jump to navigation

MENGAPA PLAT KALIMANTAN SELATAN “DA” BUKAN “KS” ?? Maret 27, 2009

Posted by ekojuli in PRIVATE.
trackback

Anda yang tinggal di Kalimantan pasti sudah hafal mati plat-plat Nomor Kendaraan Bermotor Kalimantan. Baiklah, anda yang belum tahu… ini Plat Nomornya:

Kalimantan Timur : KT

Kalimantan Barat : KB

Kalimantan Tengah : KH

Kalimantan Selatan : KS DA

Coba anda simak… Yang terakhir itu uniknya….

plat-da

Pertanyaannya, mengapa Plat Kendaraan Bermotor Kalimantan Selatan kok DA bukan KS ??? (Angguk-angguk sambil pegang Jenggot…)

Ada yang tau kenapa?

Asal jangan plat seperti ini:

apalagi seperti ini…

abwc0

Komentar»

1. rian - Maret 27, 2009

kenapa yach…

huehauehau.. tu nopol nya bagus bener yack.. AB 15 ML

ekojuli - Maret 27, 2009

justru itu kenapa

2. feeds.bloggerpurworejo.com » MENGAPA PLAT KALIMANTAN SELATAN “DA” BUKAN “KS” ?? - April 2, 2009

[…] MENGAPA PLAT KALIMANTAN SELATAN “DA” BUKAN “KS” ?? Filed under: Uncategorized — @ 11:22 am […]

3. LoLiepOp - April 28, 2009

coz dy mwu iank beda dri 3 sodara se pulau na dund..

taw dri sini qta isa lyat law kalsel tugh ank bungsu coz dy dlaenkan tugh dari 3 sodara..

hemm..

bner gag yagh???????

hwekekekekeke

4. Ichsan - Juni 29, 2010

klo gak salah, knp kasela plat DA…
DA artinya DAYAK
KT artinya KUTAI
KH artinya KAHARINGAN
nah klo KB gak tw saya…

5. restu - Desember 22, 2010

Krna waktu dipanggil kapolri pada saat pembagian plat, kasela salah kirim utusan… Jd pada saat di tanya kapolri….
Kapolri : Dari provinsi mana pak…?
Utusan kasela : Dalimantan Alatan…
Kapolri : Ya udah klo gitu plat kamu DA…
Ternyata yg di utus orangnya sumbing…. Gkgkgkgkgkgk….

6. Wahyu - Juni 29, 2011

DA = Kalimantan Selatan, dipakai di seluruh Kalimantan sebelum pembagian provinsi

7. Gaptek - Juli 22, 2011

Wah,,, dulu pernah dengar di ceramah, kenapa kalsel pake inisial DA bukan KS atau KL ?

itu karena Masyarakat di Kalsel perlu waspada dan instropeksi diri,

kepanjangan dari DA itu = “”Daerah AWAS””

waspada,,,

kadanyambung.com

8. Amuy NazirSabron AL-Murady - Oktober 13, 2011

arti DA tu kan Dunia Akhirat hahaha mknya kotanya byk santri2 yg nuntut ilmu dunia utk akhirat hahaha

9. makrus - September 25, 2012

wow

10. irwan - Februari 3, 2013

karena sebelumnya DA digunakan untuk wilayah kalimantan sebelum dibagi untuk beberapa provinsi…

11. Purliani Thea - Agustus 29, 2013

DA digunakan sebelum pembagian provinsi di kalimantan,DA itu setahu saya Singkatan dari Dayak Asli,bukan lah singkatan yang negatif atau pun mengejek,namun coba kita baca riwayat sejarah kalimantan hingga akhirnya menjadi beberapa suku…mohon maaf kalau kita tidak sependapat,namun tidak ada salahnya kita mencari informasi kepada para sejarawan dan guru besar…untuk lebih mengetahui asal asul DA.

12. Maskur - Juni 29, 2014

aneh
kayak Sulawesi aja

13. ahmad kolis - Agustus 29, 2014

karena DA itu kepnjangn dari dayak asli

14. toro - September 2, 2014

Guru sejarah saya dulu pernah bahas ini, dan yg saya ingat hanya beberapa,

jakarta “B” = Batavia
Bandung “D” = Dago,
Surabaya “L” = Ludruk
Solo “AD” = Asal Djamu
Jogja “AB” = Asal Budaya
Semarang “H” = dari kata kota “Hatlas”

yg lain saya lupa, yg jelas plat dulu tidak sebanyak sekarang dipecahnya, dulu berdasar karisidenan pada jaman Belanda, danhurup di plat berdasarkan karakter yg melekat karisidenan kota tersebut.

itu aja yg saya ingat…hehehehe

15. Khazanah Merah Putih - November 29, 2014

KB = KALIMANTAN BARAT , KT : KALIMANTAN TIMUR , KH = KALIMANTAN TENGAH (H) MENGAPA KALSEL DA, JAWABANNYA MUDAH SEKALI SAYA ORANG KALSEL DA ITU artinya DAYAK ASLI, !!!!

16. fey - April 11, 2015

Karena ibukota provinsi kalsel dulu jaman penjajahan belanda terpusat di banjarmasin, dengan terdapat pelabuhan besar di tri sakti, dan nama banjarmasin dulu sewaktu jaman penjajahan adalah BanDArmasih yang masih mempunyai arti mengenai air, sungai, dan pelabuhan jadi yang di ambil adalah DA nya, sesuai penamaan dari jaman penjajahan belanda, coba kalau jalan2 ke pelabuhan trisakti, lihat tuh nama pelabuhan nya, tertulis besar Bandarmasih.

17. hell - Mei 16, 2015

KH= kawasan hutan.
DA= daerah air
KT= kawasan tambang

18. yuli - September 7, 2015

A = Banten B = DKI C= Consulat D= jawa Barat F = Bogor. Mengapa Kalsel = DA, karena Pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan sebelum kemerdekaan ada di Banjarmasin. Sementara Soekarno ingin agar ibukota negara di Kalimantan, tepatnya Kalimantan Tengah. Untuk mengantisipasi itu, maka diberikanlah tanda plat “kehormatan” pada provinsi Kalimantan yaitu DA. Setelah Kemerdekaan Provinsi Kalimantan dibagi empat. Kalbar (KB) mayoritsas dihuni Melayu, Kalsel mayoritas dihuni Suku Dayak Muslim, Kalteng (KH) Dayak Non Muslim dan Kaltim (KT) suku Kutai. Setelah terpecah tanda plat DA tetap dipertahankan untuk Kalsel.

19. tri - November 4, 2015

Bukannya kalsel punya suku tersendiri ya..beda ama daerah kalimantan yang lain…Noh, suku banjar..kerajaan banjar..cuma analisa..hahaha

20. ronggo - November 5, 2015

plat nomor di pakai sejak 1800, masih berdasarkan 5 daerah d p jawa sumatra, ketika RIS hingga kemerdekaan berkembang dari DA, DD, DE Maluku, DK, dll ketika Orba ditambah hingga DS irian jaya, DF untuk timor timur tdk digunakan lagi, pengembangan KB KT KH, sama dengan W dan Z thn 90 an, jadi belanda ga mikir singkatan b =batavia , urutan saja dari A = banten, p jawa 1 huruf awalnya

21. Muhammad Rayhan - November 19, 2015

amun manurut ulun pang lah, DA = Daha .
Soalnya Kalimantan selatan dlu tuh msuk daerah kerajaan Daha.

(mungkin)

22. Yusup - Mei 25, 2016

Ulun setuju lawan Muhammad Rayhan berasal dari kata DAHA


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: