jump to navigation

TELEVISI INDOSIAR TELAH DI BLOCK Maret 24, 2009

Posted by ekojuli in parenting.
trackback

Aksi Keprihatinan Sinetron Indonesia

Dirumah terpasang TV Kabel yang dapat menangkap sekitar 40 channel dalam dan luarnegeri. Dari sekian banyak channel yang tertangkap di TV kami, ada beberapa yang terpaksa saya block.

indosiar1TV Nasional yang saya Block adalah INDOSIAR. Saya hanya ingin melindungi anak-anak dari tayangan tidak bermutu. Sudah entah berapa bulan saya dan keluarga tidak menonton Indosiar, sampai lupa kalau ada stasiun TV Indosiar. Alasannya, saya menilai tayangan sinetron-sinetron indosiar menurut saya tidak mendidik.

Sinetron percintaan remaja, selalu ada intriks iri, dengki, dendam, yang “mengharuskan” pemain mengeluarkan bentakan, kata-kata kasar, bahkan pukulan… apa ya memang harus begitu? Atau sinetron religi yang isinya dendam, iri, dengki? setelah itu diberantas oleh kebaikan?? Tapi liat bagaimana stasiun tv menvisualisasikan iri dengki dendam?

Di stasiun TV lain pun sebenarnya kurang lebih sama, tetapi saya secara spesifik ingin membahas cerita cerita cerita legenda di Indosiar yang merupakan kekayaan budaya nasional telah diubah sedemikian rupa sehingga menyimpang dari kisah aslinya. Dari pakaiannya saja terkesan aneh, potongan rambut, setting backgroundnya yang menurut saya “lucu”, jaman dulu tidak… jaman sekarang nggak cocok.

Saya bukan termasuk orang yang anti terhadap kreatifitas. Hanya tolong bedakan antara kreatif dan idekonyol… Kembali ke Sinetron Indosiar tadi, sebenarnya mau dibawa kemana penonton… sinetron legenda komedi? Atau Legenda Horor? atau Fiksi Animasi? atau apa?? Fiksi ilmiah??? wahhh kayanya jauh banget.

Dari dandanan dan setting latarbelakang sih cocoknya legenda komedi. … Tapi Dari Alur Ceritanya kok “serius sekali” menggarap cerita legenda… atau animasi terlalu berlebihan yang menggambarkan orang yang bisa berubah-ubah wujud sewaktu-waktu menjadi makhluk aneh… seperti cerita animasi kartun…

Coba anda simak adegan perkelahian antara “si baik” dan “si jahat”. Silakan anda hitung berapakali kata-kata kasar dan umpatan dari para pemain dalam satu episode. Apakah memang harus begitu?

Maaf, saya bukannya ingin men-jugde para penonton sinetron Indosiar dengan cap apapun. Saya juga penyuka Legenda. Dari kecil bapak saya selalu bercerita tentang berbagai legenda tanah air. Saya hanya ingin mengkritik cara membuat sinetron… Saya justru ingin “menyelamatkan” legenda indonesia. Contain cerita yang bagus tapi kalau cara menvisualisasikan dan menulis skenarionya ga bagus.. ya begini hasilnya…

Ingat ya (sambil mnegacungkan telunjuk saya..!) Indosiar dan Stasiun TV yang lain, anda sedang memasukkan contain kedalam otak-otak (bahkan alam bawah sadar) generasi penerus indonesia… apakah kita tega generasi penerus kita dicekokin dengan sinetron yang penuh kekerasan, iri, dengki, irrasionalitas???

Atau barangkali disengaja oleh skenario konpirasi yang lebih besar? (baca: konspirasi global?) semoga tidak.

ps:
buat yang masih penasaran coba buka sinopsis di situs resmi-nya indosiar, ada comment2 yang lebih mengerikan disana:

http://www.indosiar.com/sinopsis/76250/muslimah-episode-48

http://www.indosiar.com/sinopsis/74509/mahkota-dewa

http://www.indosiar.com/sinopsis/74788/putri-harimau-siliwangi

masih pensaran lagi? buka kotak aduannya KPI:

http://www.kpi.go.id/index.php?etats=pengaduan&nid=3900

http://www.kpi.go.id/index.php?etats=pengaduan&nid=327

sumonggo…

Komentar»

1. cah purworejo - Maret 24, 2009

Menurut saya para pemirsa televisi di tanah air sekarang semakin cerdas dalam menilai sebuah tontonan apakah bermutu atau tidak, jadi siap-siap aja indosiar kalau tetap bertahan dengan tontonan sinetron seperti itu akan ditinggalkan pemirsanya, coba bandingkan dengan Trans TV dengan acara reality shownya misalnya ‘termehek-mehek’ atau ‘jika aku menjadi’ pasti jauh sekali ratingnya…karena menurut saya acara ini benar-benar bermanfaat bagi pemirsa.

Salam dari keluarga Purworejo

2. ekojuli - Maret 25, 2009

terimakasih, cah purworejo sudah mampir…
buat yang masih penasaran coba buka sinopsis di situs resmi-nya indosiar, ada comment2 yang lebih mengerikan disana:

http://www.indosiar.com/sinopsis/76250/muslimah-episode-48
http://www.indosiar.com/sinopsis/74509/mahkota-dewa
http://www.indosiar.com/sinopsis/74788/putri-harimau-siliwangi

masih pensaran lagi? buka kotak aduannya KPI:
http://www.kpi.go.id/index.php?etats=pengaduan&nid=3900
http://www.kpi.go.id/index.php?etats=pengaduan&nid=327

sumonggo…

3. Calengklik - Maret 25, 2009

saya post di kaskus gan !😀
soalnya baru aja cabut tv kabel nihhh gara gara acara indosiar

ekojuli - Maret 25, 2009

sampe segitunya ya gan??

4. imi surya putera - Maret 25, 2009

Benar ! Saya selaku orang tua bagi anak2 saya, merasa risih jika nonton Indosiar. Sinetron yang saya pikir aneh, makanya saya pun selalu melewati saluran TV ini.
Salam dari tenggara pulau kalimantan, http://www.imisuryaputera.co.cc

ekojuli - Maret 26, 2009

se-777777…gan

5. Emanuel Setio Dewo - Maret 26, 2009

Turut prihatin.

ekojuli - Maret 26, 2009

iyo pak prihatin…!!!

6. Xh20ray still Balckout - Maret 26, 2009

televisi indonesia buruk dan nggak bermutu. apalagi indosiar, beuh.. bener² cari uang tapi gak peduli ama konsumen

ekojuli - Maret 27, 2009

terimakasih dukungannya topi jerami

7. xuxukucing - Maret 28, 2009

bagus!!! saya juga tidak suka Indosiar tapi saya cuman ambil film kartun nya saja!
TPI, RCTI, SCTV juga dah saya blokir
semuanya sinetron sampah!
kalo saya punya duit lebih tentu saya akan berlangganan TV kabel hehehe..

8. Malaikat kecil - Maret 28, 2009

Sama,
Sebulan yg lalu saya juga sembunyikan channel Indosiar, kasihan tetangga saya yg baru umur 5 tahun kalau ke rumah SELALU nonton Indosiar, yg isinya siluman melulu.
Salah satu pengaruhnya gara2 suka nonton indosiar…..anak itu kalau dipakein anting maunya yg panjang, apa katanya : “Biar seperti punya siluman di TV” …oh no…..

ekojuli - Maret 30, 2009

@xuxukucing
wahh wahh ntare diblokir semua cing?
@malaikat kecil
wedew… siluman??

9. feeds.bloggerpurworejo.com » TELEVISI INDOSIAR TELAH DI BLOCK - April 2, 2009

[…] TELEVISI INDOSIAR TELAH DI BLOCK Filed under: Uncategorized — @ 11:22 am […]

10. Joelian - April 7, 2009

wuih… saya pikir cuma saya yg ga suka banget ma Indosiar…

asyikkk punya temen

11. meutia - April 8, 2009

iya paaak…………aku setujju buanget
selain itu, banyak film yang dibuat, egk elit banget.T.O.P buat Pak Echo

makasih tia udah berkunjung

12. Adrian - April 15, 2009

Emang betul….
Ada pepatah yg mengatakan ANDA ADALAH APA YANG ANDA LIHAT DAN ANDA BACA.
Bagaimana negeri ini bisa maju, kalo tayangan yg ditonton setiap hari oleh mayoritas penduduknya adalah seperti yg selalu disiarkan Indosiar.
Apakah masalah rating tdk bisa diimbangi dgn kreativitas utk membuat acara2 yg lebih mendidik tapi tetap memiliki nilai jual? Utk yg satu ini saya salut dgn Trans Corp, dimana acara yg disiarkan banyak memiliki unsur2 edukasi tapi tetap menarik utk ditonton – tdk hanya sekedar tayangan kosong yg tdk berbobot, spt: Laptop si Unyil, Jalan sesama, & masih banyak yg lain lagi.
Saya berharap grup ini dpt menjadi motor bagi broadcast lain utk mulai memikirkan menghibur sekaligus mendidik bangsa ini – bukan hanya sekedar menghibur tapi membuat bodoh bangsa ini.
Apa jadinya kalo tontonan masyarakat banyak adalah sinetron yg mengumbar kata kasar, iri, dengki…. jadi jangan heran kalo bangsa ini adalah bangsa yang mudah disulut emosinya, sedikit2 demo yg diikuti tindakan anarkis!
Cocok seperti yg saya katakan diawal tadi:
ANDA ADALAH APA YANG ANDA LIHAT DAN ANDA BACA

Saya setuju dgn anda!

caiyoooo pak

13. www.bengkel13.com - Mei 1, 2009

uda lama ga nonton indosiar hehehe..

14. diablo - Mei 7, 2009

Sinetron atw pilem nya katrokkkk smuaaaa……….
yg notn jg org yg mngharapkn tontonan praktis…g prlu mikir..
gda pesan moral n nilai edukasi bwt yg nton…….
pkonya ga enk dliat..
mending udahan ja deeehhh jd stasiun Tv gnti jdi stasiun kreta atw stasiun pengisian bahan bakar umum gto……

15. ALMO - Mei 16, 2009

wah bener bgt beh gan….saya benci bgt ma sinetro…apa lagi sinetron religi n misteri yg sering disiarin ma INDOSIAR….pengen muntah liatnya..udah gt filim ini ancur bgt..n tidak realistik..pokokny pembodohan bgt dah….mari sama2 kita boikot….

setujuuuuuuuuuuuuuuuu

16. Fairy - Mei 18, 2009

Mo muntah gue liat tayangan2 indosiar! Menjijikan ! Cocoknya di tonton ma org2 idiot biar makin idiot!
Se7 sma pendapat yg di atas “YOU ARE WHAT YOU WATCH”

wahhhh banyak yang setuju nih…

17. satria - Mei 23, 2009

wah ide bagus nih diblok, sementara ini cuman dicuekin doang

iya, blok aja

18. oklek33 - Mei 25, 2009

Wahhh kalo yg itu gua buang jauh jauh bro dari chanel aku.tidak mengikuti alur sudah cerita dihias sana sini action norak sory kalo lihat senetron legenda yg di tambah tambahin jadi hilang cerita aslinya,itu adalah penipuan anak anak yg baru tumbuh. MASA NENEK MOYANGNYA DULU KAYA ANIMASI .spatutnya kita bloger komplin biar rumah produksi tidak menyulap legenda dan mencampur fiktif untuk pemanis😛

setuju bro…

19. wn - Mei 26, 2009

maaf permisi, saya ikut comment..hehe..kebetulan saya anak purworejo yang kuliah di jurusan komunikasi, jadi sedikit mengerti tentang masalah ini. Saya pernah diberi tahu dosen bahwa tayangan indosiar itu memang sudah demikian parahnya. Itu katanya karena indosiar sudah mulai ditinggalkan penggemarnya sementara mereka harus tetap memproduksi sesuatu yang baru agar bisa tetap eksis. Lalu jadilah sinetro2 siluman, naga terbang, dan sejenisnya. Sinetron2 itu merupakan produksi dengan budget rendah, makanya jadi tidak berkualitas. Bintangnya pun tidak terkenal. Isinya kacau, ceritanya ga menarik, dll.
mari kita SKIP indosiar!!!hehe
Tetapi tayangan seperti termehek-mehek dan sejenisnya (rangkaian lemon tea-sctv, dll)juga tidak baik. Tayangan2 tersebut terlalu mengekspose kekerasan dan ditayangkan di siang hari sehingga anak2 berpotensi melihatnya. Selain itu di tayangan2 tersebut memperlihatkan hubungan lawan jenis yang tidak sepantasnya ( maksud saya seperti di tayangan mak comblang-sctv. Tidak sepantasnya orang yang baru kenal terus langsung gendong-gendongan, ciuman, berenang bareng. Itu sama saja mengajarkan gaya pergaulan yang melenceng)
Memang yang paling aman adalah TV kabel, jadi kita bisa mengatur sendiri dan meng-cut tayangan yang tidak layak untuk ditonton.

thx sist, atas masukannya…
salam kenal… sama2 dr purworejo…. :p

20. shii - Juni 5, 2009

betul gan.. parah banget itu indosiar..
tapi sih saya ga cuma udah ga nonton indosiar.. saya juga udah ga nonton tv sejak 5 bulan terakhir..

wedew…

21. KiMi - Juni 5, 2009

Indosiar memang aneh…. Makin lama makin aneh. Dan yang makin anehnya lagi kok tetep ada yang nonton acara2 di indosiar yaaa??

udah dicuci otak bro

22. buaya darat - Juni 6, 2009

tanda2 mau bangkrut kalee … coba aja liat … pemeran pelem sinetron nya itu2 mulu … cuma ditukar2 aja peran nya … kayanya program indosiar dah jarang di tonton lg tuh .. paling2 cuma kartun di hari minggu … selebih nya ga ada acara yg bagus …

rating nya indosiar tuh bisa naik pas lagi ada acara kaya afi aja … mamamia … trus acara lebay yg sejenis nya ( yg melibatkan artis sama mamanya atau sapalah ) yg pada nyanyi2 ga jelas …

tapi jujur aja ooy … ga ada prospek atau berkesinambungan … beda kaya indonesian idol atau KDI yg lebih terprogram dan continue … yah jujur saya sih bukan orang pelem ( sumpah buta masalah gituan ) tapi ini hanya opini sih dari orang awam seperti saya … buat orang indosiar yg baca … plisss … berbenah lah

23. Naufal.Com - Juli 20, 2009

Kalau TPI? Kan ada juga yang tak mendidik😀

24. Waru Garut - Oktober 10, 2009

Sya setuju kalau indosiar di cabut izin siarnya… soalnya acara’y ngga bermutu banget…. kaya contohnya sinetron Harem semua perempuan pake kerudung tapi smua sifat jelek di keluarin justru orang yg bukan muslim yg d jadikan malaikat d sinetron ini….. setelah ganti judul semua perempuannya buka kerudung kaya permainan agama aza…. udah gitu cerita” sejarah yang mengandung unsur mistis di buat seperti semau ada di zaman sekarang ini masa prabu siliwangi pake jas ga lucu khan????? berarti pembodohan untuk generasi muda…. terus acara yang di pandu eko, n ruben mulai dari jam 5 sore selesai jam 11 malem … acara apaan tuh… ga sholat maghrib tuh,,,,,

makasih udah mau tampung tanggapan saya… saya harap hak siar indosiar di cabut jikalau semua masih seperti ini….

satu lagi nih yang usul
ayo indosiar berbenahhhhhhhh

25. Bedulz - Oktober 24, 2009

hanya karena rating yang bagus, ga peduli itu acara mendidik atau merusak pasti akan terus berjalan. ada beberapa komentar kalo kita ga perlu khawatir karena penonton di Indonesia sudah cerdas untuk memilih tayangan televisi. tapi sekali lagi ini cuma pandangan saya, anggapan penonton yang semakin cerdas itu hanya berlaku di kota2 besar saja. bagaimana dengan penonton di daerah2 pelosok? buat mereka itu adalah acara hiburan yg paling pas kalo di bandingkan dengan berita2, talk show atau apapun yg mereka pikir terlalu berat untuk di cerna. dalam hal ini KPI harus lebih tegas sehingga diharapkan kedepan nya acara2 yang merusak bisa dikurangi

26. Exzans Bin Epool - Oktober 26, 2009

Mas Bedulz saya sangat Setuju…!!! Saya ini termasuk orang desa dari pelosok, dan saya juga tahu betul lingkungan saya. Memang kebanyakan tetangga2 saya ini sudah punya televisi semua, mayoritas ibu-ibu dan anak-anak menonton acara sinetron. Jarang mereka yang mau melihat berita. Jawaban mereka sewaktu saya tanya “kok nontonnya sinetron terus to Lek.?” jawabnya;” Saya kasihan sama itu Si…. ( Lakon ).” Aaakkhh…?!! memang wong nDeso.? Di Apusi kethek ( di bohongi monyet ) aja mau. Inilah yang menjadikan penonton cerdas itu cuma sedikit. Bahkan di Kota mungkin juga masih banyak yang seneng ama sinetron..??

27. Calon Penerus Bangsa - Maret 26, 2010

BENERR BGT..!!! suruh ttup aj dh.. bkin usaha lain,,, daripada kyag gini, duit byak otak gak pny… media – media kyag gini, yg bkin imajinasi anak muda bangsa kita ancur kmana2…
lyat aj..! kalau acra kyag gini msh dibiarin, film2 indonesia d masa dpan bakal lbih ancur..!!!! lyat aj iklan, dh byak yg dmasukin unsur2 shahwat.. i2 kan gara2 mreka dh kacau imajinasinya…

INGAT !!! KALAU KEBURUKAN LEBIH BANYAK DARI KEBAIKAN, BAHAYA..!!! TAPI, LEBIH BAHAYA KALAU KEBURUKAN DAH DICAMPURIN MA KEBAIKAN…!!! GAK ADA JAMINAN BISA SELAMAT..!!!

28. Mbrontox - April 13, 2010

NONTON INDOSIAR SANGAT MENJIJIKAN ACARANYA…..GAK MUTU….SEMUA ACARA INDOSIAR GAK MENDIDIK…..ANCURRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR,,,,,,,,,

29. vicks - April 21, 2010

Kalo saat ini bagi saya televisi terbaik adalah milik TRANS 7, acaranya banyak yang berkualitas, mulai dari acara untuk anak seperti SI BOLANG, LAPTOP SI UNYIL, JALAN SESAMA. Ada petualangan seperti MANCING MANIA, JEJAK PETUALANG dll. Juga banyak acara komedi seperti OVJ,PAS MANTAB, BUKAN 4 MATA, dll. Tapi sayang gak ada Siaran Langsung sepak bolanya…

30. Jamur Tiram - April 22, 2010

Setujo Broo, Tutup aja tu stasiun tv gak bermutu.. tapi yang aku heran, Bapak-bapak yang di KPI sana kok nggak bertindak apa2 ya? Bukankah usaha pembodohan seperti ini bisa dikategorikan sebagai kejahatan juga?…

31. indosiar - Desember 31, 2010

rrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrgh

32. thole - September 30, 2012

iya tuh…..g mendidik acaranya indosiar…….udah g mendidik, g bermutu bgt acaranya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: