jump to navigation

SAMSAT VS PDAM BALIKPAPAN Juni 26, 2009

Posted by ekojuli in PRIVATE, SEPUTAR BALIKPAPAN, YANG TERCECER.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Transparansi VS Intransparansi

Salut untuk SAMSAT Balikpapan

Kira-kira seminggu yang saya baru ngurus perpanjangan STNK 1 tahun. Sebetulnya ngga asing saya keluar masuk samsat balikpapan, karena beberapa urusan SNTK mobil kantor selalu saya urus sendiri. Baiklah, lanjut… begitu masuk, didepan terpasang tulisan besar tentang waktu yang diperlukan untuk pengurusan surat-surat kendaraan.

* Perpanjangan STNK 1 tahun : 30 Menit

* Perpangan STNK 5 tahun : 1 x 24 jam

dst….

Sebetulnya di instansi lainpun kadang ada juga tulisan macam begitu. Masalahnya kadang pelaksanaanya tidak seperti yang tertulis. Dan masyarakat maklum (atau dipaksa maklum). Padahal sadar atau tidak sadar meraka digaji oleh pajak yang dibayarakan masyarakat.

Masuk dipintu samsat tidak ada calo yang menawarkan jasa pengurusan. Masuk ke ruang ber-AC, langsung berhadapan dengan petugas bagian pembagian formulir pengurusan. tentu saja sebelumnya telah saya siapkan syarat-2nya. KTP dan fotocopynya, BPKB dan fotocopy-nya, STNK dan fc-nya. Dah…

Setelah isi berkas, langsung masuk ke petugas pemrosesan. tepat jam 10.05 Wita. Mendapat nomor antrian, langsung duduk manis menunggu di kursi yang disediakan. Di sana juga disediakan dispenser air minum… lumayan nyaman…

Di Lobby juga ada seorang perwira jaga (klu di perusahaan mungkin duty manager kali yaaa) yang siap membantu jika ada pengguna jasa yang kesulitan. Di meja penerima berkas tertulis, TIDAK DIPUNGUT BIAYA. Mhhh NICE..

jam 10.15 nomor antrian diapanggil untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Dibayar tepat seperti yang tercetak dikuitansi pembayaran… Mhhh so far so good. no complaint…

jam 10.30, dipanggil lagi untuk mendapatkan STNK yang sudah diperpanjang 1 tahun.. Mhhh lebih cepat 5 menit dari yang mereka tetapkan.. 30 menit…

Salut untuk SAMSAT Balikpapan…

PELAYANAN PDAM TIDAK MEMUASKAN

Lain SAMSAT, lain juga PDAM Balikpapan. Rumah kami memang belum ada sambungan PDAM. Sempat “ngurus” ke PDAM, dan masuk daftar tunggu untuk pemasangan. Berapa lama? Entahlah… Jawab PDAM. Bisa 3 bulan… bisa empat bulan…

Di lingkungan saya (katanya) memang belum pipa induk untuk dipasang sambungan. Warga  sudah mendaftar untuk dipasang pipa induk. Katanya juga masuk daftar antrian. Entah kapan hendak dipasang.

Trz… klu mau cepat yang bayar 12 juta untuk sambungan pipa induk. Berapa biaya sebenarnya? Ya nggak tahu… Hanya PDAM dan Tuhannya saja kali yang tau… Tapi baiklah… kita ikuti permainannya… Warga beramai-ramai mengumpulkan dana untuk pasang pipa induk…

akhirnya… terpasang.. Sudah selesai? belummmm!!!

Kita masing menunggu antrian untuk memasang sambungan dari pipa induk ke rumah masing2. Konon… harus membayar 1,4 juta per rumah… OK!! (Sampai sekarang tidak  pernah tau juga berapa sebenarnya biaya bersambungan…) Baiklah, kami siapkan dana 1,4 juta untuk memasang. Kapan?? Lagi-lagi entah kapan… Bisa 3 bulan bisa empat bulan… (Gimana sih ini???)

Kabar terakhir… kalau beberapa warga mau mengumpulkan lagi masing-masing 300 ribu lagi tambahan dari yang 1,4 juta tadi.. maka seminggu juga udah ngalir… Lho???

PDAM, menurut saya kurang transparan… katanya nunggu antrian…( tapi di Kantor saya ngurus… hari ini bayar 3 juta besoknya langsung ngalir….!!!! Resmi PDAM…)

Bagaimana Pak Saufan (direktur PDAM  Balikpapan) ??? Bisa Berani lebih transparan PDAM???? Masa mau begitu terus… Udah ketinggalan jaman tuhhh… Bisa seperti SAMSAT??? (Lho gw udah ky bos aja merintah direktur??? eitttttttt ingat… Saya rakyat lohh…. darimana gaji kalian?? Pajak kami!!! berarti ber hak dong saya minta pelayanan lebih baik??)

Komentar»

1. Samy - Oktober 3, 2009

PDAM2…. pokokx ga usah ditanya klo yg namax PDAM ga bakalan memuaskan deh jawabanx
Lha wong yang sdh kolektif lebih dari 30 KK saja juga tidak bisa direalisai, padahal setiap sore klo kami lagi joging di gn rambutan pasti tangki penampunganx itu meluber mubasir. …. weleh-weleh

2. onix - Desember 28, 2010

PDAM,ktax ada pemasangan gratis setiap rumah diberi stiker dr pdam,ktx jg buat warga miskin kok yg dipasang stiker orang2kaya,rumah mentereng mobil 2 nangkring didepan!!!,gmana ini pdam apa bennner ada pemasangan gratis didaerah batu ampar permai belakang smp negri 11 balikpapan. tolong pihak pdam dikontrol dong!! masa tuh orang2 kaya pada dikasih stiker,!!

3. dedie - April 18, 2011

ciri khas PDAM itu Airnya mengalir deras kalau lewat tengah malam, dan hal yang seperti itu setiap hari kita pelanggannya jadi seperti orang yang ronda malam atw seperti… sstt airnya ngalir tapi malam.. tungguin tuh malam2 ( mode mengendap-endap) ha…ha…ha… semoga tambah maju untuk PDAM

4. dewi - September 22, 2011

PDAM balikpapan pelayanan kurang memuaskan, saya yang mulai daftar 2008 sampe skrg belum terpasang padahal rumah saya daerah Gn . Sari Bank Buana, hm… ada calo katanya 3.5 juta, ada juga 4 juta ada juga 4.5 juta itupun sebulan baru bisa terpasang ya saya masih ragu…wong kita bayar kok napa sih musti ribet gini pasang PDAM daripada ada yang ga resmi, nyolong dari pipa ckck…yang mw jujur di persulit, yang nyolong enak enak…pls PDAM balikpapan di perbaiki pelayanannya demi kemajuan masyarakat Balikpapan ….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: