jump to navigation

BELAJAR MENABUNG ANAK Januari 21, 2009

Posted by ekojuli in parenting.
Tags: , , , ,
trackback

Rifqi (5 taon), anak saya yang pertama. Anaknya rajin. Eit, tunggu.. rajin jajan.

RIFQI

RIFQI

Dasar anak jaman sekarang… udah tau bener apa itu “uang” dan udah expert bagaimana menggunakannnya (baca: jajan). Bagaimana tidak, wong dia juga bergaul, dan… temen-temennya (hampir) semua juga suka jajan.

Pagi-pagi mau kerja sudah di bajak. “Yah, minta 1000, buat jajan.” Wah, klu begini… kaya-nya nggak sehat klu terus-terusan. Anak cuma tau membelanjakan, dan tidak belajar bagaimana susahnya mendapatkan dan mengelola uang. Tapi bagaimana ngajarinnya… wong dia juga baru 4 tahun. Mosok disuruh kerja… jualan kue (kaya bapaknya dulu waktu kecil…) ntar malah dikira meng-exploitasi anak.

Akhirnya… ting!!! Ada ide…! Seperti biasanya pagi, itu Rifqi minta uang jajan Rp.1000,- Terus saya keluarkan uang 5.000 (tentu saja bentuknya 5 lembar ribuan -krn dia kan taunya uang seribuan-). Wah seneng dia…. tapi tentu saja plus sedikit pesan-pesan.

Begini pesannya,
Nak, ini uang 5 ribu buat Rifqi. Rifqi boleh pake jajan. Terus begini, klu nanti sore Ayah pulang uang 5.000 masih utuh Ayah akan langsung tambah 1000 lagi. Jadi uang Rifqi ada 6.000. Deal??(Dia diam, berpikir keras…) Deal, jawabnya. Terus, kalau besok uangnya tetap 6000 sorenya, Ayah tambah lagi seribu… begitu seterusnya. Mau tau reaksinya? Katanya, Wah… Yah. kalau terus.. terus.. ditambah lama-lama Rifqi bisa jadi BOSS ya Yah?? Saya cm tersenyum… (Wah, kliatannya berhasil..!!!) Iya, Nak. Klu uang Rifqi banyak, Rifqi bisa beli apa saja… Rifqi tersenyum puas. Saya? Lebih puas!!

Sorenya, bener saja. Pulang kerja, baru parkir mobil, sudah dikejar Rifqi.. “Yah, yah… liat uang Rifqi.. masih tetap 5.000.”
Tentu saja dengan senang hati saya tambah asset dia 1000 rupiah…!!!
Silakan dikelola ya Nak…

Komentar»

1. BELAJAR MENABUNG PADA ANAK (2) « EkoJuli - Februari 19, 2009

[…] Ini adalah kelanjutan dari tulisan saya sebelumnya tentang belajar menabung pada anak. […]

2. [parenting] Bintang Untuk Rifqi « EkoJuli - Juli 30, 2009

[…] Belajar menabung pernah saya tulis pada posting sebelum2nya: Belajar Menabung Anak. […]

3. feeds.bloggerpurworejo.com » [parenting] Bintang Untuk Rifqi - Juli 30, 2009

[…] Belajar menabung pernah saya tulis pada posting sebelum2nya: Belajar Menabung Anak. […]

4. William Browne - September 6, 2010

Good day, Great site, in which did you arrive up of the facts in this summation? Im glad I found it though, I`ll be checking back soon to determine what other articles you have.


Tinggalkan komentar