jump to navigation

JUARA KECELAKAAN PESAWAT (UPDATE: KECELAKAAN HELI PUMA 12/06/2009) [ UPDATE LAGI: 2 AGUSTUS 2009] Mei 22, 2009

Posted by ekojuli in UMUM, YANG TERCECER.
Tags: , , , , , , , , , , , ,
trackback

UPDATE TERAKHIR:

Apakah Ini benar Kecelakaan Terakhir???

Setelah sekian banyak kecelakaan pada tahun 2009 ini kabar terakhir 2 Agusus 2009, Pesawat merpati jenis twin otter hilang di papua… berikut beritanya:

twinotter

twinotter

Liputan6.com, Jayapura: Pesawat Merpati MZ 9760 jenis Twin Otter tujuan Sentani-Oksibil hilang kontak di pegunungan Bintang, Papua, Ahad (2/8) siang. Menurut Hubungan Masyarakat Departemen Perhubungan, pesawat itu seharusnya sudah mendarat pukul 11.35 WIT. Diduga karena cuaca buruk, pesawat diperkirakan hilang di sekitar pegunungan Obipap. Pesawat mengangkut tiga awak, 11 penumpang dewasa, dan dua bayi.

Hingga kini, nasib belasan penumpang dan tiga awak belum diketahui. Pihak Merpati dan menara pengawas, serta tim Search and Rescue atau SAR  tengah melacak keberadaan pesawat tersebut. Selengkapnya simak video.

Beikut nama awak dan penumpang Merpati:

Awak :
1. Kapten Qadrianova (pilot)
2. Pramudya (kopilot)
3. Supriadi (teknisi)

Penumpang:
1. Yacob
2. Simon
3. Nutulo
4. Yanes
5. Lauren
6. Yohanes
7. Martina
8. Edy
9. Basilus
10. Oliver
11. Yustinus
12. Nelvina
13. Belum diketahui

>>>>>>>>> sumber: liputan 6.com

Perihatin,,,

Itu kata yang pertama keluar mendengar kecelakaan Hercules C-130, yang menewaskan setidaknya 101 penumpang (berita tadi malem). UPDATE (13/06/2009): Ditambah lagi Kecelakaan Heli 8/06/2009 lagii lagi…. Kecelakaan Heli 12/06/2009). [Update Yang Kesekian Kali: Twin Otter Merpati Hilang di Papua 2 Agustus 2009] Seiring terpanjat do’a yang terbaik untuk korban meninggal dan semoga diberi ketabahan bagi yang ditinggalkan.

Sebenarnya bukan hal bijak untuk mengatakan salah siapa? Tapi diantara beberapa kata tanya untuk menginvestigasi tetap harus dicantumkan. bukan? Apa? Bagaimana? Mengapa? dll, termasuk Siapa?

Sekedar urun rembuk untuk perbaikan ke depan. Apalagi saya termasuk orang yang yang sering beberapa kali, harus naik pesawat dalam beberapa bulan terakhir (dan mungkin beberapa bulan kedepan). Agak ngeri-ngeri memang, meskipun tahu bahwa maut tidak dapat di undur atau dimajukan, tetap aja kita harus menerapkan prinsip kehati-hatian dan kewaspadaan. betul?

SEPERTINYA BANGSA INI TIDAK BISA BELAJAR DARI KESALAHAN. KLU SUDAH BELAJAR, JADI SIAPA YANG SALAH???

Baiklah, coba simak beberapa kecelakaan pesawat di tahun 2009 (yang baru masuk bulan ke -5 ini):

  1. 16 Januari , Pesawat Merpati Nusantara Airlines pecah ban di bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.
  2. 29 Januari, Helikopter Super Puma terguling di lapangan Terbang Pondok Cabe, Kabupaten Tangerang , Banten
  3. 23 Februari, Pesawat Lion Air MD 90 mendarat darurat tanpa roda depan di Bandara Hang Nadim, Batam
  4. 7 Maret, Helikopter latih jenis Hughes C300 HL 4098 Pusdik Penerbang Angkatan Darat, jatuh di tengah tambak kelurahan Tugurejo, Tugu, Semarang, Jawa Tengah
  5. 9 Maret, Pesawat Lion Air MD 90 tergelincir dan terjerembab keluar dari landasan pacu selatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat mendarat
  6. 23 Maret, Pesawat Sriwijaya Air Boeing 737-200, mengalami gangguan mesin sebelah kiri dan mendarat darurat di Bandara Hang Nadim, Batam
  7. 6 April, Pesawat Fokker-227 TS, hilang kendali dan jatuh menimpa hangar D Aircraft Services PT Dirgantara Indonesia
  8. 9 April, Pesawat PT Aviastar Mandiri , jatuh di pegunungan tengah Wamena, Kabupaten Jayawijaya, dan terakhir
  9. 17 April, Pesawat Mimika Air jenis Pilatus PK-LTJ, jatuh di Gunung Gergaji , Kabupaten Puncak Jaya,Papua.
  10. 20 mei hercules c130 milik tni au jatuh di magetan jawa timur. korban lebih dari 100 al. seorang perwira tinggi tni au. termasuk korban penduduk yang rumahnya ketimpa pesawat

INI KUMPULAN BERITANYA

PERTAMAX

Jumat, 16 Januari 2009 | 14:49 WITA

merpatiMAKASSAR, TRIBUN – Akibat insiden yang menimpa pesawat Merpati Nusantara di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, aktifitas take off (terbang) dan landing (mendarat) terganggu. Pendaratan sejumlah pesawat terpaksa dialihkan.

Pesawat yang mengalami pengalihan pendaratan (divert) adalah Garuda Indonesia nomor penerbangan GA-620 dari Denpasar, Garuda Indonesia GA-602 dari Jakarta, dan Lion Air JT-795 dari Jayapura. Pendaratan dialihkan ke Bandara Sepinggan, Balikpapan.

sumber: tribun-timur

KEDUAX

heli pumaSUPER-NAHAS: Aparat segera mensterilkan lokasi kecelakaan helikopter Super Puma milik maskapai Pelita Air di hanggar Lapangan Terbang Pondok Cabe, Tangerang, Banten (29/1). Wartawan dan juru kamera yang sedang bertugas pun dilarang mendekat.(RAKA DENNY/JP)
JAKARTA – Kecelakaan kerja terjadi di Bandara Pondok Cabe, Tangerang, kemarin. Sebuah helikopter Super Puma milik maskapai carter Pelita Air Service (PAS) yang sedang ”diperiksa” mendadak oleng dan berjungkir balik di tanah. Akibatnya, dua mekanik tewas tersambar baling-baling heli, sementara pilot dan seorang teknisi lain yang berada di kokpit selamat.
Kedua korban tewas adalah Ahmad Suparja, 54, warga Kampung Gondrong, Tangerang; dan Sri Setiabudi, 44, warga Perumahan Bumi Pelita Kencana Blok A Pondok Cabe, Tangerang, Banten. Untuk keperluan autopsi, kedua jenazah dievakuasi ke RS Fatmawati. Sementara Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih menyelidiki penyebab kecelakaan yang terjadi pukul 10.00 WIB tersebut.
sumber: kaltim post

KETIGAX

Lion Air Mendarat Tanpa Roda Depan
TRIBUN BATAM

lionMENDARAT DARURAT — Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 972 mendarat darurat tanpa roda depan di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Senin (23/2) akibat roda depan macet.
Sriwijaya Post – 24 Februari 2009

BATAM, SRIPO — Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 972 yang berangkat dari Medan menuju Batam dengan tujuan akhir Surabaya mendarat darurat di Bandara Hang Nadim, Batam, Senin (23/2). Pesawat jenis MD 90 tersebut mendarat setelah berputar-putar di udara selama kurang lebih 1,5 jam karena roda depan tidak berfungsi.
sumber: sripoku

KE EMPRAT

heliSEMARANG – Sejumlah petugas melakukan proses evakuasi helikopter latih jenis Hughes C300 HL 4098 milik Corp Penerbangan Angkatan Darat (Penerbad) yang jatuh di areal tambak di Kelurahan Tugurejo Kecamatan Tugu Semarang, Sabtu (7/3). Penyebab Jatuhnya heli yang dipiloti Mayor Cpn Agus Suprayogi dan siswa penerbang Letda Cpn Ryan Akhmad yang sedang melakukan latihan itu masih dalam penyelidikan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kedua korban mengalami luka-luka. FOTO ANTARA/R. Rekotomo/hp/09,
sumber: detik.com

KE LIMAX

lion sbyLion Air Tergelincir di Soekarno-Hatta
Fotografer – Hery Winarno

Pesawat Lion Air MD 90 jurusan Makassar-Jakarta tergelincir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, Senin (9/3/2009). Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.
sumber: detik.surabaya.com

KE ENAM

sriwijayaVIVAnews – Pesawat Sriwijaya Air rute Tanjungpinang – Jakarta mengalami kerusakan mesin. Gangguan itu memaksa pilot kembali mendaratkan pesawat secara darurat di Bandara Udara Hang Nadim, Batam.

Semua penumpang selamat dalam insiden yang dialami pesawat SJ039 PKCJN berpenumpang 108 orang itu.

KE TUJUH

Panglima TNI, “Tidak Ada Human Error”
Rabu, 08 April 2009 , 00:17:00

fokerJAKARTA, (PRLM).-Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jendral Djoko Santoso menyatakan, tidak ada kesalahan manusia (human error) dalam kecelakaan pesawat TNI AU Fokker 27 di Lanud Husein Sastranegara, Bandung, Senin (6/4), yang menewaskan seluruh penumpang dan awaknya. Penyebab kecelakaan tersebut sepenuhnya karena cuaca buruk.

“Karena pesawat yang terbang pasti layak, tidak mungkin itu tidak layak diizinkan terbang. Kemarin terjadi karena cuaca. Mau mendarat, cuaca sudah buruk, ada namanya stair wind menghantam dari samping,” kata Djoko di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/4).

Diakui, pesawat tersebut memang sudah tua umurnya, tetapi masih layak digunakan. TNI Angkatan Udara juga rutin mengecek kelaikan pesawat. “Sebenarnya itu sudah merupakan satu prosedur tetap untuk mengecek kelaikan itu sudah pasti,” ujarnya.
selengkapnya di pikiran rakyat

KE DELAPAN

4 Penumpang Pesawat Jatuh di Papua Tewas
Pesawat itu membawa cargo BBM dari Jayapura, namun saat landing di Wamena bermasalah.
Kamis, 9 April 2009, 10:06 WIB

papuaVIVAnews – Jatuhnya pesawat Avia Star di Papua menelan empat korban tewas. Pesawat ini menghadapi masalah saat akan landing di Bandara Wamena, sekitar pukul 07.00 WIT, Kamis 9 April 2009.

Empat korban tewas adalah Captain Pilot Sigit, Co Pilot Lukman, dan dua teknisi. Jenazah korban saat ini dibawa ke RS Wamena.
sumber: vivanews

KE SEMBILAN

Jumat, 17 April 2009 | 15:21 WIB
Pesawat Pilatus Itu Jatuh di Puncak Jaya

090418bpswtPesawat Pilatus PC-6 PK-LTJ Mimika Air, yang jatuh setelah menabrak Gunung Sinap, Jumat (17/4) sekitar pukul 11.00 WIT, diperkirakan jatuh di dekat Sinak-Ilaga, Puncak Jaya koordinat S.0352 derajat – B.13744 derajat.

Kadiv Humas Mabes Polri ,Irjen Pol Abubakar Nataprawira kepada wartawan menyatakan, pilot pesawat nahas itu diketahui berwarga negara Korea bernama Naylinn, dengan kopilot Makmur, warga negara Indonesia.
lanjut baca di: warta kota

INI YANG KEPULUH… (SEMOGA YANG TERAKHIR)

HERCULES

HERCULES2

Tragedi Hercules, Korban Tewas Capai 92 Orang

Rabu, 20 Mei 2009 | 14:13 WIB

Laporan wartawan KOMPAS Antonius Ponco A.

MADIUN, KOMPAS.com — Korban tewas akibat jatuhnya pesawat angkut jenis C-130 Hercules Alpha 1325 mencapai 92 orang dari total 110 orang yang ikut di pesawat naas itu. Sementara 15 orang yang selamat terdiri dari 10 orang luka ringan dan 5 orang luka berat dan 3 orang masih belum dievakuasi. Demikian Kepala Pusat Penerangan dan Kepustakaan (Kapentak) Lanud Iswahyudi Mayor Sutrisno, Rabu (20/5).

Berdasarkan manifes, pesawat yang jatuh di Desa Geplak, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, itu membawa 99 penumpang dan 11 kru. Sampai saat ini ada 3 orang yang masih belum dievakuasi karena tertindih oleh badan pesawat. Evakuasi masih terus diupayakan dengan memotong badan pesawat dengan gergaji.

Pesawat berangkat dari Halim Perdanakusuma ke Lanud Iswahyudi sebagai tujuan pertama sebelum terbang ke empat bandara lainnya di Indonesia Timur, yakni ke Makassar, Kendari, Ambon, dan Biak Papua.

Menurut Mayor Sutrisno, sebelum terbang pesawat sudah dicek. “Kondisi cuaca juga baik, jadi belum tahu apa yang menyebabkan pesawat itu jatuh,” ujarnya

sumber: kompas

UPDATE ,JUNI 2009 : tenyata masih bersambung…

KE SEBELAZ…

Rasa baru beberapa hari yang lalu saya nulis tentang pesawat TNI yang jatuh…

ehhh awal Juni (8/06/2009) udah jatuh lagi….

Heli TNI Jatuh
Senin, 8 Juni 2009 | 20:51 WIB

CIANJUR, KOMPAS.com – Lima korban helikopter TNI AD jenis Bolkow BO105 bernomor HS7112 yang jatuh di Kampung Cibuni, Rawa Beber, Pagelaran, Cianjur, Senin (8/6) petang, dievakuasi.

Dua penumpang yang tewas adalah Kolonel Ricky Samuel dan Kapten Agung. Sementara korban selamat dan menderita luka-luka adalah Lettu Hadi (pilot), Lettu Sasongko (co pilot) dan Letda Agus.

Juru bicara TNI Angkatan Darat (AD) Brigjen TNI Christian Zebua mengatakan korban yang selamat akan dibawa ke rumah sakit terdekat dan yang meninggal dunia akan dibawa ke Jakarta.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil penelitian sementara, kecelakaan terjadi disebabkan cuaca buruk berupa hujan lebat disertai angin cukup kencang.

Helikopter yang membawa lima orang anggota Komandan Pasukan Khusus TNI AD (Kopassus) itu tengah menjalani misi dukungan latihan dari Pusat Pendidikan Batujajar menuju Cianjur.

Christian mengatakan, kondisi helikopter naas itu rusak berat dan hingga kini dalam proses evakuasi. “Evakuasi korban dulu yang penting,” katanya.

Helikopter NBO-105CB diproduksi oleh IPTN atas lisensi Messerschmitt-Bölkow-Blohm (MBB), Jerman. Selain digunakan untuk mendukung operasi tempur, heli ini juga kerap digunakan untuk evakuasi medis di medan perang. sumber: kompas

KE DUABELAZ TERAKHIR

Belum satu minggu eh lagi-lagi heli jatuh (12/06) di Lanud Atang Sanjaya. Sekarang saya posting krn saya merasa kok ya terlalunyaa…. “tiap minggu” pesawat jatuh…

Heli Jatuh Diikuti Dentuman

Jum’at, 12 Juni 2009 | 17:28 WIB

TEMPO Interaktif, Bogor: Suara dentuman keras terdengar ketika Helikopter Puma 3306 jatuh di Lapangan Udara Atang Sendjaja, Bogor.

Menurut keterangan saksi di lokasi, sempat terdengar suara dentuman ketika pesawat jatuh. “Sempat terdengar dentuman,” Surahman, salah seorang warga sekitar, Bogor (13/11).

Hingga saat ini enam unit mobil pemadam kebakaran masih berada di lokasi jatuhnya helikopter Puma 3306. Bangkai helikopter buatan tahun 1977 itu ditutupi terpal warna coklat.

Di lokasi kejadian dipenuhi oleh pasukan TNI Angkatan Udara. Di rumah sakit TNI AU Atang Sendjaja juga disterilkan dari pengunjung umum. sumber: tempointeraktif

Sampe-sampe ada ungkapan… Nggak usah dipake buat Perang… Dilihatin aja Pesawat TNi ntar Jatuh Sendiri….
Joke sederhana yang cukup mengena saya kira…

+

++
+++ bonus..!!

INI SAYA KUMPULIN DAFTAR KECELAKAAN PESAWAT DI INDONESIA DARI TAHUN 2001

1. 8 Januari 2001, Kecelakaan Pesawat Cassa Nurtanio (CN) 212 TNI AL di Desa Selimo, Kurima, Kab. Jayawijaya, Irian Jaya. Korbannya Pangdam VIII Trikora Mayjen TNI Tonny Rompis dan beberapa awak pesawat lainnya tewas
2. 26 Maret 2001, Kecelakaan Pesawat Merpati F 27 PK-MFL Merpati Airlines di Desa Maranti, sebelah utara Runway bandara Juanda, Surabaya Tiga awak tewas
3. 20 Desember 2001, Kecelakaan Pesawat Hercules TNI AU A 1329 TNI AU di Lhokseumawe, Aceh Seluruh penumpang selamat meski luka-luka
4. 11 Februari 2002, Kecelakaan Pesawat Fokker 28-MK400 Pelita Air Services di Bandara Hasanuddin, Makassar Tidak ada korban.
5. 20 Juli 2002, Kecelakaan Pesawat olahraga Cessna Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) jatuh menimpa median jalan tol Jagorawi di Km 2.600 dekat pintu tol Cililitan, Jakarta Timur korbannya Brigjen Pol Bakat Purwanto dan pilot pesawat tewas.
6. 16 Juli 2002 BN-2A, Kecelakaan Pesawat PT Borneo Air Transport (BAT) Dalam penerbangan dari Tarakan ke Long Bawang, Kecamatan Krayan, Kalimantan Timur. Sembilan tewas dan satu orang luka ringan.
7. 7 November 2002, Kecelakaan Pesawat Cassa BN-2 A di Bandara Juwita Tarakan, korbannya 7 orang tewas
8. 15 April 2003, Kecelakaan Pesawat Ultra light red baron Desa Wates Jaya RT 04/03, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, sekitar 4 kilometer dari Landasan Pacu, Lido, korbannya dua atlet pelayang tewas, Norman Mokodompit, dan Teguh Arief Wicaksono.
9. 20 Juni 2004, Kecelakaan Pesawat Cessna 185 Skywagon klub terjun Payung Parung, di Bogor, korbannya atlet terjun payung Edy Cristiono tewas.
10. 30 November 2004, Kecelakaan Pesawat MD82 PK-LMN Lion Air di Bandara Adi Sumarmo korbannya 25 orang tewas.
11. 22 Februari 2005, Kecelakaan Pesawat Cassa 212-200 Polri Kabupaten Sarmi, di dekat Bandara Mararena Papua, korbannya 15 orang tewas termasuk 4 kru.
12. 23 Februari 2005, Insiden Pesawat Twin Otter milik Mimika Air tergelincir di Bandar Udara Enarotali, Paniai Tidak ada korban jiwa.
13. 26 Maret 2005, Insiden Pesawat Cassa 212 -200 PK -VSN milik Dirgantara Air Service Bandara Beringin Muara Teweh, Ibukota Kabupaten Barito Utara (Kalteng) Tidak ada korban jiwa.
14. 12 April 2005, Kecelakaan Pesawat Twin Otter Germania Trisila Air (GT Air) Gunung Gopa antara perbatasan Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai dengan daerah Dumadama, Enarotali, Kabupaten Paniai, Papua, korbannya 14 penumpang dan tiga orang kru tewas.
15. 21 Juli 2005, Kecelakaan Pesawat CN-235 Alfa 2301 milik TNI AU di Bandara Malikussaleh, Lhokseumawe tiga personel TNI tewas dan Sultan Deli Tuanku Othman Mahmud Perkasa Alamsyah tewas.
16. 5 September 2005, Kecelakaan Pesawat Pesawat Boeing 737-200 Mandala Airlines Penerbangan RI 091 gagal take off dari Bandara Polonia Medan dalam penerbangan menuju Jakarta, lalu menerobos pagar bandara dan menabrak perumahan penduduk dan masyarakat di Jl. Jamin Ginting Medan. Dari 117 orang penumpang dan awak, hanya 17 yang selamat. Korban dari masyarakat di darat, 41 orang dinyatakan tewas
17. 4 Maret 2006, Insiden Pesawat Lion Air Penerbangan IW 8987 dari Denpasar – Surabaya yang membawa 156 orang tergelincir saat mendarat di Bandara Juanda karena cuaca buruk, semua penumpang selamat.
18. 5 Mei 2006, Kecelakaan Pesawat Batavia Air Penerbangan 843 jurusan Jakarta – Ujung Pandang – Merauke setelah beberapa saat mengudara pilot meminta balik ke bandara, pada saat mendarat ban pecah dan pesawat tergelincir di landasan pacu Bandara Soekarno Hatta, 127 penumpang selamat, 4 orang luka-luka.
19. 5 Mei 2006, Kecelakaan Pesawat Pesawat Twin Otter milik Trigana Air Service dengan 9 penumpang pejabat pemerintah daerah Puncak Jaya, Papua dan 3 awak jatuh dan menewaskan semua penumpangnya. Pesawat diduga menabrak dinding gunung
20. 1 Januari 2007, Kecelakaan Pesawat Adam Air Penerbangan 574 dari Jakarta – Manado via Surabaya. Pesawat mengangkut 96 penumpang dan 6 awak tiba-tiba hilang di laut sebelah barat Sulawesi. Dua minggu kemudian ditemukan horizontal stabilizer (sayap di ekor pesawat) oleh nelayan Bakrie di sekitar 300 m dari pantai Parepare. Serpihan-serpihan lain menyusul ditemukan tetapi blackbox dan badan utama pesawat masih belum ditemukan sampai pertengahan Januari 2007 dan masih terus dicari. Namun semua 96 penumpang dan 6 awak tewas
21. 7 Januari 2007, Insiden Pesawat Batavia Air Penerbangan 524 dengan tujuan Jakarta dan membawa 135 penumpang dan 3 bayi gagal lepas landas dari Bandara Depati Amir, Pangkalpinang karena kerusakan di roda ketika pesawat bergerak di landasan pacu. Akibatnya pesawat berjalan oleng.
22. 17 Januari 2007, Insiden Pesawat Mandala Airlines Penerbangan 660 tujuan Jakarta-Makassar-Ambon terpaksa kembali ke Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng. Pesawat ini sempat mengudara 30 menit namun kemudian diketahui mengalami kerusakan roda.
23. 17 Januari 2007, Insiden Pesawat Batavia Air Boeing 737-400 rute Manado-Balikpapan-Jakarta dengan 147 penumpang dengan empat pramugari gagal melanjutkan perjalanan karena satu roda pesawat rusak.
24. 21 Februari 2007, Insiden Pesawat Boeing 737-300 Adam Air Penerbangan KI 172 dalam penerbangan dari Jakarta – Surabaya tergelincir saat mendarat di Bandara Juanda, Surabaya. Pesawat mengalami kerusakan namun semua penumpangnya selamat.
25. 7 Maret 2007, Kecelakaan Pesawat Garuda Indonesia Penerbangan GA-200 saat melakukan pendaratan, 22 orang tewas. Terdiri dari 21 penumpang dan 1 awak kabin.
26. 12 Maret 2007, Insiden Pesawat Batavia Air Penerbangan 200 dengan tujuan Jakarta batal berangkat dari Bandar Udara Tjilik Riwut di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Seorang penumpang mengaku mendengar ledakan keras yang diduga dari bagian mesin saat pesawat telah melaju sekitar 500 meter di landasan pacu bandara. Pilot mengerem pesawat, lalu pesawat kembali ke apron.
27. 23 Maret 2007, Insiden Pesawat Merpati Nusantara Airlines Boeing 737-300 pecah kaca depannya dalam penerbangan dari Denpasar ke Kupang. Pesawat dengan 96 penumpang mendarat dengan selamat di Kupang, namun penerbangan kembali ke Jakarta harus ditunda.
28. 19 April 2007, Insiden pesawat Trigana Air Fokker 27 melakukan pendaratan darurat di ujung bandara Wamena, Papua, setelah salah satu bannya pecah. Tak ada korban yang jatuh.

29 6 Maret 2008-pesawat charter pengangkut bahan bakar milik Manunggal Air Service terbakar di landas pacu Bandara Wamena, Papua.

30 (10/3/2008) pesawat AdamAir KI 292 tergelincir di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau.

About these ads

Komentar»

1. Seti@wan Dirgant@Ra - Mei 22, 2009

Lengkap yah bro,… izin copy untuk postingan yah.

monggo mas setiawan

2. feeds.bloggerpurworejo.com » JUARA KECELAKAAN PESAWAT - Mei 22, 2009

[...] JUARA KECELAKAAN PESAWAT Filed under: Uncategorized — @ 4:29 am [...]

3. LuXsmaN - Mei 22, 2009

gak salah kalau MASKAPAI PENERBANGAN INDONESIA di embargo di Uni-Eropa

emang harus gitu kale… klu ga gitu ga tambah baik ntar

4. supris - Mei 22, 2009

wah…emang indonesia perlu memperbaiki kinerja di bidang penerbangan neh….kasian penumpang donk….

kaya na udah urgent banget tuh…. HARUS…!!!

5. antokoe - Mei 22, 2009

ternyata disini lebih lengkap. bisa jadi referensi nih

monggo di sedot

6. IzulCyberCafe - Mei 24, 2009

kalo di liat2 emang banyak bgt.
jd tekut jg sih kalo naik pesawat.

tapi kalo emang perlu naik pesawat ya mo gimana lg?? serahkan saja lah semua sama tuhan.

Btw lama bgt gak berkunjung kesini, gimana kabar boz?

terimakasih sudah berkunjung kembali… kabar baik nih
klu takut naik pesawat naik becak aja boz…

7. guskar - Mei 25, 2009

dan indonesia juga juara kecelakaan angkot, bus, kereta api, ojek…. ayo ruwat transportasi negeri ini… nyawa manusia kok tiada berharga lagi… *merenung*

gimana ruwatnya mas???

8. Jhon Pantau - Juni 10, 2009

Mendingan maskapai penerbangan yang tidak mengindahkan aturan keselamatan penumpangnya di tutup saja ijin operasinya, jaman udah canggih masih saja mengoperasikan pesawat yang sudah tua. Maskapai yang masih menggunakan pesawat jaman fir’aun salah satunya sebut saja Lion Air dengan pesawat MD-82 dan MD-90, Sri Wijaya Air dengan Boeing 737-200 yang notabenenya pesawat tersebut lebih pantas masuk museum.

wehhhh john pantau masuk sini…. aku dipantau juga to john??? aq nih org baek2 loh… gledah aja klu ga caya

9. Air France 447 - Juni 12, 2009

PANTESAN ! PESAWAT-PESAWAT INDONESIA PADA DITOLAK DI UNI EROPA !!!! PEMERINTAH JANGAN HANYA BERTINDAK DIBIDANG LAIN DONK, TAPI JUGA BERTINDAK DI DUNIA PENERBANGAN TANAH AIR DONK !!!!!!!!!!

10. nisa - Juni 12, 2009

kya ya kita bangsa indonesia mesti kudu bersatu
bulatin tekad yang kuat
kerja keras kaya bangsa jepang
semua ini akibat dari ga ada ya dana buat infrastruktur
jangankan pesawat
rakyat aja banyak yang masih miskin

menurut gw siapapun presiden kita nanti
itu ga akan berpengaruh klo rakyat nya ga mw berubah

ayo indonesia
kita harus bersatu
bangun indonesia
jangan mw diinjak ma bangsa lain

kerja keras
berdoa

11. Lagi lagi Peswat TNI Jatuh… « EkoJuli - Juni 13, 2009

[...] JUARA KECELAKAAN PESAWAT [...]

12. sukem06 - Juni 13, 2009

mas Eko, salam kenal.
terima kasih atas infonya yang lengkap.

sekedar info, di kecelakaan yang terakhir, ada rekan satu angkatan SMA saya yang jadi korbannya.

sampai kapan hal seperti ini akan terus berlangsung…

sukma
NB: izin me-link ya..

turut berduka cita bro. link moggo…? (eh, maksudnya gimana? tuker link?)

13. feeds.bloggerpurworejo.com » Lagi lagi Pesawat TNI Jatuh… - Juni 13, 2009

[...] Sampe-sampe ada ungkapan… Nggak usah dipake buat Perang… Dilihatin aja Pesawat TNi ntar Jatuh Sendiri…. Joke sederhana yang cukup mengena saya kira… Saya ngga nulis banyak…. Sekedar Update Tulisan saya sebelumnya: JUARA KECELAKAAN PESAWAT [...]

14. untuk indonesia - Juni 13, 2009

Helikopter jatuh..ironis bukan.. dalam akhir2 ini beberapa pesawat dan helikopter milik TNI jatuh.. apakah ini ” SABOTASE” menjelang PEMILU ???? ada apa ini..?? hampir 6 bulan sudah 8 helikopter dan pesawat TNI yang jatuh..dan moment nya tepat dengan pilpres apa ini sebagai salah satu cara untuk mendapatkan dukungan?? yang mengorbankan banayk nyawa .. biar merasa SAYA HEBAT..SAYA KASIH KOMENTAR DAN CARA MENANGULANGINYA MAKA PILIH SAYA..!! apakah seperti itu?? menggoyangkan pemerintahan sekarang .. untungnya.. allah masih memberikan pemimpin yang tepat saat ini.. semoga allah memberikan pemimpin yang tepat untuk indonesia.. bukan pemimpin yang banayk omong dan hanya bisa komentar… dan indonesia di jadikan lahan bisnis..

15. Pesawat Merpati dilaporkan hilang,Ada apa dengan penerbangan kita? « MUSLIM MENJAWAB TANTANGAN - Agustus 2, 2009

[...] sumber : ekojuli.wordpres [...]

16. bocah.milkyway - Agustus 9, 2009

salam knal.

Hwaaaa….
Kapan bncana ini akan brakhir??

bukankah seharusnya yang sudah terjadi dievaluasi agar ga terjadi di kmudian hari??
bukankah sering kita dengar ‘hanya kedelai yang jatuh ke dalam lubang yang sama’ ??
bukankah tempat kita terjatuh ini pernah kita singgahi sbelumnya??
kita kan bukan…

Terimakasih untuk membuka salah satu jendela kita ya!

17. faris - Oktober 22, 2011

kasian ya

18. DR MANDANG MICHAEL - Oktober 3, 2012

ada indikasi korupsi, insiden pendidikan, acciden pesawat, tindak pidana kekerasan bullying(blacklist cause overconfidance) yang disebabkan instruktur terbang nam flyingschool pangkal pinang imam mahendra dan kepala sekolah nam flyingschool pangkal pinang bpk soenaryo melakukan tindakan curang, penipuan, pembohongan publik, serta penyalahgunaan wewenang (penyakit power sindrome yang membahayakan) tolong diusut tuntas pihak berwajib dan stakeholder serta masyarakat pada umumnya agar berjaga-jaga senantiasa demi keselamatan, keamanan, dan kemajuan sumber daya pilot di Indonesia. Terimakasih

Mene’, mene’, teke’l ufarsin.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: