jump to navigation

[KESEHATAN] Gagal Ginjal, Kenali Tanda-Tandanya April 16, 2009

Posted by ekojuli in PRIVATE.
Tags: , ,
trackback

Membaca Artikel Tentang gagal Ginjal jadi Inget sahabat saya yang kena Gagal Ginjal. Coba Simak Perjuangan Hidupnya disini.
Baca Juga Kesembuhan Sahabat Saya yang telah di vonis Umurnya tinggal 1 bulan lagi  disini.

Jadi saya coba share tentang artikel ini:

ginjal1

ginjal

Seorang penderita gagal ginjal akut, akan membutuhkan biaya yang sangat mahal untuk menopang hidupnya. Sepanjang hidup penderita harus menjalankan cuci darah rutin yang ongkosnya tak murah. Banyak penderita gagal ginjal akhirnya menyerah pada maut, karena tak sanggup menyediakan dana pengobatan.

Karenanya peningkatan kesadaran dan deteksi dini akan mencegah komplikasi penyakit ini menjadi kronis.

Menurut ahli ginjal, penyakit ginjal disebut kronik jika kerusakannya sudah terjadi selama lebih dari tiga bulan dan lewat pemeriksaan terbukti adanya kelainan struktur atau fungsi ginjal.

Pada penyakit ginjal kronik terjadi penurunan fungsi ginjal secara perlahan sehingga terjadi gagal ginjal yang merupakan stadium terberat penyakit ginjal kronik. Jika sudah sampai stadium ini, pasien memerlukan terapi pengganti ginjal berupa cuci darah (hemodialisis) atau cangkok ginjal yang biayanya mahal.

Dengan berat yang hanya 150 gram atau sekitar separuh genggaman tangan kita, ginjal memiliki fungsi sangat strategis dalam mempengaruhi kinerja semua bagian tubuh. Selain mengatur keseimbangan cairan tubuh, eletrolit, dan asam basa, ginjal juga akan membuang sisa metabolisme yang akan meracuni tubuh, mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan tulang.

Tanda-Tanda Penyakit Ginjal

Penyakit ini kerpa tanpa keluhan sama sekali, bahkan tak sedikit penderita mengalami penurunan fungsi ginjal hingga 90 persen tanpa didahului keluhan. Oleh karena itu, pasien sebaiknya waspada jika mengalami gejala-gejala seperti, tekanan darah tinggi, perubahan jumlah kencing, ada darah dalam air kencing, bengkak pada kaki dan pergelangan kaki, rasa lemah serta sulit tidur, sakit kepala, sesak, dan merasa mual dan muntah.

Penyakit ginjal memang bukan penyakit menular, setiap orang dapat terkena penyakit ginjal, namun mereka yang memiliki faktor risiko tinggi seperti mereka yang memiliki riwayat darah tinggi di keluarga, diabetes, penyakit jantung, serta ada anggota keluarga yang dinyatakan dokter sakit ginjal sebaiknya melakukan pemeriksaan dini.

Ada beberapa jenis pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mengetahui kesehatan ginjal, salah satunya yang paling umum adalah pemeriksaan urin. Jika ada kandungan protein atau darah dalam air kencing tersebut, maka menunjukkan kelainan dari ginjal.

Atau bisa juga melakukan pemeriksaan darah guna mengukur kadar kreatinin dan urea dalam darah. Jika kadar kedua zat itu meningkat, menunjukan gejala kelainan ginjal. Sementara pemeriksaan tahap lanjut untuk mengenali kelainan ginjal berupa pemeriksaan radiologis dan biopsi ginjal. Biasanya pemeriksaan ini atas indikasi tertentu dan sesuai saran dokter.

Gaya hidup sehat

Gangguan ginjal bisa dicegah dengan berbagai cara, terutama dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berhenti merokok, memperhatikan kadar kolesterol, kendalikan berat badan, menghindari kekurangan cairan dengan cukup minum air putih tidak lebih dari 2 liter setiap hari. “Minum air secara berlebihan justru akan merusak ginjal,” kata Dr.David Manuputty, SpBU dari RSCM Jakarta.

Selain gaya hidup sehat, lakukan pemeriksaan kesehatan tahunan pada dokter, mintalah pula agar urin Anda diperiksa untuk melihat adanya darah atau protein dalam urin. Yang tak kalah penting, berhati-hatilah dalam menggunakan obat anti nyeri khususnya jenis obat anti inflamasi non steroid. (sumber: http://www.dechacare.com)

diposkan kembali dari : .: kabari :.

About these ads

Komentar»

1. feeds.bloggerpurworejo.com » [KESEHATAN] Gagal Ginjal, Kenali Tanda-Tandanya - April 17, 2009

[...] [KESEHATAN] Gagal Ginjal, Kenali Tanda-Tandanya Filed under: Uncategorized — @ 8:17 am [...]

2. SAHABAT SAYA SEMBUH DARI GAGAL GINJAL TANPA CUCI DARAH « EkoJuli - Mei 5, 2009

[...] saya pernah posting beberapa minggu lalu yang juga dedicated buat sahabat saya ini. Coba buka tentang seputar penyakit ginjal. [...]

3. Matt - September 7, 2009

Makasih mas informasinya..
Free Donwload Expert Advisor

4. yulius - September 18, 2009

sangat berguna informasi ini.. thanks

5. awan konimbulunomus - November 14, 2009

saya slalu juga sakit kat kanan pinggang..bila jalan..kekadang sakit jugak rasanya…apa perlu saya buat??

6. Koeshrawati - November 14, 2009

thanks bangat informasinya berguna buat saya yg baru sahaja bikin operasi ginjal..sukur alhamdullilah ada org yg sudi mendermakan ginjalnya buat saya…semoga Allah memberkati insan tersebut.. AMIN…..

7. rahmah - Desember 14, 2009

Ass.Wr.Wb.
Dear Neters,
Hanya ingin berbagi info saja. Bila anda menderita masalah kesehatan yang tidak tahu obatnya (kanker, ginjal, jantung, diabetes, kista, tumor, katarak, dll), ingatlah Propolis. Telah disebutkan dalam Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69
”……..Keluarlah dari perut lebah syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya penyembuhan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.”
Informasi mengenai propolis kunjungi PROPOLIS | Obat Propolis
Semoga bermanfaat. InsyaAllah.
Wslm.Wr.Wb.
Rahmah

8. arifianti - Januari 13, 2010

dear dr
maaf mau nanya saya pengajar ipa u smp.kalo urin tersumbatbatu ginjal,tumor dan pembesaran prostat dapat menyebabakan apa?tolong jelaskan thx

9. evie - Februari 13, 2010

kalo pinggang sebelah kanan yang belakang sakit, itu tanda” sakit ginjal bukan? kalo minumnya kurang dari 2 ltr dalam sehari gimana? terima kasih.

10. ratih - Maret 9, 2010

ada g tanda tanda kelainan ginjal yang

11. pangeran manroe - Maret 9, 2010

apa yg terjadi bila kita mndonorkan slh 1 ginjal kita pd orng lain…
apa saja yg hrs di lakukan stlh mndonorkan ginjal..
resiko ap saja yg terjadi bila kita mndonorkn ginjal kita..
kemungkinan apa saja yg terjadi saat kita operasi untuk mndonorkan ginjal..
thank ats jawabnnya..GBU

sepanjang yang saya tahu (cmiiw)
dua buah ginjal yang diberikan-Nya kepada manusia adalah “barang mewah”
kenapa?
karena dalam kondisi normal manusia menggunakan maksimal hanya 25 % kemampuan satu ginjal kita
artinya: jika manusia hanya mempunyai satu buah ginjal pun dia masih mempunyai “cadangan kemampuan” sebesar 75 %
apalah lagi 2 buah ginjal

12. aditya - April 2, 2010

thank infona,…

13. cecil dwi kirana - April 10, 2010

saya mau nanya jka pinggang sebelah kiri sakit apa tu termasuk terkena ginjal? dari penjelasan di atas gejala2 ginjal….
saya juga sering pusing,mual,sesak nafas,& sulit tidur,,,,,
apa tu tanda penyakit gijal?
saya akui saya jarang mnum air putih dan kurang istirahat di tambah pekerjaan saya hanya duduk2 di depan komputer seharian…..
bagaimana cara mengatasinya? dan apakah betul tu adalah tanda penyakit ginjal? terimakasih

ad yg bisa bantu?

14. cecil dwi kirana - April 10, 2010

saya mau nanya jka pinggang sebelah kiri sakit apa tu termasuk terkena ginjal? dari penjelasan di atas gejala2 ginjal….
saya juga sering pusing,mual,sesak nafas,& sulit tidur,,,,,
apa tu tanda penyakit gijal?
saya akui saya jarang mnum air putih dan kurang istirahat di tambah pekerjaan saya hanya duduk2 di depan komputer seharian…..
bagaimana cara mengatasinya? dan apakah betul tu adalah tanda penyakit ginjal? terimakasih

15. sri muniaty - April 10, 2010

ibu saya sakit ginjal,sekarng dia tidak bisa makan dan terasa sakit kalo ada makanan masuk diperutnya dan paling parah dia biasa sakit perut secara tiba-tiba..ginjal nya berada dibagian kanan dan kiri perutnya.bagaimana cara mengatasinya dan apa yang baik untuk dikomsumsi agar menghindari cuci darah atau mengganti ginjal

16. rohendi - April 17, 2010

klo rasa sakit dbwah perut diatas kemaluan,pgal2 gtu termasuk pnyakit ginjal bukan?

17. Huwaida - April 20, 2010

Saya mo tanya donk… kalo tanda2… seperti kepala saya suka sakit/pusing,, perut sebelah kanan/pinggang suka tiba2 sakit,, gatal2,, susah tidur, kdang suka sesak nafas,, apakah tanda2 tersebut ada hubungan’nya,, atau terkena pnyakit ginjal ??
makasih

18. ade pamungkas - April 21, 2010

ginjal kiri saya sering nyeri yang berlebihan, apa itu jg tanda2 dari sakit ginjal?

19. agung - April 29, 2010

yang membutuhkan donor ginjal dengan imbalan sepadan saya bersedia memberikan satu ginjal saya.. pri 40 thn gol darah A dijamin sehat tidak ada kontamninan rokok, minuman keras dan narkotika …. hub 081904101224

20. rahmah - Mei 26, 2010

Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit termasuk mengobati masalah ginjal, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 68 & 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
semoga bermanfaat
Rahmah

21. sakinata - November 9, 2010

saya suka sakit pada bagian perut saat say lari.

22. ODOY - November 20, 2010

MAU SHARE NICH,,,,BEBERAPA KASUS YANG PERNAH SAYA DENGAR DARI TEMAN2 SAYA GAGAL GINJAL BISA SEMBUH DENGAN OBAT HERBAL ALAMI,AT,TUMBUHAN OBAT YANG ADA DISEKITAR KITA, SEPERTI BINAHONG,PEGAGAN,TAPAKLIMAN DLL.DENGAN MINUM YANG RUTIN DAN TERUKUR INSYA ALLOH,,,,

23. edi - Desember 3, 2010

wadu pusing,! to yang kencing batu sya si perna denger ada yng pake obat herbal bisa sebu.!
trus mo nannya kolo pinggan kiri sakit,kencing sering ditunda walau sebentar bisa bikn ginjal rusak gak.!

24. yani - Desember 7, 2010

saya mempunyai teman yang pernah mengalami penykit ISK,,sekarang ia mengatakan kalau kakinya bengkak, sering sakit pinggang hingga menggaggu tidurnya, saat ini dia hanya mengonsumsi obat tetes propolis, saya pernah mengikutinya ke dokter, dokter memberinya obat ampicillin tetapi tidak dihabiskan,bagaimana caranya biar dia bisa sembuh kalopun benar2 ginjalnya bermasalah ????

25. veryanthy - Januari 28, 2011

mao tanya, kalo ginjal uda menciut atau kempes itu gmna yha ajlan keluar’y ?? apakah ada obat/ ramuan tradisional ?? apa jalan keluar’y ??? thx..

26. Jordan - Februari 9, 2011

Dok saya Jordan,umur saya 14 tahun(ya terbilang masih kecil).Dok saya mau tanyak,apakah penyakit gagal ginjal itu bisa sembuh tanpa operasi cangkok ginjal?,kalo bisa bagaimana caranya?

penyakit ginjal banyak macamnya
untuk kerusakan ginjal ringan masih bisa disembuhkan dengan obat2an
untuk kerusakan ginjal sedang kemungkinan juga masih ada upaya medis untuk disembuhkan tanpa pencangkokan
untuk kerusakan ginjal parah, secara medis ada yang memberikan peluang kesembuhan dengan jalan operasi pencakokan

27. kilatud - Maret 2, 2011

Dok..pengen nanya,apa ini tanda2 penyakit ginjal..sdr sy kencingnya keluar darah,badan lemes,dan pada perut sebelah kanan ada benjolan

kencing keluar darah perlu perhatian khusus
bisa jadi ginjalnya bermasalah, atau saluran kencingnya bermasah
SEGERA konsultasikan ke dokter penyakit dalam di kota anda

28. widi astuti - Maret 7, 2011

sy punya keluhan, pinggang sebelah kiri saya terasa sakit ( nyut..nyut..nyut.. gitu). apa saya ada gejala ginjal?

29. nugroho - Maret 31, 2011

thanks………….

30. Anis Yoyo - April 20, 2011

thanks banget gan untuk informasi berharganya…..

31. mohammad andhik - Mei 28, 2011

trims infonya

32. xamthone2013 - Agustus 9, 2011

Maaf sebelumnya ,saya mau sedikit meng infokan untuk mereka yang belum mengetahuinya, bahwa sekarang ini gagal ginjal itu sudah dapat di sembuhkan dengan XAMTHONE PLUS.. untuk mereka yang mau berobat bisa menghubungi saya , Insya Allah sembuh, dan bila tidak sembuh dalam program kami, maka uang anda saya kembalikan.. pengobatan juga secara alami.. tidak memiliki efek samping..
jangan putus asa dan ragu ragu untuk menghubungi kami.. kami akan siap membantu kepulihan saudara saudari selama anda mau ikut program yang kami terapkan.. hub /sms saya 021 9929 850

33. Syam Nurwahida Amma - Agustus 15, 2011

ibu saya sering menegeluh sakit punggang,dan dy juga mengomsumsi obat anti nyeri,apakah itu temsuk gejala gga atau ggk?

34. bangalix - September 17, 2011

Trims infornya

35. eka purwanti - Oktober 24, 2011

Sy ibu rumah Tangga umur 36 thn, gol darah A, dlm kondisi sehat, sy brsedia mndonorkan Ginjal sy, dgn Harga yg spadan…
Briminat Hub. Telp. 081298575480 . 085714174613.

36. Suky - November 25, 2011

Saya dlu menderita ginjal skrg alhamdulia tp kdg perut bwa sangat sakitbagian kanan kadang kiri

37. arif santoso - Februari 21, 2012

Saya akhir2 ini menderita nyeri di bagian dalam pinggul sampai ke selangkangan,nyeri terasa kalo habis duduk/tidur lalu bangun sampai2 jalanpun merunduk dulu,baru dua/tiga langkah bisa jalan tegak/normal.apakah sakit saya itu karna ginjal,sedangkan kencing saya lancar2 aja dan tidak sakit,mohon yang tau bisa jawab pertanyaan saya ini.terima kasih

38. packardbell - Desember 9, 2012

Saya Tidak Mempunyai Ginjal Sebelah Kiri Dan Limfa .. Akibat Kecelakaan .. Jadi Bagi Kalian yg Mempunyai Penyakit Seperti Saya .. ttp Tersenyum Dan Tawakal pd Penyakit anda .. sampai sekarang alhamdulillah saya masih Mampu Berdiri dan allhamdulillah efek dari itu semua tdk pernah saya rasakan …

39. Julharis - Februari 1, 2013

Saya julharis 23 tahun, gol darah: blum tau
bersih dari rokok, miras , narkoba..
Saya tidak punya riwayat penyakit apapun, kecuali demam biasa, btuk ,flu
siapa yg ingin ginjal hub: 082375742423..
Dgn hrga yg sepadan

40. mutia - Mei 8, 2013

saya mau tanya apakah penyakit ginjal aku baru sekitar 3 bulan bisa sembuh?

41. Khasiat Jahe Merah 123 - September 9, 2013

Yang bikin ngeri gagal ginjal itu, pas cuci darahnya itu.

42. silvia - Maret 8, 2014

Dok nama saya silvia umur 23 tahun.setiap kali baru bangun tidur perut sebelah kanan saya terasa sakit.tp kalo uda bangun terus saya jalan sebentar perut kembali normal.air kencing saya juga normal tidak berdarah atsu pun berwarna keruh.kira2 gejala apa itu dok ya?

43. Putri Rachma - Agustus 29, 2014

dok,saya mau nanya. awalnya waktu 2012 saya pernah sakit bagian pinggang sebelah kanan lalu berputar hingga perut bagian bawah. saat itu rasanya seperti ditusuk,kalau lg sakit badan saya panas,sedikit menggigil.Dan pd saat itu saya kedokter,dokter bilang batu ginjal. lalu dokter itu beri saya obat,trus waktu itu sembuh. Lalu skrg (2014) ngerasa sedikit sakit lg,tp saat buang air kecil tidak ngerasa sakit. itu kenapa ya dok? tp tidak merasa ditusuk-tusuk,kenapa yah?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: