jump to navigation

salesmanship: menjual yang efektif Maret 2, 2009

Posted by ekojuli in management, motivasi dan outbond.
trackback

MENJUAL “HUBUNGAN” bukan MENJUAL PRODUK

sepanjang pengalaman saya hampir 10 tahun berhubungan dengan salesman, saya banyak memperhatikan tentang methoda yang lakukan oleh para salesman.

ada salah satu salesman yang cukup berhasil, menurut saya, menjalankan aktifitas penjualan. baiklah, saya coba share disini;

sejak pertama saya training, dia sangat kurang menangkap tentang produk knowledge, bahkan menyebut beberapa nama alat demo pun, salah-salah. tapi akhirnya saya loloskan dia untuk mengikuti training lapangan, dengan pertimbangan dia mempunyai cara pendekatan pribadi yang menarik. ternyata dugaan saya tidak salah. tidak lama dia pun bisa top sales di team saya. padahal mengenai produk knowledge dia mendapat nilai merah pada waktu training. bahkan sampai dia top sales pun produk knowledge dia tidak bisa mencapai lebih dari nilai 6.

dimana rahasia keberhasilannya?

pernah suatu saat saya sedang jalan untuk ketemu klient, dijalan bertemu dengan “teman” dia dan dia kelihatan ngobrol akrab seperti reuni. saya hanya melihat dari kejauhan. karena sudah terlalu lama ngobrol dan saya tidak ingin membuang waktu efektif bekerja untuk urusan pribadi, maka saya panggil dia untuk melanjutkan perjalanan bertemu klient. setelah tinggal berdua, saya tanya dia, siapa yang tadi diajak ngobrol akrab, sambil bersiap-siap ngomel karena membuang waktu kerja efektif. tapi saya tidak jadi ngomel setelah dia menjelaskan bahwa itu adalah salah satu calon customer yang sudah masuk jadwal dikunjungi hari ini. dan benar saja bahwa itu adalah salah satu calon customer, yang akan kami kunjungi hari itu, yang baru dikenalnya beberpa hari yang lalu.

saya mungkin bisa sombong selama ini karena product knowledge saya jauh lebih bagus dari dia, tapi kali ini saya harus angkat topi karena dia bisa membuat hubungan yang jauh lebih efektif dari saya dalam waktu jauh lebih singkat.

mungkin karena itu dia bisa top sales???

Komentar»

1. maricurhat - Maret 5, 2009

wah… blog bpk menarik yua…

mampir k blog sy y pak…

maricurhat.wordpress.com

2. Wiwit - Mei 17, 2009

nice artikel, ditunggu tulisannya lagi ya Pak Ekojuli

untuk membaca tulisan sejenis silakan mampir sini: motivasi dan outbond
terimakasih sudah berkunjung


Tinggalkan Balasan

