jump to navigation

TK [jaman sekarang] JUGA DIAJARI KOMPUTER April 14, 2009

Posted by ekojuli in parenting, PRIVATE.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Taman Kanak-kanak sekarang sarat dengan pendidikan. Rifqi (5 tahun) belajar di TK Sentra Cendekia Muslim (SCM) Balikpapan, ternyata disana tidak cuma diajari nyanyi, menggambar, mewarnai, senam… tapi juga diajari Lomba-lomba olahraga, Manasik Haji, bahkan Komputer…

Saya sendiri tidak terlalu ingat waktu saya TK dulu, diajari apa saja. Yang saya inget cuma nyanyi, menggambar, main bola. Klu manasik mmm… kayanya ga ada deh… Yang pasti Komputer saya baru belajar waktu SMA dulu.

a. MANASIK HAJI.
Dilaksanakan di asrama Haji sepinggan. Wahhh seru juga, kebetulan saya yang mengantarkan ke asarama haji (mamanya masuk kerja sift malam). Jadi saya bisa liat betapa serunya mereka (ada sekitar 100 anak TK) belajar manasik haji.
Bagus juga

manasik

manasik

resize-of-rotation-of-06010608203300

(mo upload foto kok gagh bisa… tanya kenapa???)

b. Pertandingan Olah raga
Dilaksanakan di TK Pembina 1 Ring road Balikpapan. Dari kemarin Rifqi sudah cerita dia terpilih sekolahnya untuk main bola keranjang (basketnya anak TK) melawan TK lain. Ayooo nak berjuang… Walau pun kalah tidak masalah, yang penting berjuang dulu untuk menang..
Yang penting anak bisa berbaur dengan teman-teman dari TK lain, jugta belajar utuk berkompetisi yang sehat dari kecil.

update: ternyata rifqi kalah euy…. dengan score 58 : 86. Yaw dah nak gpp yang penting udah berusaha

06011915550300

c. Belajar Komputer

Dilaksanakan Hari Minggu (12/04/2009) di Laboratorium Komputer SMPN 14 Balikpapan. Mmmm Rifqi keliahatan menikmatinya. Meskipun saya sering ngomel-ngomel karena dia kelamaan dan kesringan main game di laptop, sisi baiknya dia cukup familier dengan mouse dan huruf di keyboard.

rotation-of-06011718035600

Apakah sudah saatnya?
Buat saya sih seru aja anak TK sudah diajari itu semua. Yang penting anaknya happy, fun, enjoy. Tetap yang utama adalah bermain (sambil belajar). Biarlah mereka menikmati masa kecilnya.
Saya sendiri kurang setuju kalau anak harus les ini les itu, apalagi kalau kelihatan anak malas-malasan melakukannya. Paling tidak kalau memang itu penting buatnya itu menyenangkan bagi si anak. Misalnya, kita ingin anak, mengenal komputer, ternyata si anak malas2an karena yang diajarkan mengenal tulisan dengan msword misalnya. Coba lah perkenalkan anak dengan program membaca menulis/membaca yang ada gambar2nya… kayanya banyak deh dipasaran program begitu.
Trz ada yang bilang komputer bagi anak-anak tidak cocok. Bagi saya komputer adalah sarana/alat. Mengenal komputer dari kecil akan sangat membantu banyak hal dikemudian hari.Memang perlu diawasi penggunaannya. Jangan sampai berpengaruih negatif (terutama bagi mental anak).

Peran Orang Tua
Sebagai orang tua ada baiknya kita terus mengikuti perkembangan teknologi, terutama program-program komputer, apalagi internet. Dulu jaman saya kecil, cuma ada permaianan video game, sekarang udah ada PS dan bermacam game komputer sampai online game. Dulu saya SMA cuma pakai buku Diary untuk nulis uneg2, friendster, YM, FB, WordPress, Blog. Dulu Kliping koran, sekarang searching mbah google, weleh… klu ga ngikuti bisa terseok-seok nanti mengawal si anak bertumbuh dan berkembang.
Belajar terus… belajar terus… jangan abaikan moral dan etika. Jadi anak berguna nak ya….

Komentar»

1. BanditKesiangan - April 14, 2009

Hahahha… Aku Baru nyadar lho Anak2 jaman sekarang lbih berpengetahuan dari pada waktu aku SMA.. Moga aja ini gak ngasih dampak negatif buat anak2 sekarang…

2. feeds.bloggerpurworejo.com » TK [jaman sekarang] JUGA DIAJARI KOMPUTER - April 14, 2009

[…] TK [jaman sekarang] JUGA DIAJARI KOMPUTER Filed under: Uncategorized — @ 2:23 am […]

3. Sadat ar Rayyan - April 15, 2009

TK dimana tuh pak. keknya kalo di purworejo…mana ya??🙂
kira2 kalo anak0anak YK/SD ngenet tuh brosing2 apa ya?

salam kenal kembali pak.
wong purworejo😀

4. Abdul - April 15, 2009

anak2 sekarang pancen lebih nyanthian kok, lebih bisa mengekpresikan diri (tepatnya mengekplorasi diri), karena kemajuan teknologi memberikan fasilitas dan kesempatan lebih dibanding anak2 jaman 80 an .. hehe..
salam kenal mas eko… kapan2 nek aku ke kaltim tak mampir… suwun

5. marsudiyanto - April 15, 2009

Saya malah nggak lewat TK…
(Langsung SD)

ekojuli - April 16, 2009

@ sadat ar rayyan
TK di Balikpapan mas Sadat…. Ya itu… ntar SD sudah bikin wordpress mas…

@ Mas Abdul
Iyo mas… weh jaman ndhisik TK ngertine dolanan mobil2an nggo sendal jepit

@ Mas Marsudiyanto
Untung nggak langsung SMA mas….
bencanda mas..

6. Mas Budi - Agustus 2, 2009

program apa saja yang diperlukan untuk siwa-siswi TK

7. Mas Budi - Agustus 2, 2009

Maksud saya program (software) komputer yg dapat membantu / minat untuk belajar komputer

8. ekosulistio - Agustus 12, 2009

makasih infonya,…. sangat membantu,.. tak tunggu kunjungan baliknya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: