jump to navigation

OTAK KIRI DAN OTAK KANAN Mei 13, 2009

Posted by ekojuli in HOT NEWS.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Seseorang yang ‘hebat’ secara akademis, pada umumnya sangat kuat dalam logika, kata, daftar, angka, linieritas, analisis, dan sejenisnya. Menurut Tony Buzan (Use Your Head: 1993): hasil aktivitas otak kiri manusia.

Adapun otak kanan lebih berkaitan menangani irama, imajinasi, warna, angan-angan, kesadaran ruang, gambaran menyeluruh dan dimensi. Belakangan berkumandang anjuran, jangan hanya memanfaatkan otak kiri, otak kanan juga dong.

Konon, para ilmuwan hebat memanfaatkan otak kiri. Para seniman kuat di otak kanan. Mana tahu, Sampeyan hebat memanfaatkan otak kiri, canggih membedayakan otak kiri. Piawai menghitung fulus fasih berimajinasi. Mana tahu lho.

Setiap manusia memiliki kecenderungannya masing2 dalam penggunaan otak kanan atau otak kiri, baik sadar ataupun dibawah sadarnya. Hal ini bergantung pada banyak faktor yang mempengaruhinya sejak masih kecil bahkan sejak dalam kandungan. Kecenderungan berpikir dengan otak kanan ataupun kiri merupakan hasil dari suatu proses yang sangat panjang dan yang tak boleh kita lupakan adalah kecenderungan ini adalah suatu berkah ciptaan Allah, Sang Maha Pencipta.

Dikarenakan kedua kecenderungan berpikir ini, baik dengan otak kanan maupun dengan otak kiri merupakan ciptaan Allah, maka ada baiknya kita masing2 membuka diri untuk menyelami dan menghayati keperbedaan ini, dengan sikap yang positif.

Untuk memahami fungsi otak kita, saya coba uraikan sebagai berikut:
Otak kanan — KREATIF — Bentuk, Intuisi, Lagu &musik, Warna warni, Simbol, Gambar, Imajinasi, Menghayal

Otak kiri – ANALITIK — Bahasa verbal, Matematika, Logika, Angka2, Urutan2, Penilaian, Analisis, Linier

Dari penjabaran diatas, kita dapat simpulkan betapa perbedaan “bahasa” diantara kedua sisi otak kita adalah tidak sama. Seorang yang memilih jurusan, profesi atau pekerjaan berdasarkan kemampuan otaknya dalam mencerna “bahasa” pikiran, tentunya telah terbiasa menggunakan bagian otaknya (kanan atau kiri) sehingga bagian tersebut lebih banyak berperan dalam kehidupannya sehari-hari. Sehingga adalah kurang tepat, bila serta merta seorang seniman musik dipaksakan bekerja untuk menghitung angka2, rumus2 dan analisa. Demikian juga sebaliknya, adalah kurang tepat bila serta merta seorang financial analisis dipaksakan bekerja untuk hal2 yang bebahasa symbol, imajinasi dan gambar abstrak.
Selayaknya kita menganggap kecenderungan ini bukan sebagai suatu kelemahan, tapi justru menjadi suatu kelebihan pada tiap individu. Kelebihan yang bila diolah dengan baik akan menghasilkan KEKUATAN dalam diri individu itu sendiri. .

Bayangkan bila kedua kekuatan ini dapat digunakan secara adil, seimbang dan harmonis dalam suatu frame kehidupan atau kemitraan, akan menjadi suatu kekuatan yang luar biasa, karena tentunya bisa saling mengisi dan saling melengkapi. Penyeimbangan antar kedua fungsi otak kanan dan kiri inilah yang akan memberikan kontribusi pemikiran yang lebih baik daripada pemikiran yang hanya condong pada satu sisi otak saja. Namun sebagai individu yang berbeda, tentunya kendala2 pemahaman “bahasa otak” akan sedikit mengalami adaptasi, dan hal ini dapat diatasi bila kedua pihak saling bertoleransi dan berpikiran positif.

Berikut ini tip atau cara mengetahui apakah anda cenderung menggunakan otak kiri atau otak kanan.

Rentangkan dua tangan anda keatas seperti ini :

Kemudian lakukan suatu gerakan hingga kedua tangan seperti dibawah ini:

Coba anda perhatikan jempol tangan kiri dan tangan anda berada dimanakah?

jempolve4

Jika “jempol tangan kiri” anda berada paling atas (dipuncak) maka selamat anda telah bertipe “otak kanan”

Sebaliknya jika “jempol tangan kanan” anda berada diatas (dipuncak) maka maka selamat anda telah bertipe “otak kiri”

Selamat mencoba!!

NAHH KLU YANG INI

PERCOBAAN KONFLIK OTAK KIRI DAN OTAK KANAN

dengan TEST WARNA

otak kiri dan otak kanan

Coba anda perhatikan tulisan-tulisan di atas yang menyatakan warna (Kuning, orange, biru, hitam, dan selanjutnya), kemudian sebutkanlah warnanya bukan menyebutkan tulisannya. Otak kanan anda berusaha menyebutkan warnanya, tetapi otak kiri anda tetap membaca tulisannya ! Coba anda praktekkan, pasti anda akan terganggu oleh konflik otak kiri dan otak kanan anda

sumber: milis

ps: (updated)

Berikut sifat-sifat orang yang dominan otak kiri dan kanan:

Dominan Otak Kiri
Dominan Otak Kanan
Menggunakan logika Menggunakan perasaan
Berorientasi detail Berorientasi secara keseluruhan
Melihat fakta Melihat imajinasi
Kata-kata dan bahasa Simbol dan gambaran
Hari ini dan masa lalu Hari ini dan masa depan
Matematika dan ilmu pengetahuan Filosofi dan religi
Mengetahui Memahami
Mengetahui Mempercayai
Mengakui Mengapresiasi
Mempersepsi urutan/pola Mempersepsi secara spasial/ruang
Mengetahi nama objek Mengetahui kegunaan objek
Berdasar pada realita Berdasar pada fantasi
Menyusun strategi Berdasar pada apa yang terjadi
Praktis Terburu-buru/tidak sabar
Bermain aman Mengambil resiko


About these ads

Komentar»

1. warna~warni - Mei 14, 2009

I like this..

i like this too

2. feeds.bloggerpurworejo.com » OTAK KIRI DAN OTAK KANAN - Mei 14, 2009

[...] OTAK KIRI DAN OTAK KANAN Filed under: Uncategorized — @ 6:21 pm [...]

3. nurrahman18 - Mei 14, 2009

wew…info menarik untuk dicoba

sudah coba blom???

4. laksamanadewa - Mei 15, 2009

great…

sudah coba… dan hasilnya menarik….

terimakasih sdh berkunjung

5. Rudra - Mei 15, 2009

haha.. tetap aja susah baca warna nya….

iya nih rud

6. Jco - Mei 15, 2009

artikel yang bagus buat user jaringan saya yang sedang bawel

senang bisa membantu

7. andrewiwanto - Mei 15, 2009

menarik banget tuh

andrewiwanto.wordpress.com

terimakasih sudah berkunjung mas andre

8. fayyaz - Mei 16, 2009

cocok juga atas apa yg sy coba… dg teori dan fakta yg sy rasakan.

gimana rasanya mas

9. swijadi - Mei 18, 2009

Mas Eko, kata kuncinya adalah “dominan” dan masing2 orang berbeda dalam kedominannya antara “kiri” dan “kanan”. Saya test diri saya, menunjukkan dominan kiri tetapi setelah saya akurkan dengan daftar sifat2 orang yang dominan otak kiri dan kanan, ternyata banyak daerah “abu2″ dan rancu. Kayaknya ini adalah usaha untuk menyederhanakan cara memahami suatu mahakarya ciptaan Tuhan yang penuh dengan misteri yang namanya “otak” yang telah mampu mengirim manusia ke bulan. Tetapi sebagai suatu usaha patut untukdihargai… salam, sw.

terimakasih masukkannya pak wik… semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan

10. mashen - Mei 20, 2009

pengetahuan yang menghibur…
salut untuk tulisan mas eko, selain dapet pengetahuan juga dapet hiburan…
lumayan lah, itung2 buat refreshing :)

salam kenal mas,…

salam kenal kembali mas, terimakasih sudah berkunjung.
aku tak mampir ke blognya balik ya… di tunggu ya

11. Helmy - Mei 28, 2009

artikel yang bagus mas, makin yakin kalo saya itu dominan otak kanan…

ok, terimakasih sudah berkunjung

12. resty - Juni 3, 2009

banyak yang berotak kanan atau kiri yah..
mudah2an saya dua2nya.. amin..amin..

udah coba sist?

13. putri - Juni 4, 2009

menarik dan lengkap ya artikelnya…jadi bisa buat sumber TA saya…berguna sekali…
kebetulan saya sedang mambuat TA tentang Mind Map Tony Buzan.
kalo ada artikel tambahan lg…boleh ya kirim ke email saya…putri.rizky89@gmail.com

thx..

14. Q_ara - Juni 18, 2009

Menarik untuk dicoba..
Hasilna,lumayan juga!!

^_^

15. KangBoed - Juni 28, 2009

hehehe.. Mantaaabs Surantabs.. salah beneer.. kayanya salah dan benernya sama berarti seimbang yaaa
Salam Sayang

wehhh… seimbang klu ga ada yang salah kale

16. amalia - Juli 1, 2009

kayaknya memang bener..setelah di coba,saya memang cenderung mgunakan otak kiri dalamkehdupan sehari2..
tengkyu infonya…

17. haryo - Juli 2, 2009

aduh kaya syairnya kuburan ha ha ha ha

18. haryo - Juli 2, 2009

aduh kaya syairnya kuburan ha ha ha ha salam dari cirebon

salam kembali mas haryono

19. amul - Juli 4, 2009

keren bgd boss…

thanks ya boss

20. anbar - Juli 6, 2009

hadoh-hadoh . .

kata orang tua n kawan-kawan ku . .
aku tuh orang yan make otak kiri.

tapii, klo tangan ku . jempol kiri yang di atas, berarti aku otak kanan dnx . .
sifat-sifat nya juga kebanyakan ada di otak kanan .

faktanya aku lebih suka matematika dari pada bahasa . . .

21. Merrin - Juli 9, 2009

Klo aq jempol kanan diatas,berarti yg dominan otak kiri aq dong. Hehehehe emang betul,aq selalu pke otak kiri.

22. yancadoank - Juli 14, 2009

LUARRR BIASA…!!
sy sangat salut dgn anda, klo ada lg tolong dong mas infonya di share ke email..
nich bg temen2, sy skedar mo sharing nich…
Klo saya bilang :
“Coba anda bayangkan dalam pikiran anda buah mangga asem manis yg terkupas masuk kedalam mulut anda ?!..”

apa yg terjadi ?%?!$!#!#@>///….

biasanya lidah bagian sisi kt mulai mengeluarkan air liur. artinya otak kanan kt bekerja dgn baik.. :P“`

silahkan mencoba!

salam kenal buat mas Eko.

wahhh baca tulisan anda , mangga asemmm aja saya ikut keluar liur…
salam kenal kembali

23. dody - Juli 17, 2009

Gimana agar otak kanan dan otak kiri biar seimbang ?
Gimana kalo posisi jempol kanan dan kiri dalam posisi dipuncak, berdiri atau tegak ?

24. hendry - Juli 17, 2009

Posisi tangannya berpengaruh berapa persen dalam menentukan kecenderungan otak kanan dan otak kiri ?

25. ary - Agustus 2, 2009

semalem aq praktekan,,sambil compare ciri otak kanan dan kiri ternyata bisa terdeteksi yang berdominan,,,mantap….aq tunggu info yang lebih spektakuler…Terimakasih..

26. yuanarose - Agustus 3, 2009

Bagi2 cerita aja nih…Katanya sih diantara otak kanan dan kiri ada jembatan jg…artinya bisa seseorang memiliki kemampuan kedua-duanya terutama kalo kita mau menggali…trs yg serunya pernah digambarkan jg org yg bekerja dg otak kiri; ada yg dokter, guru, akuntan, pengacara, ustadz.Orang yg bekerja dg otak kanan; penyanyi,pemain film, pelukis, music, pembuat iklan,dll…setelah itu perbandingan pendapatannya…dan hasilnya lebih sukses orang yg bekerja dg otak kanan…
Dari sini aku belajar banyak dg mengenal anak2 di kelas…anak yg suka belajar dg berhitung dan diskusi (kecerdasan verbal msh termasuk otak kiri) memilih duduk di depan yg mudah terlihat oleh gurunya…dan yg duduk di belakang mereka mencari tempat yg aman dan tdk mudah terlihat oleh gurunya, mereka belajar sambil menggambar (bs jd gambar gurunya). Setelah mereka lulus dr sekolah mereka bekerja ternyata yg dl dlm kls pintar blm tentu sukses, yg duduk di belakang cengengas-cengenges skrg malah sukses…membuat saya jd smkn yakin Alloh membekali kita kecerdasan masing2 untuk saling melengkapi kekurangan satu sama lain.

nice opinion sist. thx for sharing

27. yuanarose - Agustus 5, 2009

Oh iya buat mas atau Pak Dody biar otak kanan dan kiri seimbang bagaimana yah caranya? Sekedar sharing ya mas Eko,Kita biasa mengerjakan segala sesuatu lebih banyak menggunakan tangan kanan maka yg bekerja adalah otak kiri kita…supaya seimbang sering gunakan tangan kiri kita agar otak kanan kita jg bekerja…sehingga seimbang. Orang kidal katanya lebih seimbang drpd orang kebanyakkan apalagi budaya timur yg mm mengajarkan apa2 harus dimulai dr tangan kanan.Bagi orang Timur kanan lebih baik drpd kiri…mgkn biar ga menerjang budaya, kita pakai tangan kiri untuk mengambil dr suatu tempat, bersisir, dll. Bisa dcoba dr sekarang

28. Nisfa - Agustus 10, 2009

untuk tes jempol aku otak kiri, tapi untuk tes warna dan gambar penari aku full kanan karena melihat penari tersebut berputar selalu kearah kanan, sampai konsen aja blm bisa melihat dia menari kearah kiri..jadi aku gimana donk hhehhe.. Btw dah sebulan ini atasan ku sedang semangat2nya membahas ttg otak kanan-kiri dan selalu dibahas setiap meeting sampai BT deh..
thanx atas artikelnya, klo bisa ada yg lain lagi donk atau bs kasih referensi krn aku hrs selalu beri info terbaru ttg artikel ini..thnx

29. Bardi - Agustus 19, 2009

Kok rasanya buat aku kebalik ya… aku suka hitung2an analisis, logika dan yg disebut diatas deh… tapi kalo dites berdasarkan jempol tangan dan dancer yg berputar aku cenderung memakai otak kanan… padahal aku sama sekali tidak punya jiwa seni..melukis atau melafalkan nada…
gimana ini ada yg salah dengan tesnya ato aku yg salah…
thanks…

apa ya yang salah (sambil garuk-garuk…)

30. Sau - Agustus 29, 2009

jempol saia dikiri, lancar mengucapkan warnania, high risk taker, ditambah lagi saia kidal!!!

~tertindas di kehidupan sekolah iang penuh logika linier T.T

31. adi kasur - Oktober 12, 2009

i’m a right brain.jari jempol kiri saya berada diatas.sejauh ini,sy juga merasa sy slalu berimajinasi ttg ms dpn!!

32. pramesemara - November 7, 2009

permisi saya kutip tulisan ini utk tugas

monggo

33. Yanna - November 21, 2009

hmm… kalo orang ambidexter lebih sering pakai otak sebelah mana ya? apakah seimbang antara kanan dan kiri? karena kalau dilihat dari sifat2 dominan otak kiri dan kanan saya, sama banyaknya.

34. nesdrie - November 28, 2009

bagus… saatnya revolusi pola pikir supaya mencapai kehidupan yang lebih berkualitas

35. beng - Desember 31, 2009

teuskalo lewat tes DMI gimana ya?
kalo ternyata otak kanan sama kiri kita seimbang bagus ga?
bukannya jadi bingung ya karena ga ada sifat dominan yang lebih menonjol dong??

36. purnama - Januari 1, 2010

Apakah otak Kanan kita bisa dilatih sehingga bisa berkembang dengan baik

37. Imam Wahyudi - Januari 15, 2010

Kalo ciri2 otak L maupun R seimbang gimana??

38. rose - Januari 24, 2010

thanks mas infonya…sangat membantu pengetahuan saya mengenai manfaat otak kanan dan kiri

39. Ummu Sumayyah - Maret 5, 2010

Assalamu’alaikum wr.wb
salam kenal. mohon maaf sebelumnya saya hanya ingin meng-infokan apa yang pernah saya ketahui. setahu saya kalau jempol kanan yang di atas maka otak kananlah lebih dominan begitupun sebaliknya.trims.wassalam.

40. xyz - Maret 10, 2010

memang salah itu…
kalo jempol kanan di atas
berarti otak kanan lebih kuat…

bener kata message di atas ini…

41. abie - Maret 19, 2010

ya betul setuju… klo jempol diatas brarti otak kanan lebih menonjol bgtu yg sy tahu…

42. sella jasmine - Maret 25, 2010

hhhuuuaaaaaaaaaaaaaa …riibett bgt sii ..
puyeng bgt gw jdinta ,,

43. agoenk - Maret 26, 2010

salut sepertinya uji testnya sesuai dgn kepribadian kita…trims bro artikelnya ok.

44. rizky - April 19, 2010

kalo masalah jempol mungkin cuma masalah kebiasaan aja..
dah aq coba berkali kali meskipun dilihat, kalo aq pinginnya jempol kanan yang ada di atas tetep aja susah+jari2 sering nubruk.

membaca warna mungkin lebih cocok untuk tes otak kanan atau kiri..

thanx

45. Anna Zarifah - April 29, 2010

Otak Kanan….!! skrng lg rame aktivasi otak tengah mas, supaya otak kanan n kiri bs seimbang neh. setau aku aktivasi otak tengah itu khusus unt anak usia 5-15 thn… nah looo….klw kita2 yg dah pada tua gmn….? share donk frend yg dah tau n ngerti………

46. catros - Mei 10, 2010

mas eko, saya tidak kesulitan membaca tulisan berwarna sesuai dengan perintah, dan dalam test genggaman jempol kanan saya ada dipuncak.
Boleh minta masukan saya dalam type apa ?

thanks

47. catros - Mei 10, 2010

tambahan..
saya juga bisa melihat penari berputar kearah yg saya mau

wehh hebat…
anda punya potensi otak luar biasa
kata ahli, enstain yang jenius itu baru memanfaatkan 10% potensi otaknya
seandainya anda bisa memanfaatkan 50% saja pasti bisa 10x enstein
ciiiw

48. eva - Mei 12, 2010

mantrappppppp

49. Joni S - Mei 24, 2010

Trim’s,menarik sekali,Lebih menarik lagi klo disertakan kiat teknik-cara…ato apa namanya cara untuk menye-imbangkan dominasi otak kiri & Kanan.Sekali lagi Trim’s tulisannya sanyan manpa’at.

50. bayurini - Mei 24, 2010

assalamualaikum mas Eko.. salam kenal,.,
saya mohon ijin untuk mengutip artikel ini utk buku saya.. tentu saja aku cantumkan alamat blog ini.

terima kasih buanyaak.. :)

51. gurys - Mei 25, 2010

cm share aja…otak itu kan menyilang dgn tubuh yaa…contoh ketika stroke dtg & mnyerang fungsi tangan kanan brati otak kiri yg bermasalah,,,jd jempol kanan bisa jadi mnandakan potensi otak kiri dominan

52. Otak Kiri dan Otak Kanan Manusia « Hope, Love, and Courage - Juni 1, 2010

[...] ini aku lampirkan juga tipe orang yang lebih dominan menggunakan otak kanan / otak kiri berdasarkan referensi yang saya [...]

53. yayat cahyat setiawan - Juli 5, 2010

aku suka bnget dengan hal otak kiri dan otak kanan

54. yayat cahyat setiawan - Juli 5, 2010

aku suka bnget dengan hal otak kiri dan otak kanan aku sangat bersukur pada allah yang telah memberikan nikmatnya….

55. denbagas - Agustus 1, 2010

Mantap, saya jadi terbantu dan tersadar bahwa saya seharusnya dapat mengoptimalkan kedua belahan otak agar seimbang. Thanks Mr Ekojuli. It’s really good info…

56. kadus ila BbA - Agustus 15, 2010

wow keren itu aja

57. yuliana - Agustus 24, 2010

artikelnya bagus (terpesona)
mohon ijin kutip artikelnya jg untuk share d forum y..
alamat blog pasti saya cantumkan.. he..
terima kasih banyak y =)

58. haya - Oktober 22, 2010

kq dari hasil tes sy bertipe otak kiri tapi klo diliat dari sifat yg dominan kq masuk ke otak kanan ya????

59. jey - Oktober 28, 2010

assalamu alaikum
mas, saya me tanya..
bagaimana kita mengetahui apakah penggunaan otak kita sudah seimbang??
kan sekarang lagi marak pengaktifan otak tengah & khusus utk anak mpe umur 14 tahun..
kalo orang dewasa seperti kita, apakah bisa mengaktifkan otak kanan spt yg dilakukan pada anak”..???
tolong infonya ya mas..
terima kasih..
wassalam

waalaikumu salam wr wb
sebenarnya sy malu mau jawab pertanyaan ini
lha sy ga ahli2 amat tentang otak jew hihihihiii
menurut sy, otak kita bisa karena biasa
oleh karenanya perlu latihan/rangsangan tertentu sehingga otak terbiasa untuk dipergunakan, baik untuk melakukan hal-hal yg bersifat logic maupun kreatifitas.
semakin dilatih/dipergunakan/dirangsang otak akan semakin biasa.
memang ada methoda2 khusus untuk melatih kemampuan otak
seperti yg anda bilang, melatih otak tengah sehingga anak bisa “melihat” dengan mata tertutup.
segala yang tertulis diatas semua relatif, dan segala yg tertulis adalah berupa “kecenderungan” (bukan hal yang mutlak)
cmmiw
walluha’alam

60. mila junengsih - November 17, 2010

kami kakak beradik, tapi mmiliki otak yg berbeda, kakak saya cenderung otyak kanan sedangkan saya otak kiri… kasih tw donk ke arah mana kita hrus melangkah sesuai dengan kemampuan kita,,,

makasih sebelumnya. like this….

mempunyai kecenderungan “kuat” di otak kiri atau otak kanan sebenarnya 2 hal yang sama baik
yang terpenting anda dapat mengeksplorasi untuk kemudian memanfaatkannya secara optimal.

61. nurul - November 18, 2010

salam semua…erm..pendapat saya penggunaan kedua-dua belah otak sangat penting untuk mengwujudkan keseimbangan dri pelbagai aspek…gunakanlah kedua-dua belah otak anda dengan sebaiknya…seseorg yg berjaya mempunyai kemahiran berfikir yg tinggi..inshaAllah.. =)

62. Ruli - Desember 9, 2010

asik bgt nich..

perlu dikembangkan

63. deni - Desember 13, 2010

hhmm..setelah saya uji…otak saya bertipe otak kanan,tapi sya termasuk orang kidal…aneh kan….tapi thank hasilnya menarik..

64. ach.qayyum - Januari 3, 2011

yang benar yang mana sich aku jadi bingung bacanya

65. tian - Januari 7, 2011

aku dominan otak kiri,,

66. zamzam - Januari 10, 2011

saya ikutkan test pake produknya primagama, ternyata kecenderungannya sama antara otak kanan dan kiri lantas bagaimana mensiasati hal ini karena konsentrasi saya sering dan mudah terganggu.
trims

67. rizki - Maret 12, 2011

saya sudah mencoba 22nya ,,,tpi yg pake jempol saya termasuk otak kanan sedangkan yg warna kq yg kiri?

68. banie - Maret 17, 2011

Otakku mana nich….otak udang kali…he…he…he

69. Angga - Maret 30, 2011

otak kanan otak kiri yang penting berguna dunia akhirat….. thnx tulisannya,,,, verrrrry gooood lha…

70. Zulkarnaen - Mei 8, 2011

otak kiri dan kanan kan cuma parameter kecendrungan habitual yang tak terkait dengan tingkat kesuksesan menjalani hidup, karena untuk yang satu ini rasanya Allah punya aturan main sendiri, apakah kita mau dibuatnya beruntung atau rugi, Wallohu a’lam …

71. Istnaini Romandiyah - Mei 24, 2011

terima kasih infonya…
bermanfaat sekali dan artikelnya bagus.
:)

72. Enry Friend Siahaan - Mei 26, 2011

Oke Bgt neh infonya… ThnX.

73. Ayu - Mei 31, 2011

setelah saya membaca artikel tsb, dari tabel diatas saya lebih cendrung menggunakan otak kanan. tapi,setelah saya baca tabel disampingnya ternyata saya juga terkadang menggunakan otak kiri. apakah itu berarti bahwa saya menggunakan kedua2nya? dan jika iya,apa tidak membahayakan?

74. syahadah - Juni 25, 2011

setelah mencuma ,saya dapati saya menggunakan otak kanan ….walau bagaimana pun…seronok mencuba=)

75. nizar - Juni 29, 2011

hahahaha TEST WARNAnya bikin ngakak !!
tapi, mantab tuh, buat mengasah kemampuan otak kiri dan otak kanan..
^,^

76. Otak Kiri dan Otak Kanan « LDII Bali - Agustus 2, 2011

[...] Sumber : ekojuli.wordpress.com [...]

77. 2peyz - Agustus 11, 2011

katanya kalo kita dominan salah satu otak saja..di ibarat kan gelas yg diisi air, kalo penuh luber..tp kalo otak kita seimbang ,..gelas ga akan penuh2 terus mngalir..mungkin daya ingat kita jadi lebih baik..td cpt lupa..:)

78. putri - Agustus 27, 2011

kalo test pertama jempol tangan kanan mank berada di puncak dan berarti menggunakan otak kiri. tapi pada test kedua kok saya lebih cenderung membaca warnanya yang berarti menggunakan otak kanan yah ? :D

79. friska - Agustus 29, 2011

terima kasih banyak, mas eko untuk informasi yang sudah dishare-kan..saya lebih dominan di otak kiri..sangat membantu saya di kemudian harinya..

80. susi - Agustus 30, 2011

mkc infonya,,,ya…
tp ad pngaruh nya g sm otak kl yg nulis tangan kanan dg yg nulis tangan kiri???
mkc blasannya,,,,,,

81. itha - September 20, 2011

kalu yg sya bca dri sekian bcaan sya mempunyai otak kiri jadi bgaimana sya bsa mengetahui kalau saya ug memiliki otak kanan sya biarpun otak kanan say tdk sebesar otak kiri sya.

82. Muhammad Said - Oktober 2, 2011

Asslam…sy mau berbagi cerita n pengalaman.
menurut sy, optimalisasi otak kanan bisa dilakukan tanpa melalui jalur pendidikan formal cukup berguru kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala( melalui Ayat2 Quniyah_Nya diantara bhannya yaitu Alam Semesta dengn segala isi, prilaku dan warnanya), tapi otak kiri peningkatan fusngsinya biasanya melalui jalur Akademik.

contohnya, mengapa ada orang2 yang sangat sukses dlm kehidupannya padahal tamat SD aja ga’, nah itu buktikan lw orang yg ga bisa baca tulisan hanya bisa baca lewat objek yg di lihatnya, bisa lebih berani dan cepat ambil keputusan, dan biasanya keputusannya super cepat alias nekat. sementara ada juga orang2 yang tamat PT banyakan yg nganggur n ga punya pekerjaan bahkan mengharapkan diperkerjakan org lain, akibat kurang berani n terlalu banyak pertimbangan.

ma’af agan2 itu hanya sy juga lagi belajar2 n sheering dari sy slah benarnya… Wallahu ‘Alam Wisshiwab.

Wassalm…..

83. ary - Oktober 23, 2011

Kalau otak bagian bawah alias dengkul gimana itu??

84. dicko - Oktober 30, 2011

otak kanan nekad abis

85. dicky - November 10, 2011

copy punya mas IPPHO SANTOSA Phg yaaaaa?????

coba liat edisi terbaru “13 wasiat terlarang”

86. NEO Computer Palangkaraya - November 23, 2011

jempol saya yg kiri di atas… saya lebih suka ke wirausaha… berani ambil resiko dan optimis… tapi waktu saya sekolah, nilai akademis saya lumayan lah… tidak pernah keluar dari ranking 3 besar. saya suka sains, iptek, matematika, tapi mempelajarinya dengan cara berbeda… saya lebih suka memahami daripada menghafal, berfikir dengan logika tapi disertai perasaan, kalau ada soal esay saya suka memakai redaksi sendiri untuk menjawab ketimbang sesuai dengan yang ada dibuku dengan maksud yg sama. waktu kuliah IP saya pernah 3,6 dan rata” 3 ke atas tapi di smester 9 saya berhenti… dan lebih memilih membuka usaha sendiri… saya rasa orang otak kanan ngga jelek” amat dalam akademis, asal metode belajarnya tepat.

87. haryanto - November 24, 2011

Hidup Otak kanan

88. alva - November 29, 2011

jempol saya yang kanan diatas, tapi saya suka menghayal (imajinasi), dan menggambar, saya kuliah di DKV, saya juga merasa kreatif beberapa dosen saya pernah secara tidak langsung mengatakannya…saya suka mendengarkan musik, dulu memang saya pintar dalam akademis waktu SD, saya sedikit tertarik dengan sastra…berarti yang lebih menonjol otak kanan atau otak kiri ni mas…

89. tony - Desember 15, 2011

kalo di lihat dari ciri-2 di atas saya memang tergolong orang yang lebih banyak menggunakan otak kanan
karena imajinatif
kreatif
terburu2
mengambil resiko
tp kenapa aq jg unggul dalam matematika,logika,strategi
kalo soal pandangan aq melihat masa lalu , masa kini dan masa depan
kalo gitu aq tergolong dominan yang mana? aq bingung jadinya

90. Indah - Desember 15, 2011

Saya pernah mengikuti tes sidik jari dan psikotes tapi hasilnya bilang sya cenderung otak kiri bawah…kalau kekurangan dan kelebihan otak kiri atas dan otak kiri bawah itu ap ya??

91. dini - Desember 27, 2011
92. Anderoids Klonoanianx - Februari 5, 2012

salah satu yang terbaik adalah saat anda bisa menggabungkan otak kanan dan otak kiri dengan perpaduan yang “ciamik”

93. Lipi. - Februari 5, 2012

Makasih… Sy mdpt byk pgtahuan.

94. Cikita Cuty - Februari 6, 2012

Haduh, sebenarnya otak dominan ku apa, ya? Kalo tadi coba baca warna dari tulisannya, aku bisa. Tapi coba jempolnya, katanya otak kiri. lagi pula dari daftarnya agak rancu. coz bisa dibilang hampir seimbang diantara keduanya. Misal: melihat fakta (untuk otak kiri). Tapi disisi lain, aku suka melihat imajinasi. Apalagi bisa dibilang imajinasi gede banget -.- akan tetapi setiap kasus aku jelajahi dengan 2 hal ini. apa faktanya, kok bisa, dan ku imajinasikan :)
so sebetulnya, aku otak yg mana ya? :(

95. eri - Februari 11, 2012

ssiiiebbbpp ,saya dominan menggunakan tangan kiri,memang benar saya orgnya teburu buru dalam hal apapun

96. Dita - Februari 19, 2012

@catros kita punya masalah yang sama, haha
kalo tes jempol itu, jempol kanan saya juga ada dipuncak (berarti saya pengguna otak kiri), tapi pas tes warna saya bisa ngucapin itu warna dengan lancar.. untuk masalah penari, saya juga bisa melihat mau itu searah atau berlawanan dengan arah jarum jam kapan pun saya mau.. ada yang bilang itu langka bisa ngeliat 2 arah!! #jadi bangga ><

97. OTAK KIRI DAN OTAK KANAN « La Tahzan, Hidup adalah Anugerah - Maret 10, 2012

[...] OTAK KIRI DAN OTAK KANAN Mei 13, 2009 [...]

98. Vicka Onthoni - Maret 21, 2012

nice posting :D

99. tela - April 6, 2012

eh, aku lebih suka hitung2 dari pada hapal2 knapa aku otak kanan??? kecewa gue………….

100. dian afiani lubis (@dianafianilubis) - Mei 21, 2012

saya pengguna otak kanan…… kira kira jurusan yang cocok buat saya apa ya???????//

101. iswahyudi - Juni 6, 2012

cenderung ke otak kiri atau ke otak kanan ya…. berapa tingkat latih otak kanan ya…

102. sinyo - Juni 13, 2012

waduh,.. kok gak ada konflik ya ni.,, di baca warna lancar dibaca tulisan lancar.. hore si otak damai,..

103. Rahmy - Juni 16, 2012

Wah.. Infonya keren. Aku jadi tau otak aku dominan yang mana

104. saeful wardi - Juli 16, 2012

Alhamdulillah ya..teryata otak aku yg berfungsi adalah otak kanan,,,,akan tetapi bisakah saya mengasah otak kiri,,,,supya bisa seimbang antara otak kiri dan kanan,,,,,klau ada cara,,,,,bagaimana…..?
trimaksih atas ilmunya yang menarik pikiran kami,,,,,,n smga eko panjang umurnya sehat selu n banyak mendapatkan rezeki yang halal..

105. Test Otak Kanan | lucynia88 - Agustus 16, 2012

[...] OTAK KIRI DAN OTAK KANAN [...]

106. Test Otak Kanan | lucynia88 - Agustus 16, 2012

[...] Posted by ekojuli in HOT NEWS. Tags: analisis, kelebihan otak kanan, kelebihan otak kiri, kreatifitas, otak, otak kanan, otak kiri, test otak kanan, test otak kiri 104 comments [...]

107. idrus - September 9, 2012

wah pusing saya ini mas, otak saya yang mana dominan soalnya pokirannya selalu mata duitan. tapi kayak agak ke kiri, sesui dg daftar tebel urusan finansial cocok deh. namun harapannya otak kanan aja biar kreatif kalau ada masalah banyak seribu jalan daripada otak kiri (analitik) cuma ada satu jalan

108. Nununk haikal - September 19, 2012

Kalau saya pribadi merasakan kalau semas sekolah mungkin otak kirilah yg lebih dominan bekerja,tp mendekati usia 30th kayaknya otak kananlah yg dominan. Mungkin karena teori of kepepet kalee…….. Krn kalau dah punya anak n tinggal d rmh sdr kan otal trus berpikir gmn spaya bisa menghasilkan uang lebih buat memenuhi kbutuhan RT serta pengen pubya ini n itu……

109. Fajar - Oktober 1, 2012

Ok…
Thanks Ya…

110. anton - Oktober 6, 2012

kalo suka grogi di depan public artinya apa ? pemalu,penakut dll , itu artinya saya condong otak kanan bukan?

111. farid - November 5, 2012

klw mengasa otak kiri gmn ya agar cepat dan tangkas

112. HASTI - November 28, 2012

apa cara otak kerja kita berhubunagn dengan kepribadian kita?

113. Otak Kiri dan Kanan | Software Tes Kecerdasan Majemuk, Gaya Belajar, dan Dominasi Otak - Desember 9, 2012

[...] Sumber : http://ekojuli.wordpress.com/2009/05/13/otak-kiri-dan-otak-kanan/ [...]

114. Dery* - Maret 5, 2013

Mau tanya kenapa sih kalo tiap mau ngapalin ga cepet apal skrng harus 1 HARI padahal saya menggunakan tangan kiri ?

115. muhammad al-fath diansyah - Maret 9, 2013

ini sangat bermanfaat . Trimakasih bnyak untuk yg membuat postingan ini

116. muhammad al-fath diansyah - Maret 9, 2013

ini sangat bermanfaat . Trimakasih bnyak untuk yg telah membuat postingan ini

117. Triven Skyscraper - April 6, 2013

selamat siang

saya telah mengikuti semua percobaan yang ada di atas tapi hasilnya saya menggunakan otak kiri saya.
tapi
saya merasa binggung
karna menurut saya,saya lebih suka berimajinasi dan menghayal
tapi yang anda nytaan kan malah sebaliknya.

118. putu winarsih - Agustus 29, 2013

mungkin dalam warna,musik,take a risk,filosofi religi,kesubjektifan, dan mengandalkan perasaan, kemampuan saya masih bagus namun menggambar, saya dari kecil benci menggambar. apa hal ini masih bisa dibilang saya cenderung ke otak kanan.?

119. iqbalzonecoolz - Maret 19, 2014

Reblogged this on iqbalzone and commented:
Otak kiri dan otak kanan

120. azizah - Juli 16, 2014

Jempol kanan saya di puncak. Berarti saya otak kiri. Tapi saya suka melukis, gambar, dan seni yg sejenisnya yg menggunakan warna. Dan saya juga suka hitung2an tp gak suka menghafal atau belajar teori. Itu termasuk apaa ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: