yg dominasi otak kanan dan otak kiri serta cenderung menggunakan otak kiri saja.Belum ada perlakuan yang sesuai dengan kecerdasan yg dimiliki si anak. Padahal kita ketahui kecerdasan itu beragam lho.Sehingga yang terjadi banyak kemampuan anak2 yg lebih banyak menggunakan otak kanan dalam belajar menjadi tidak tergali.Biasanya anak tersebut mendapat cap sbg si Bandel, Pembangkang, si anak nakal. Padahal tdk sedikit dr anak2 tersebut berprestasi, contoh:juara bulu tangkis seperti Taufik Hidayat yang selalu nilai pelajaran matematikanya selalu merah.Kita orang tua dan guru msh beranggapan anak nakal dan suka protes adalah anak bodoh…Mungkin mas Eko.

nah tuh… pakarnya udah mulai muncul… thx anyway sis

7. Kang Zen - Oktober 3, 2009

makasih..makasih ..makasih..alhamdulillah…

8. marthen/jayapura papua - Oktober 19, 2009

mas gimana menagatasi anak yang malas sekolah
dan sering tidak pulang kerumah

waduh gw udah kaya psikolog aja nih…
tapi yaw udah, sekedar sharing…
intinya di komunikasi.
buat anak nyaman dengan kondisi di rumah,
buat anak mau bercerita apa saja tanpa takut di marahin
bukankah lebih baik kita tau, tentang “perilaku jelek” anak kita, dari pada kelihatannya semuanya baik2 tapi kita tidak tahu apa yang dia lakukan di luar rumah?

9. yadi mulyadi - November 19, 2009

mas bagaimana langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam menghadapi anak yang susah dalam mengerjakan tugas dan sering berbicara tidak sopan kepada guru ya di sekolah ??
anak itu duduk di kelas 4 sekolah dasar . . .

silakan baca:

http://ekojuli.wordpress.com/2009/07/30/bintang-untuk-rifqi/

barangkali bisa untuk referensi…

piss ahhh cuma pengen sharing

10. sri lestari - Februari 25, 2010

saya bingung keponakan saya Annisa sekarang sudah mulai males sekolah umurnya 6 th kelas 1 sd.ada aja alesan buat ga masuk ke sekolah.yang males olah ragalah,males disuruh maju ke depan ma gurulah…aku bingung dia beda sama waktu TK dia rajin sekolah dan belajar..tapi di SD malah kebalikannya..aku takut dia akan seperti aku. meyasal sampe sekarang krna dulu aku juga peling males sekolah sampai berenti 2th.tolong kasih solusinya.mksih

11. Bening - Maret 10, 2010

mas eko, punya trik untuk mengatasi anak yang suka membangkang gak ? saya tunggu yaa….. terimakasih

apa ya…
saya biasa pake “jurus taichi” (istilah saya sendiri)
intinya adalah menggunakan energi anak (membangkang) untuk mengalahkannya sendiri..
biasa PADA SAAT dia membangkang/memberontak saya tidak bereaksi apapun (biasanya mamanya yg bereaksi keras)
ketika dia sudah tenang baru saya ajak ngobrol “man to man” tergantung apa yang dia bangkangkan
lebih banyak saya “bertanya” ke rifqi bukan “memberitahu” . artinya bertanya bagaimana sebaiknya jika…. atau lebih baik mana antara yang sikap yang “ini” dan yang “itu”…? beserta alasan kenapa begitu? lakukan terus menerus….
mohon dikoreksi jika saya salah…
ths udah sharing

12. nana - Maret 31, 2010

selamat pagi,sy mw tny dan sedikit sharing.. sy bingung dng ponakan sy dia baru TK A tp udh malas kesekolah. waktu umur 3,5 thn di les kan privat di lembaga pendidika. tp krn mungkin ponakan sy itu rada sedikit nakal atau aktif gt di kelas’a. jd guru’a ga sabar dan ponakan sy itu di jewer/sentil kuping’a oleh guru’a itu. sehingga ponakan sy tu takut untuk sekolah. akhir’a pas umur 4 thn dimasukin ke TK A,awal2’a ponakan sy rajin sekolah. tp akhir2 ini ponakan sy takut ke sekolah krn sepengetahuan sy guru di tempat ponakan sy bersekolah tidak sabar dan menurut pengakuan ponakan sy itu dia di ejek dan dijaili oleh tmn2’a. apa kah ponakan sy itu mempunyai kelainan dlm sifat’a? setiap bermain dng tmn2 di rumah ponakan sy tdk prnh membalas jk tmn2’a jailin ponakan sy itu. sy mohon bantuan’a ya.. thx bnyk

salam

nana

13. Bening - April 2, 2010

mas punya caranya mengatasi anak TK yang sulit memusatkan perhatian saat proses belajar mengajar berlangsung gak ?
hee…maaf mas tanya2 trus nie

menurut saya… yang perlu kita benahi cara pandang kita dulu tentang “proses belajar mengajar”
bagi saya “proses belajar mengajar” bagi anak TK (terutama) adalah BERMAIN itu sendiri
selama ini yang kita pikir SEKOLAH adalah ada guru mengajar di depan kelas dan murid2 mendengarkan menyimak dan menulis.
jika kita kembali pada esensi belajar adalah menyerap ilmu pengetahuan sejatinya tidak harus begitu.
kata2 jangan lari2, ayo duduk manis!, atau jangan ini jangan itu… jangan sampai menghambat rasa ingin tau anak
biarkan mereka bermain, tinggal kita arahkan dan kita jelaskan apa yang sedang terjadi
– ketika mereka “melempar batu” dan jatuh ke tanah sesungguhnya dia sedang belajar teori gravitasi, bukan? tinggal kiota jelaskan kenapa begitu..
– ketika anak membantu temannya yang terjatuh sesungguhnya dia sedang belajar IPS, bukan?
– ketika anak belanja pun anak sedang belajar ilmu ekonomi, silakan baca tulisan saya tentang ini: http://ekojuli.wordpress.com/2009/01/21/belajar-menabung-anak/ dan ini http://ekojuli.wordpress.com/2009/02/19/belajar-menabung-pada-anak-2/

klu boleh sy analogikan, biasanya ketika saya (misalnya) baru beli HP, saya lebih suka kutak kutik sedniri untuk tahu feature2nya atau saya lebih suka tanya ke taman bila tidak tahu DARIPADA liat dan baca BUKU MANUALNYA…

cuman sharing mbak bela. terimakasih sudah berkunjung… salam untuk keluarga dan murid2 (weks! ga disampaikan gapapa… kebayang klu harus menyampaikan salam ke mereka)

14. yulie - Juli 21, 2010

sy juga sudah frustasi dgn keadaan anak sy yg tidak suka sekolah..dari hal terlembut,atau sy kasih iming2,bahkan sy cubit pun anak sy tetap saja malas kesekolah..atau mungkin sy salah didik ya mas,karna drmh anak sy fasilitasx selalu sy penuhi (maklum anak pertama/belum punya saudara/tunggal)..
skrg fasilitasx mulai sy kurangi..sy berharap jalan yg sy ambil ini bisa membuat anak sy bisa dengan senang ksekolah tanpa harus sy paksa..

15. wiq - Februari 9, 2011

bontang?? salam bontang tempat kelahiran saya. :)

16. misbakhul alim - April 12, 2011

pak,anak saya susah sekali untuk di suruh sekolah, tiap hari kerjanya main game terus,tolong beri solusinya untuk mengatasi masalah ini,trima kasih

maaf, coba pelan2
baca ini mungkin bisa memberi pencerahan>>>

http://ekojuli.wordpress.com/2009/07/30/bintang-untuk-rifqi/

17. hendar - November 10, 2011

aduh…mau gabung ketinggalan enggak yaa… soalnya kami juga baru2 ini dapet problem, anak perempuanku tiba2 malas untuk kesekolah. ujung2nya minta di tungguin ibunya, skrg duduk di kelas 3 SD. selain sptnya udah enggak pantas… kami juga kasihan sama ibu nya, yg kelihatan kesal+capek..mohon di bantu n trima kasih. wassalam,

18. Nuha - September 5, 2012

ass. saya mempunyai murid di RA kebetulan saya wali kelasnya…. dalam satu kelas itu muridnya berjumlah 33 orang anak dibimbing oleh 3 orang guru termasuk saya. kebanyakkan murid saya malas mengerjakan tugas hingga selesai, padahal pada umumnya semua anak-anak itu cerdas hanya saja kemauannya untuk menulis (motorik halus) nya yang lemah. mohon jalan keluarnya gimana agar saya bisa mengatasi anak didik saya. Terimakasih. wass…..

19. dql - Mei 26, 2013

Maaf ibu, sekedar meralat bahwa wilayah 20 km sebelum bontang, itu tdk masuk wilayah Bontang. Terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

