jump to navigation

BELAJAR MENABUNG PADA ANAK (2) Februari 19, 2009

Posted by ekojuli in parenting.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

BELAJAR MENGELOLA KEUANGAN PADA ANAKtbg

Ini adalah kelanjutan dari tulisan saya sebelumnya tentang belajar menabung pada anak.

Bagaimana setelah uang yang ditabung anak sudah banyak? prinsipnya kita sebagai orangtua harus jujur. biarkan anak memutuskan untuk apa uang telah susah payah ditabungnya, saran saja sih…. sebagai orang tua kita harusnya cukup bijak untuk tetap memenuhi kewajiban orangtua dalam hal pembiayaan, misalnya sekolah, membeli buku, seragam dll.

baiklah, kita lanjutkan. sampai tulisan ini dibuat, praktek menambah uang saku Rp. 1000,- jika rifqi -anak saya- tidak jajan, masih berlangsung. sekarang tinggal mengatakan kepadanya tentang bagaimana mempergunakannya.

rifqi (5 tahun) harus tahu, tentang mahal dan murah. bahwa membeli kesenangan itu ada yang mahal dan ada yang murah. rifqi harus tahu, jika sekali naik bombom car di ramayana itu Rp. 6000,- , sekali masuk kolam renang di balikpapan baru itu Rp. 15.000,- (selain hari libur/minggu Rp.10.000). rifqi juga harus tahu bahwa membeli sepeda itu memerlukan uang lebih banyak lagi, membeli layang-layang jauh lebih murah dari pada membeli ps-2.

bagaimana dia bisa tahu? rifqi akan tahu ketika dia harus membelanjakan uang tabungannya sendiri untuk membeli “kesenangan”nya itu. dia harus “bekerja keras” (maksud saya menabung uang jajan) untuk dapat membeli sesuatu.

alhamdulillah, sekarang rifqi sudah agak tahu sedikit tentang management keuangan. semoga dia juga tidak lupa menyisihkan sedikit “gaji”nya untuk orang lain yang tidak seberuntung dia yang masih dapat menabung walaupun cuma Rp. 1000,- sehari.

sukses ya nak…

Komentar»

1. arinvsfayra - Juli 30, 2009

nah…
kalo keponakan saia kena sindrom jajan akut, gimana tuh?

saia 5 besodara,
ponakan ada 4,

kalo minta jajan, semuanya kena bajak
petama orang tuanya,
kake nene-nya
terus bibi2 dan uwa-nya

jadi pas dia ga dikasi sama satu orang,
dia minta ke orang lain,
gitu aja terus sistemnya…
kalo ga dikasi suka ngamuk2
tapi biasanya kita kasi (kalo ada lho….) soalnya suka kasian juga kalo temen2nya jajan dia ngga, terus malah mintain punya temennya,
gitu….

2. luchan - Maret 6, 2010

pak eko trimakasih pencerahan artikelnya. sangat membantu dan mau saya coba terapkan ke anak saya (3th). apalg yg bintang2 dan poin2 pasti seru bgt kalo diterapkan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: