jump to navigation

SAHABAT SAYA MEMBAIK DARI GAGAL GINJAL TANPA CUCI DARAH (inalillahiwailaihi roj’iun akhirnya Ifran meninggal karena komplikasi) Mei 4, 2009

Posted by ekojuli in PRIVATE.
Tags: , , , , , ,
trackback

UPDATE: (supaya tidak menjerumuskan, maaf Judulnya, saya revisi)

SAHABAT SAYA SEMBUH MEMBAIK KONDISINYA DARI PENYAKIT GAGAL GINJAL TANPA CUCI DARAH

Irfan Hidayat

Irfan Hidayat

Ini cerita kelanjutan dari cerita saya sebelumnya, Sahabat dan Gagal Ginjal, yang saya posting tiga bulan lalu. Waktu itu dia dalam keadaan sakit yang lumayan sangat parah Karena di vonis dokter ginjalnya telah rusak, bahkan telah menjalar ke kerusakan hati, jantung, bahkan paru-paru…

Baiklah, saya mulai ceritanya. Ehm…!! (biar kaya pejabat2 klu mau ngomong, ehm dulu). Saya juga akan mengulang beberapa cerita yang tercecer dan tidak saya ceritakan dalam cerita sebelumnya.

Dalam perjalanan saya dari balikpapan ke Tenggarong, tiba-tiba HP saya berbunyi, Wah Irfan temen saya yang telfon. Irfan nih yang saya ceritakan di vonis gagal ginjal. Sudah hampir dua bulan saya nggak ada contacy dengannya. Dari suara yang terdengar saya agak lega, kelihatannya dia sudah membaik.

Dari ceritanya dia memang sudah membaik, bahkan jauh lebih baik. Tiga bulan yang lalu waktu saya jemput dia dari Samarinda menuju Bandara Sepinggan Balikpapan untuk diangkut ke Jakarta, dia kelihatan sangat pucat… (sebaiknya anda baca sini dulu sebelum melanjutkan;klu pengen tahu cerita tiga bulan lalu). Bahkan ada cerita yang terlewat dari cerita saya sebelumnya… Dia jatuh di depan loket Lion Air waktu akan terbang ke Jakarta. Waktu di bawa ke klinik penerbangan dokter malah melarangnya terbang karena sedemikian parahnya dia sakit. Nah lo… Klu dia ga boleh terbang bagaimana dia mau menjalani pengobatan, wong rumah sakit Umum Samarinda (AW Sahrani) saja sudah menyerah…!! Tapi, Irfan, sempat titip pesan ke saya untuk menyatakan salutnya, kepada awak kabin Lion Air yang membawanya saat itu. Dalam kabin dia “diperhatikan lebih ” oleh pramugari… (cieeee diperhatiin pramugari bro’). Pramugari terlihat siap siaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Saya jua sempet kaget ketika kemarin Irfan cerita dia di vonis dokterTIDAK AKAN BERTAHAN HIDUP LEBIH DARI SEBULAN…!! Toenggg…!!! Itu kata Dokter Kuncoro Rumah Sakit A W Syahrani Samarinda. Tentu saja Dokter berani memvonis umur, karena indikasi tertentu… Katanya, kerusakan ginjal ini sudah amat sangat parah. Darah sudah meracuni, hati, kena ke jantung, bahkan sampai ke paru-paru. Ketika saya melihatpun saya tahu bahwa dia memang sangat parah.
Dia diberi 2 alternatif untuk bertahan hidup: cuci darah atau cangkok ginjal. ufff pilihan yang sulit… Dia bisa bertahan (sampai sekarang) saya yakin itu karena semangat hidupnya yang luar biasa… Sekedar membuktikan, bahwa badan kita sangat dipengaruhi mental kita.

Sampai di Jakarta dia periksa di rumah sakit swasta terkenal di daerah Tanggerang ( namanya mmmm mitra husada (???) klu ga salah, saya kurang jelas ketika saya tanya nama rumah sakitnya). Di Rumah Sakit tersebut juga divonis yang sama, gagal ginjal amat sangat parah. Disana juga diberi alternatif yang sama… Cuci darah atau cangkok ginjal…!!!

Ada 2 orang dokter yang menanganinya, satu dokter sudah menyerah dan satu dokter lagi “terpaksa” mau mengawal pengobatannya. lagi-lagi karena semangat hodupnya yang luar biasa.

Tahu bahwa secara medis tidak banyak pilihan, irfan dan orangtuanya menempuh pilihan yang tidak ditawarkan oleh pihak medis, yaitu pengobatan alternatif (selain tetap kontrol secara medis). Ketika saya tanya pengobatan alternatif yang bagaimana, dia bilang ada 3 macam

1. Akupuntur

Dulu sebelum divonis gagal ginjal dia pernah menderita vertigo dan sembuh dengan pengobatan ini. Dia pun mencoba menempuh pengobatan ini lagi untuk penyakitnya yang sekarang.

2. Pijat Refleksi

Tentusaja refleksi dilakukan dengan memijat titik-titik tertentu di bagian tubuh yang dapat melancarkan sirkulasi darah dan membantu membuang racun, begitu katanya.

3. Pengobatan ala china (istilah Irfan sendiri)

Pengobatan ini yang menurutnya paling berpengaruh dalam kemajuan kesembuhannya. Namanya Ibu merry yang membantunya. Pertama menangani Irfan, Ibu merry pun “sebenarnya” angkat tangan juga, tapi (lagi-lagi) melihat semangat hidup yang demikian luar biasa, Ibu merry pun akhirnya bersedia menanganinya.

Cara pengobatannya, dengan “hanya” memegang (istilah irfan mengacak-acak) bagian-bagian tubuh tertentu (dia ceritakan dibagian punggung). Tetapi yang irfan rasakan sakit luar biasa ketika dilakukan pengobatan ini. Katanya, itu tergantung dari parah tidaknya sakit yang diderita.

Begitu semangatnya dia bercerita sampai dia ingin mengajak saya kesana untuk menyembuhkan penyakit saya jika ada. Karena pengobatan ini tidak hanya untuk gagal ginjal, tapi semua penyakit yang parah…!!!

Saya berpikir jangan-jangan kesembuhan yang irfan rasakan hanya placebo (hanya perasaan seolah-olah sembuh), maka saya bertanya bagaimana hasilnya menurut test medisnya???

Dia bilang, menurut tes medis, kerotin ( wah lagi-lagi saya tidak tau persis istilah kedokteran karena cuma dengar di telfon, untuk kadar racun dalam ginjal) dari awal 19,4 turun drastis menjadi 3 . Saya juga tidak tahu kadar normalnya berapa (Update: dari googling setahu saya kadar normal maksimal 1,3. CMIIW…)
Dia memberi gambaran bahwa ahli gizi yang ikut menanganinya pun terheran-heran dengan penurunan yang sangat drastis ini. Dokternya pun juga kaget dengan kondisi yang luar biasa ini. Allahu Akbar..!!!

Bahkan dari pihak medis, banyak pasien yang mengalami kasus serupa “dirujuk “ ke irfan. Ada yang datang ke rumah ada juga yang lewat telfon untuk menanyakan therapy yang Irfan jalani. Katanya, ada juga yang datang karena gagal ginjal dan kandungan kerotinnya 10, dia sudah kejang-kejang. Aku bisa bayangin gimana si Irfan yang kerotinnya 19,4 . Weih….

Btw anyway bus way… Gw salut ma Irfan, dia menghadapi vonis dokter dengan tenang, tidak ada akspresi kekecewaan, apalagi putus asa. Dia juga berjuang semampu dia… Sampai akhirnya kondisi membaik… Semoga terus membaik sobat… jadi ntar kita bisa jalan2 lagi…

Oh iya, gw juga udah ngomong ma dia… klu cerita ini bakal gw tulis di blog ini. Klu irfan sempet baca… Hi…. Sehat ya!!!! Dia juga titip pesen, klu ada pembaca blog yang kena sakit ky dia… dan udah berobat kemana-mana ga sembuh2… jangan nyerah… Dia juga terbuka barangkali ada yang ingin sharing tentang therapy yang dijalaninya… tinggalkan aja comment di blog ini, Insya Allah gw bantu hubungkan deh…

Update:
beberapa pembaca menginginkan alamat ibu merry, saya cobacantumkan “alamatnya” lebih tepat disebut ancer2… (informasi dari mas irfan, saya sendiri belum pernah tahu)

ini alamat ibu mery:
Dari Rumah Sakit Umum Tangerang, cari angkot (No. 04) untuk dipandu ke Kelurahan Kedaung Baru, Rawa Kucing,

Sampai di Kantor Keluaran Kedaung Baru, tanya (ke warga sekitar) pengobatan ‘Nci Merry.

prakteknya jam 6 – 10 pagi.hari rabu libur

UPDATE: (10 Mei 2009)

Update:

ada seorang pembaca yang menanyakan tentang seputar penyakit ginjal ini…

saya pernah posting beberapa minggu lalu yang juga dedicated buat sahabat saya ini. Coba buka tentang seputar penyakit ginjal.

UPDATE: (10 Mei 2009)

Beberapa pembaca telah telanjur saya share no HP sahabat sy ini. Tapi sampai tadi saya hubungi HP Irfan tidak aktif. Saya mohon maaf, ada cerita yang lupa saya ceritakan.

baiklah, lanjut…

Irfan waktu itu minta maaf karena selama pengobatan, (waktu parah duluuuuu), dia dilarang menerima atau menelfon. bahkan SMS. Kata dokter itu demi, menjaga mental dia, jangan supaya focus pada pengobatan, sampai mendapat pengaruh buruk dari si penelfon atau teman2 lain. Saya tanya, kok sekarang boleh telp? Dia bilang sekarang udah baikan kondisinya jadi saya menelpon teman2… dst….

Jika sekarang No HP tidak dapat dihubungi, saya minta maaf sekali lagi…. Bukan maksud saya memberikan informasi yang salah.

So? Jika, nomor yang anda hubungi tidak aktif… bla bla bla, cobalah beberapa saat lagi… (dengan gaya suara operator telkomsel)

UPDATE: 8/06/2009

Saya tidak tahu harus bagaimana saya menulis UPDATE kali ini. Kira-kira satu minggu yang lalu Irfan telfon SMS, minta ditelfon balik, (dia sedang sensitif… ingin ditelfonin, baiklah!!) dia bilang kondisinya sedang drop… dan saat ini dia kembali masuk rumah sakit. Kali ini karena keluhan lambungnya yang kena (juga). Sebelumnya saya sudah ceritakan bahwa Irfan tidak hanya kena Ginjalnya, tapi sudah menjalar ke hati, jantung, bahkan paru-paru… Parah sekali sodara…!!! ( sedih….)

Kemudian dua hari yang lalu… handphone saya berbunyi, tertera nama Irfan di layar. Tapi Deg….!!!! Ketika yang saya dengar bukan suara Irfan di seberang sana. Kekhawatiran saya sedikit mencair, ketika diseberang handphone dialihkan ke Irfan. Kembali saya deg-degan, karena terdengar suara Irfan lemahhhh sekali…. Dia mengatakan tubuhnya drop luarrr biasa… Dia sudah keluar dari Rumah Sakit, karena RS sudah tidak tahu berbuat apa.

Meskipun nada optimis masih terdengar, tetapi dia dia juga mengucapkan kata-kata maaf, dan sebagainya… seandainya umurnya tidak panjang lagi. Sya sungguh tidak bisa berkata-kata. Sungguh perjuangan panjang yang luarbiasa.. dia sudah mengalahkan, VONIS dokter 1 bulan (sekarang sudah 6 bulan). Saat ini dia masih berjuang, RS tetap menyarankan untuk cuci darah sebagai jalan terakhir. Tetapi biaya menjadi kendala utama. Terus berusaha semampu badan, menyusuri terus takdir. Semoga yang terbaik bagi engkau sahabat. …

Terakhir saya menelpon dia kemarin (07/06/2009) kondisinya masih sama, sangat lemah. dia menyahut hallo, dan dia bilang dia benar-benar lemah saat ini , bahkan untuk mengangkat tangannya. (yang saya dengar untuk berkata-kata pun terdengar susah payah). Dari pembicaraan adiknya saya tahu, kondisinya masih sangat parah…

Semoga engkau mendapat yang terbaik sahabat…

UPDATE, 15 JUNI 2009

Jam 22.30 SMS masuk ke HP saya. Tulisannya padat singkat dan mengejutkan,

Innalillahi wainailaihi roji’un, Jam 19.45 irfan telah neninggal dunia di sukabumi jw barat.

sebenarnya kabar ini tidak sangat mengejutkan bagi saya, karena seminggu sebelumnya saya sudah sempat di telpon irfan, yang intinya dia mau “pamit” sama saya karena “sudah tidak kuat lagi”… suaranya terdengar sangat lemah waktu itu…

meski “tidak cukup mengejutkan” , saya cukup tercekat, speechless, sungguh rahasia umur ada di tangan Allah. Sahabat saya yang sebulan sebelumnya mengabarkan kepadfa saya bahwa kondisinya membaik… beberapa minggu terakhir menurun drastis.

Komplikasi penyakitnya (sudah menjalar ke hati, jantung, paru-paru) menyebabkan sangat sulit melakukan teraphy.

Akhirnya… selamat jalan sahabat… semoga engkau tenang dialam sana. Kami yang ada disini, hanya menunggu antrian untuk menyusul engkau. Semoga sisa umur yang ada bisa kami pergunakan untuk memperbanyak bekal di akhirat nanti.

Untuk pembaca, blog ini… saya mohon maaf tidak dapat lagi berbagi No HP mas Irfan. Untuk yang sudah terlanjur saya bagikan, tulisan ini sekaligus sebagai pemberitahuan tentang kondisi sahabat saya terakhir.

update, seorang pembaca menulis koment ini:

Salam kenal Mas Eko, nama saya Ria… turut berduka cita atas meninggalnya mas Irfan..sy pengen berbagi cerita.. Kebetulan ibu mertua saya juga gagal ginjal setahun yg lalu dan sampai saat ini masih melakukan cuci darah…beliau tinggal bersama kami d jakarta sejak divonis gagal ginjal sejak awal jan’09 dan alhmd sampai saat ini kami berusaha utk memberikan yg terbaik…tapi sdh satu minggu ini ibu plg kembali ke rmhnya di kudus… beliau merasa kondisinya mulai membaik, memang sy lihat kondisi kesehatan beliau berkembang pesat… yg tadinya pake kursi roda skr sdh bisa jalan2 di mall…sudah tdk sesak lagi..skr sdh bisa melakukan hobinya yaitu memasak (senang juga bs makan masakan ibu mertua :p).. dan insya Allah rencananya tahun depan ibu ingin menunaikan ibadah Haji… makanya beliau ingin plg ke kudus utk mempersiapkan hajinya… ditambah lagi dari hasil cek darah hari jumat (11 Des’09).. ureumnya 53, padahal awal ibu divonis gagal ginjal ureumnya mencapai 400… sedangkan ukuran normal manusia yg sehat itu ureumnya dibawah 40… alhmd mas… saya sangat senang banget….saya yakin klo kondisi ureum ibu bs bertahan seperti itu.. bisa2 ibu sdh gak cuci darah lagi.. memang benar keajaiban itu ada… walaupun dari segi ilmu kedokteran penyembuhan cuci darah itu gak bisa disembuhkan.. apalagi ibu awal divonis kt dokter fungsi ginjalnya tinggal 4% (karena ureumnya mencapai 400)… sebenarnya sjak bln maret saya memberikan ibu produk kesehatan (propolis, produk lebah tp bukan madu, alami) mgkn sblmnya mas Eko pernah mendengarnya? sy diberi info dari sepupu sy dan memang sdh pernah ada yg sembuh gagal ginjal..itulah yg saya rutin beri ke beliau sampai saat ini… 5 bln terakhir obat2an dari dokter sdh tdk pernah diminum seperti ( norvask, motilium, pariet, caco3,dalfarol dan 4 macam obat lainnya).. krn saya yakin kapan ibu bisa sembuh ginjalnya klo dikasih obat2kimia terus.. dan takutnya nanti bisa komplikasi ke organ tubuh lainnya..makanya, saya pengen berbagi cerita bahwa penyakit manusia itu sebenarnya pasti ada obatnya…dan yg menentukan sembuh atau tdknya itu Allah.. apalagi ternyata di semua kitab suci termasuk Al-Qur’an ada yg menjelaskan ttg lebah dan propolis itu ternyata ada di al-Qur’an surat An-Nahl ayat : 68,69..itu juga yg membuat saya yakin…..benar mas manusia tinggal berusaha, berdoa dan sabar..trmksh mas.. Semoga cerita saya ini bisa bermanfaat dan bisa memotivasi utk org yg kena gagal ginjal dan keluarganya..amiin…Salam.. ,

About these ads

Komentar»

1. agung - Mei 4, 2009

Thanks berat atas infonya…

Btw saya bisa menanyakan beberapa hal??

1. Apakah gejala2 gagal ginjal?
2. Apa aja penyebab gagal ginjal?
3. Bagaimana pencegahan gagal ginjal?

Terimakasih banyak sebelumnya…

2. Billy Koesoemadinata - Mei 4, 2009

wah..wah.. ternyata semangat dan juga tekad untuk sehat, lebih kuat dibanding penyakit itu sendiri..

hebat..

3. feeds.bloggerpurworejo.com » SAHABAT SAYA SEMBUH DARI GAGAL GINJAL TANPA CUCI DARAH - Mei 4, 2009

[...] SAHABAT SAYA SEMBUH DARI GAGAL GINJAL TANPA CUCI DARAH Filed under: Uncategorized — @ 5:51 am [...]

ekojuli - Mei 5, 2009

@ mas agung
beberapa pertanyaannya sudah di update di post tuh..

@ billy
iya mas bill… saya aja salut ma dia… belajar banyak dari dia.

4. Mega - Mei 5, 2009

saya ada beberapa pertanyaan:
1. bgmn cara penyembuhan ibu merry apakah pake obat
2. dimana alamat ibu merry
3. apakah yg sudah menjalankan cc drh bisa diobatin oleh ibu merry

terima kasih bnyk sebelumnya

no hp sent by @mail

ekojuli - Mei 5, 2009

@ mbak mega

menurut cerita mas irfan, cara penyembuhannya dengan “tenaga dalam” . teknisnya sudah saya jelaskan di blog.
yang sudah cuci darah menurut ceritanya juga bisa mbak…

alamat ibu merry mending langsung tanya sama sahabat saya itu…

no telp mas irfan, gimana kalau saya kirim via email? atau via sms? ada no hp mbak mega?

5. Johanna - Mei 5, 2009

Mas, mamaku juga gagal ginjal. Boleh aku minta ? . Thanks

boleh sis, no hp aq kirim ke email

6. faris - Mei 6, 2009

bos, minta alamat pengobatan alternatifnya dong, soalnya bokap gw juga gagal ginjal udah parah bos, thanks..

saya kirim via email mas….
emailnya bener kan nih… wekekek
semoga membantu

7. savitri - Mei 8, 2009

mas,,,terima kasih atas infonya sangat berguna sekali karna kebetulan kaka saya juga mengalami kegagalan fungsi ginjal dan sudah cuci darah 3kali, tapi sekarang dia gak mau cuci darah lagi karna katanya sakit sekali…
tolong mas minta alamat pengobatan alternatif yg teman mas jalankan….
terima kasih…Vity

no hp sent via @mail, Sis!
semoga membantu

8. savitri - Mei 9, 2009

mas ini no hp fleksinya kaka saya yg sakit 02144583810 atau e-mail ke dewi_vity@yahoo.com…tolongnya mas secepatnya…terima kasih….

maaf sis, sy barusan hubungi HP nya emang lag gak aktif. Coba lah lain kali. Barangkali Irfan lg teraphy. kenapa? saya sudah update di tulisan diatas

maaf, sy ga tau tempat atau alamat lokasi pengobatan mengingat saya cuma diceritain via telp.

lagi pula (walaupun dia katakan lokasinya) saya juga tidak tau lokasi di jakarta karena saya tinggal di balikpapan :P.
–tapi kebetulan hari ini saya sedang di jkt nih

9. savitri - Mei 10, 2009

mas saya sudah coba telp mas irfan tapi susah banget ya nyambungnya….tolong mas bisa gak tempat pengobatanya di e-mail kesaya…..tuhan bales kebaikan mas eko.Amin

10. Dwiyono Andriyanto - Mei 14, 2009

Mas Eko, kenalkan saya Dwiyono. 36 tahun, Sragen, Jateng. Saya menderita gagal ginjal sudah 1 tahun, dan harus cuci darah rutin.
Saya sangat membutuhkan informasi tentang temene njenengan (mas Irfan). Tolong njenengan SMSkan ke nomor saya 081329708003 atau ke email tanpo_tetenger@yahoo.com

no hp sent to your HP

11. Yola - Mei 15, 2009

Mas Eko,
Bapak saya baru saja divonis gagal ginjal dan harus cuci darah seminggu 2x. Mohon bantuan mas untuk share alamat ibu merry dan no hp mas irfan. Mas bisa sms ke 0812-9462-579 ato email ke ariyol4@yahoo.com. Terima kasih sebelumnya. Jazakallah…

sent sist…!!! senang bisa membantu…!!!

12. shofa - Mei 15, 2009

maaf saya bisa tau pengobatan/terapy unt ginjal d mna yang mas irfan????
untuk ibuku yg lg sakit ginjal..
tolong smsn k 085220029910

no hp irfan sent, sist!! senang bisa membantu

13. bowo - Mei 16, 2009

halo mas, menarik sekali ceritanya, boleh minta alamatnya ibu merry? Terima kasih banyak sebelumnya mas irfan. :)

mas bowo, saya terus terang ga tau alamat pengobatannya. tapi anda bisa menghubungi sahabat saya tersebut. informasi saya kirim via email. silakan diperiksa inbox emailnya

14. johanna - Mei 16, 2009

mas masih hidup ga
kok belum kirim email

maaf sist, saya kayanya udah kirim via email
silakan di cek ke inbox emailnya.
Insya Allah saya kirim lagi secepatnya

15. Fikri - Mei 17, 2009

mas, aku bisa minta info lengkap tentang ibu merry ????
ibu saya pasien CRF/HD….
ini no contact saya: 085697647313/02133867749

terimakasih…..

information sent mas fikri

16. Tin - Mei 18, 2009

mas irfan,

tolong di email ke saya pengobatan alternatif tersebut. Ayah saya juga kena gagal ginjal. trims sebelumnya

email sent

17. jeffreywinmart - Mei 19, 2009

ini pengalaman sahabat saya. setelah medis angkat tangan, bahkan memvonis umur tinggal 1 bulan, dia malah sembuh dengan pengobatan alternatif.

simak ulansannya di: http://bio-mineral.com/blog/cuci-darah-hemodialisa/

yuk mariiiii

18. yayu - Mei 20, 2009

Mas Irfan, Alhamdulillah disaat saya sedang bingung pengobatan apa yg harus saya lakukan terhadap ibu saya, saya menemukan cerita dr mas Irfan. Ibu saya menurut dokter harus sudah menjalankan HD tp saya masih berusaha mencari alternatif yang lain. Mohon bantuannya mas Irfan untuk dapat memberikan informasi dimana alamat ibu merry atau no contact yg bisa saya hubungi untuk dapat informasi lebih lanjut. Atas bantuan mas Irfan saya ucapkan terima kasih. Semoga Allah membalas segala kebaikan mas Irfan. bisa jg mel email ini ph72blog@gmail.com

maaf sist, saya bukan irfan lohh. Saya Eko, Irfan adalah sahabat saya yang sembuh dari gagal ginjal. Untuk tempat pengobatannya silakan langsung menghubungi sabahat saya itu. Nomor telp sent to your email address. semoga membantu

19. Himawan - Mei 21, 2009

Mas eko, tlg dunk. Minta alamat pengobatan ibu merry. Soalny ibu saya di blg ada kelainan ginjal. Email saya wankit_keren@yahoo.com.
Trims, himawan

silakan langsung menghubungi, sahabat saya mas. # telp sent to your email

20. Himawan Setiadi - Mei 21, 2009

mas eko, minta alamatnya ibu merry dunk. tolong kirimin ke email saya wankit_keren@yahoo.com.

Trimakasih
Himawan

sent bro

21. andy - Mei 21, 2009

tolong di sms or di email no telp mas irfan agar bisa memberi info tentang pengobatan bu merry.thanx

sent bro

22. IWAN - Mei 21, 2009

mas tolong alamat n no telp ibu merry…pacar saya kena gagal ginjal dan kata dokter harus cuci darah bulan depan…tolong info secepatnya mas sms ke 085648557551 ato email ke iwan_jc@yahoo.com

sent bro

23. lia - Mei 22, 2009

Mas minta informasinya ya..no telp mas irfan ato email n tmpt pengobatannya.thx

terkirim di email sist,

24. yayu - Mei 22, 2009

Mas, aku sdh coba hub mas Irfan tp hp tidak diangkat n sms jg belum di respons. Ada cara lain untuk bs berhub dg mas Irfan? Thanks

25. yayu - Mei 23, 2009

Siang mas Eko, Alhamdulillah sms saya sudah direspons oleh mas Irfan. terima kasih ya mas..

26. yurena - Mei 23, 2009

mohon sms no hp mas irfan ke 08125401850 adik temen saya mengalami gagal ginjal yang harus cuci darah seminggu dua kali mas. trims

massage sent

27. arief - Mei 24, 2009

mas aq arief,minta no hpnya..biar lebih tahu caranya…thanks

sent bro

28. Heru - Mei 25, 2009

Terima kasih atas infonya Mas,
Saya yakin banyak sekali masyarakat yang membutuhkan info ini.
Rekan saya juga mengalami gagal ginjal dan sudah cuci darah.
Mohon dapat diberikan info nomornya Mas Irfan ke e-mail saya : he_purnomo@yahoo.com atau ke : 08174963133.
Terima kasih sebelumnya.

sent to your email pak heru…

29. karunia happy - Mei 25, 2009

mama saya juga di vonis gagal ginjal dan harus cuci darah…minta nomer telpnya supaya saya bisa lebih tau caranya pak…thanks..

sms ke 08561003819

ikut perihatin dengan kondisi mama nya sist, silakan langsung telp mas irfan nya. sms sent email sent…

30. SAHABAT DAN GAGAL GINJAL « EkoJuli - Mei 25, 2009

[...] alhamdulillah sahabat saya, tiga bulan setelah posting ini sudah membaik. Saya sudah menuliskannya pada posting yang lebih baru… Simak:  Sahabat Saya Sembuh dari Gagal Ginjal tanpa Cuci Darah [...]

31. Peter Hans - Mei 25, 2009

mas eko bisa minta no hp mas irfan, terlebih lagi alamat bu merry dan juga no tlpnnya.. tq ya sebelumnya..

terkirim mas…. peter
senang bisa membantu

32. rio - Mei 29, 2009

sy minta tolong info pengobatan alternatif bu meri (lokasi dan alamatnya)dan juga hp mas irfan, tq.

terkirim ke email mas

33. agus - Mei 29, 2009

mas, ibu sy jg kena vonis cuci darah 2x sminggu…mohon dkirimkan no mas irfan…
ni no sy 081808120477
makasih y sblmny…

message sent bro

34. Dedy - Mei 29, 2009

saya salut sama mas irfan atas kemauan yg kuat untuk sembuh..perkenalkan mas adik saya 24 th,divonis dokter gagal ginjal sekarang cuci darah tiap minggu..saya tertarik mencoba teraphy ibu merry,mohon info nya mas..no hp saya 081392259555,sebelumnya trima kasih..

monggo di coba. massage sent

35. [KESEHATAN] Gagal Ginjal, Kenali Tanda-Tandanya « EkoJuli - Juni 1, 2009

[...] [KESEHATAN] Gagal Ginjal, Kenali Tanda-Tandanya April 16, 2009 Posted by ekojuli in private. Tags: gejala gagal ginjal, kerusakan ginjal, tanda-tanda gagal ginjal trackback Membaca Artikel Tentang gagal Ginjal jadi Inget sahabat saya yang kena Gagal Ginjal. Coba Simak Perjuangan Hidupnya disini. Baca Juga Kesembuhan Sahabat Saya yang telah di vonis Umurnya tinggal 1 bulan lagi  disini. [...]

36. didi - Juni 1, 2009

mas eko, saya didi, mohon informasi hpnya mas irfan ya, mohon kirimkan ke 081807318141 ato email di2_aja@yahoo.com

semoga amal baik mas eko dan mas irfan dibales oleh Allh SWT…amin

sent bro. semoga membantu.

37. Aldi - Juni 1, 2009

Mas minta informasinya ya..no telp mas irfan ato email n tmpt pengobatannya, thx email ke man_jkt@yahoo.com, thx

sent bro. semoga cepat sembuh, bagi yang sakit

38. Fransisca - Juni 1, 2009

sespupu saya sedang menderita penyakit ginjal. dan dokter menyarankan untuk cuci darah. dan kekurangan sel darah putih. jadi di rumah sakit dia sering ngomong sendiri dah kaya orang waras..pertanyaan saya, apakah mas irfan mengkonsumsi makanan organik produk melilea??

setau saya, teman saya itu bukan menggunakan produk melilea, tetapi tempat pengobatan yang dikelola ibu meli.

39. nana hastuty - Juni 1, 2009

mas eko, saya minta tolong untuk no.telp/hp dari mas irfan
karena kakak saya telah cuc1 darah satu minggu 2 x.
terima kasih atas infonya mas.


terkirim ke email sist, silakan cek lemari suratnya

40. nana - Juni 1, 2009

mas eko, saya minta tolong no.telp/hp dari mas irfan
karena kakak saya telah cuci darah 2x seminggu
terima kasih atas infonya mas.

sent sist, semoga membantu

41. Yantiwan - Juni 2, 2009

Mas Eko tolong dong alamatnya ibu merry, bapak mertua saya divonis cuci darah oleh dokter.saat ini masih dirawat di RS. kami pihak keluarga belum setuju untuk bapak cuci darah.Mohon info secepatnya. N klu ada no hp mas Irfan.Semoga kami menemukan jalan yg terbaik.Amin.

email sent

42. Pandji - Juni 3, 2009

maaf saya bisa tau pengobatan/terapy unt ginjal d mna yang mas ????
Ini untuk ibuku yag sakit gagal ginjal
Mohon bantuannya, smskan ke hp saya ya di 08128322624 atau sandokan1977@yahoo.com. Terima Kasih.

terkirim di email mas pandji

43. Kania - Juni 3, 2009

Aku juga mau mas info tentang pengobatan alternatifnya ibuku divonis dokter gagal ginjal & harus cuci darah seumur hidup.

terkirim ke email sist

44. intan - Juni 3, 2009

ass.wr.wb…
mas eko, teman saya kena gagal ginjal.umur masih 26 tahun cuci darah 2 minggu sekali… boleh dong saya minta tolong juga…
mohon bantuannya donk..
sms kan ke no hp saya 085752353678…
atau melalui email b_van87@yahoo.co.id
mohon bantuannya yuahhh…
sampaikan salam saya buat mas irfan..
terima kasih

semoga ALLAH membalas semua kebaikan mas eko n mas irfan…amin
wassalam…

insya Allah. Amien….
massage sent sist…

45. mansz - Juni 5, 2009

mas eko boleh sy tau alamat terapi nya, ada paman kena gagal ginjal juga nech tolong ya

sent sist

46. ayu - Juni 8, 2009

mas eko, ayah saya 5 bulan yang lalu meninggal karena gagal ginjal dan sekarang pak de ( kakak ayah ) juga di vonis terkena gagal ginjal dan harus cuci darah,tapi beliau menolak untuk hd karena trauma melihat ayah saya sewaktu cuci darah dulu…
mas, mohon bantuannya di imel ke saya, nomor hp mas irfan semoga dapat membantu pa de saya….. ayoe1212@yahoo.com

terima kasih sebelumnya mas eko….

info sent

47. Tisa - Juni 9, 2009

Mas Eko, mama ku 2x dalam seminggu cuci darah.. aq ga tega ngeliatnya.. jd mohon bantuannya bgt untuk share no hp mas irfan yah mas.. makaseh bgt loh mas… Norpratisa@yahoo.co.id

SENT SIST

48. kustono - Juni 9, 2009

Siang Mas Eko,

Kami sangat mengharapkan bantuan mas eko untuk penyembuhan penyakit gagal ginjal saya. mohon bisa si smskan atau diemailkan ke alamat saya di 08125536556 atau ke kustono@pamapersada.com
Semoga amal ibadah mas eko diberikan pahala yang setimpal dari Tuhan YME. Amien

sent pak..

49. fitri - Juni 9, 2009

ass. mas.. stlong krimkan alamatnya yg lengkap mas, sy disulawesi, bpk sy menderita gagal ginjal jg..

sent

50. heny - Juni 9, 2009

Ya Gusti, ternyata banyak sekali orang yang kita sayangi kena gagal ginjal…terima kasih mas eko sudah menjadi penyambung tangan-Nya, saya juga minta informasi Hp teman mas itu karena ibu saya juga sudah capek 1th cuci darah. Gimana kalo teman mas itu dibantu buatkan blog utk pengalaman emasnya ini, saya yakin akan sangat membantu banyak orang. Baik, saya tunggu ya. Tks, Gbu.

terkirim

51. iwan - Juni 9, 2009

terimakasih… ini merupakan motifasi emas bahwa gagal ginjal bisa sembuh… mudah2an gak lama lagi kami kirimkan email bahwa istri sy juga sembuh dari sakit gagal ginjal yg skrg diderita.

mudah2an pak… hanya ikut mendo’akan pak…

52. bhakti - Juni 10, 2009

Hai Mas…

Bisa tolong kirim info untuk pengobatannya, alamat Ibu Merry, akupuntur, dll

Temenku udah cuci darah terus seminggu 3 kali

Tq

sent

53. Tisa - Juni 10, 2009

MAS EKO, STILL WAITING NEH NO HP MAS IRFANNYA…
TKS.

sent ke Norpratisa@yahoo.co.id, klu belum terikim mohon kasih kabar kembali. tq

54. Hendra Novian Permana - Juni 11, 2009

Sy Hendra dari tangerang,udah 2 bulan yang lalu saya kena gagal ginjal dan menjalankan Cuci darah (Hemodialisa)… tolong dong,kasih tau pengobatan alternatifnya? coz saya udah coba semua alternatif dan termasuk minum obat cina. karna saya tau tu semua cuma cara… hanya allah swt yang bisa menyembuhkan!!!

55. laho - Juni 12, 2009

Mas…bokap saya juga lagi kena sakit ginjal.. tolong mas info alamat Ibu mery dan no telp ms. irfannya thanks….email saya lahojack@yahoo.com

sent ke lahojack@yahoo.com

56. andri - Juni 15, 2009

Mas Eko… ayah saya terditeksi sakit ginjal.. mohon infonya juga mas.
Tolong minta alamta ibu merry dan no telp Mas Irfan juga yach.
Semoga melalui blog ini banyak orang yang tertolong dan terberkati

sent ke andri_mt@yahoo.com

57. himawan setiadi - Juni 17, 2009

alamat nya ibu merry :
di tangerang. menuju RSU tangerang trus rute angkot 04 ke arah Rawa kucing. trus ke kantor kelurahan Kedaung baru. trus tnya orang2 udah pada tau rumah nya ibu merry. Prakteknya pagi senin, selasa, kamis, jumat, sabtu, minggu jam 6 pagi sampai jam 9 pagi.

Semoga bisa membantu. Trims…

ekojuli: acc

58. awan - Juni 22, 2009

Mas Eko dan Mas Irfan.
Apa betul alamat ibu Merry yang disampaikan oleh Mas Himawan Setiadi didaerah tangerang..? dan terima kasih juga untuk Mas Himawan Setiadi atas informasinya, mudah-mudahan bisa membatu untuk orang-orang yang sangat membutuhkannya. Terima kasih…

benar mas… bila berminat silakan coba menghubungi alamat terlampir

59. himawan setiadi - Juni 25, 2009

sama2… sesama manusia kan mesti saling bantu. semoga bermanfaat. Alamat yg saya tulis diatas bener koq…

alamat seperti yang tertulis di tempat mas wawan di comment diatas

60. Putra Prayogi - Juli 8, 2009

innalilahi waina ilaihi rojiun…..
selamat jalan kawanku….
smoga hari-harimu menyenangkan disana….
smoga Allah SWT menempatkanmu ditempat yg terbaiknya…….

Amiiieennn……..

Putra dan seluruh teman-teman yang di bontang – Kaltim

insya Allah… Amien…!!!

61. Andyka Putra A - Juli 9, 2009

mas, tolong info saya tentang pengobatan ibu merry, saudara saya divonis gagal ginjal. tolong kabari secepatnya, terima kasih
HP. 08170909390

sent ke email bro

62. yetty - Juli 10, 2009

mas…..masalah saya sama dg teman-teman yang pernah email ke mas.
tolongin ya mas….informasinya mengenai ‘nci Merry. Bisa di email atau sms di 0858 5088 2229

sent sist

63. irsyad oshare - Juli 17, 2009

hi…
gw irsyad dari medan, gw mau nanya seputar gagal ginjal karena saat ini papa saya sedang menderita penyait tersebut…
dan kemarin doketr menyarankan untuk cuci darah tapi kami belum memberi izin untuk dilakukan cuci darah tsb. karena kami takut nnti jadi ketergantungan…
jadi kalau boleh saya ingin meminta no teman anda yang bernama irfan…
tolong kirim k email saya….
sebelumnya saya ucapan terima kasih

64. irsyad oshare - Juli 17, 2009

sory lupa kirimnya ke

08126365523

atau

oshare_kai09@yahoo.com

65. kino - Juli 30, 2009

Mas yth, saya mhn supaya saya dikasih alamat pengobatan alternatif untuk penyakit gagal ginjal yang berlokasi dijakarta ya, yrimakasih saya tunggu jawabannya.
mhn jawaban dikirim ke e-mail saya suki_kino@yahoo.com

alamat ada di posting ini

66. riyansleman - Agustus 11, 2009

Selamat jalan…

67. herma wardhany - Agustus 13, 2009

Mas, adek sy umur 14thn sdh setahun ini creatininx meningkat trs…di diagnosa gagal ginjal tp sy sdg berusaha keras agar tdk sampai cuci darah.mhn info almt pengobatan alternatifx…trims

alamat ada di posting ini sis… coba di baca ulang

68. bagas - Agustus 24, 2009

Mas tlg kirim alamat bu merryke email saya donk.kelihatannya saya perlu kesana dech.trims

69. abraham - September 4, 2009

saya juga kena masalah ginjal mas, tolong donk alamat & tilpunnya Bu Merry
thx ya mas

70. Matt - September 7, 2009

Ternyata banyak juga yang kena masalah ginjal, ikut haru mas membaca tulisannya…

Free Donwload Expert Advisor

71. Rizky - September 11, 2009

apakah orang yg menderita gagal ginjal,sudah melakukan pencakokan ginjal..

dia akan sembuh dengan tota?
terima kasih..

72. Rizky - September 11, 2009

mas tolong krimin alamatnya bu merry..

alamat email:noself_controls@yahoo.com

trima kasih..

sent

73. lina - September 17, 2009

sahabat mas sungguh orang yang sangat luar biasa, motivasi hidupnya tinggi, Usia itu ditangan Tuhan, tapi bagaimana caranya mengisi sisa hidup apalagi dalam kondisi sakit itu yang paling penting kita lakukan. ibu saya sedang mengalami gagal ginjal juga, sudah harus cuci darah, cuma kami sekeluarga masih mencari pengobatan alternatif, mohon kirmkan alamat dan no. telp nci merry ke alamat email saya, mudah2an ibu saya masih dapat tertolong.

sent sis

74. Berita Indonesia - September 25, 2009

Mudah-mudahan pengalaman ini bisa memberi inspirasi bagi semua orang

75. ariega rasyid - September 28, 2009

luar biasa mas….
semoga Alhmarhum Tenang di Sana…
.
.
sebetulnya ayah saya juga gagal ginjal dan tidak cuci darah karena beliau tidak mau…sudah hampir sbulan diet ketat namun kreantin hanya turun sedikit, memang dokter sudah veto untuk cuci darah atau cangkok
.
saya mohon info tentang ncy merry kalo ada no telp nya mas dan tusuk jarum mas irfan almarhum dulu berobat
.
sedianya dapat kirim ke e mail saya
.
terima kasih banyak untuk mas dan keluarga…

76. Eli J - Oktober 14, 2009

Ass,

Mas eko mohon untuk dikirimkan no. hp Mas Irfan,Bapak saya di vonis gagal ginjal dan harus HD tp bapak saya ga mau….tolong di smsin ke no. 085210584958

Wass,

77. suhardi - Oktober 16, 2009

Dik Eko yang baik, kalau saya boleh tahu kira2 biaya berobat di Ibu Merry berapa ya, maaf saya nanya tentang ini berhubung situasi dan kondisi saya saat ini. Terima kasih banget atas infonya, semoga Tuhan membalas yang lebih baik.

pak suhardi yang budiman, mohon maav sekali… saya tidak sempat menanyakan kepada mas irfan tentang biaya…
tapi dari pembicaraannya sih kelihatannya tidak mahal

78. intan - Oktober 22, 2009

Innalillahi wainailaihi roji’un, Jam 19.45 irfan telah neninggal dunia di sukabumi jw barat.,,,,,,
thengkyu mas eko atas info nya…
@ mas irfan,, selamat jalan Kawan Moga Tenang di Sisinya….. amin,,,,,,,,,,, buat yang lain janagan patah semangat yuah,,, semangat,,,,,,,,,,, jah blessfull All….
info yang dah agak membaik tolong sharing juga ke saya via tlpon 0857 52 35 36 78.

79. susan - November 2, 2009

Mas blh g aku minta no hp ncy mery n’ no tlp tmp mas irfan di akupuntur kl bs alamat nya jg (akup),soal nya ibu ada skt ginjal.tks

silakan dibaca lagi sampai selesai… ada tuh alamantnya nci merry

80. Bachtiar - Desember 2, 2009

mas eko saya tinggal di surabaya dan ayah saya sudah menjalani cuci darah 2X..
tapi beliau tidak mengendaki untuk cuci darah

bu mary ada no hp nya ga?

saya sangat mengaharap blsn mas eko?
thnx…!

wahhh mas sampai mas irfan meninggal sy ga pernah dapat no hpnya bu merry nih
maav

81. ira - Desember 4, 2009

boleh minta alamat dan no tilp. ibu Merry?

mbak ira, mohon maaf saya tidak punya no telp ibu merry
klu alamat silakan baca kembali tulisan diatas sampai selesai…
ada tuh ancer2nya

82. ilham - Desember 7, 2009

mas eko salam kenal…mas saya butuh alamat yang jelas Nci Merry kalo bisa kirim ke email saya. soalnya ibu saya divonis dokter gagal ginjal, dan harus cangkok ginjal, ibu saya juga banyak penyakit lainnya salah satunya penyempitan saraf belakang sudah 5 tahun tidak bisa berjalan (lumpuh) apakah pengobatan di ibu merry juga bisa menangani masalah penyakit tersebut,thanks….ilham_ip2@yahoo.com

ada tuh di posting ini… coba baca sampai selesaii

83. ilham - Desember 9, 2009

mas eko saya kemarin malam sudah ketempat ibu merry tapi saya belum ketemu dengannya, maaf maasa saya mau tanya kira2 berapa kali pertemuan sahabat mas eko sudah mulai membaik? dan satu lagi mas saya mau tanya berapa kisaran biaya yang harus dikeluarkan? biar saya tahu mas? thanks atasa info nya semoga kebaikan mas eko dibalas ganjaran pahala yang setimpal…

sampai sahabat saya meninggal, saya tidak pernah tahu berapa biaya berobat ke ibu merry, tapi setahu saya sihhh (ini asumsi saya) tidak terlalu mahal
berapa kali berobat kesana membaik: kalau tidak salah sekitar tiga kali pertemuan membaik… wallahu a’alam

84. ayudya - Desember 10, 2009

Mas eko sy tlg diemail ttg pengobatan alternative bu merry … Ato sy bs menghubungi siapa untuk info ttg gagal ginjal . Trima kasih byk …

ini alamat ibu mery:
Dari Rumah Sakit Umum Tangerang, cari angkot (No. 04) untuk dipandu ke Kelurahan Kedaung Baru, Rawa Kucing,

Sampai di Kantor Keluaran Kedaung Baru, tanya (ke warga sekitar) pengobatan ‘Nci Merry.

prakteknya jam 6 – 10 pagi.hari rabu libur

85. cei - Desember 14, 2009

siang mas,

pacar saya juga gagal ginjal.. tapi dia tidak mau cuci darah… sekarang sedang menjalani pengobatan alternatif di probolinggo.. tapi setiap habis pengobatan dia sering kesakitan dan demam.
dia tinggal di surabaya. apakah bu merry punya cabang di surabaya?
terima kasih

setau saya nggak ada mbak

86. Ria - Desember 14, 2009

Salam kenal Mas Eko, nama saya Ria… turut berduka cita atas meninggalnya mas Irfan..sy pengen berbagi cerita.. Kebetulan ibu mertua saya juga gagal ginjal setahun yg lalu dan sampai saat ini masih melakukan cuci darah…beliau tinggal bersama kami d jakarta sejak divonis gagal ginjal sejak awal jan’09 dan alhmd sampai saat ini kami berusaha utk memberikan yg terbaik…tapi sdh satu minggu ini ibu plg kembali ke rmhnya di kudus… beliau merasa kondisinya mulai membaik, memang sy lihat kondisi kesehatan beliau berkembang pesat… yg tadinya pake kursi roda skr sdh bisa jalan2 di mall…sudah tdk sesak lagi..skr sdh bisa melakukan hobinya yaitu memasak (senang juga bs makan masakan ibu mertua :p).. dan insya Allah rencananya tahun depan ibu ingin menunaikan ibadah Haji… makanya beliau ingin plg ke kudus utk mempersiapkan hajinya… ditambah lagi dari hasil cek darah hari jumat (11 Des’09).. ureumnya 53, padahal awal ibu divonis gagal ginjal ureumnya mencapai 400… sedangkan ukuran normal manusia yg sehat itu ureumnya dibawah 40… alhmd mas… saya sangat senang banget….saya yakin klo kondisi ureum ibu bs bertahan seperti itu.. bisa2 ibu sdh gak cuci darah lagi.. memang benar keajaiban itu ada… walaupun dari segi ilmu kedokteran penyembuhan cuci darah itu gak bisa disembuhkan.. apalagi ibu awal divonis kt dokter fungsi ginjalnya tinggal 4% (karena ureumnya mencapai 400)… sebenarnya sjak bln maret saya memberikan ibu produk kesehatan (propolis, produk lebah tp bukan madu, alami) mgkn sblmnya mas Eko pernah mendengarnya? sy diberi info dari sepupu sy dan memang sdh pernah ada yg sembuh gagal ginjal..itulah yg saya rutin beri ke beliau sampai saat ini… 5 bln terakhir obat2an dari dokter sdh tdk pernah diminum seperti ( norvask, motilium, pariet, caco3,dalfarol dan 4 macam obat lainnya).. krn saya yakin kapan ibu bisa sembuh ginjalnya klo dikasih obat2kimia terus.. dan takutnya nanti bisa komplikasi ke organ tubuh lainnya..makanya, saya pengen berbagi cerita bahwa penyakit manusia itu sebenarnya pasti ada obatnya…dan yg menentukan sembuh atau tdknya itu Allah.. apalagi ternyata di semua kitab suci termasuk Al-Qur’an ada yg menjelaskan ttg lebah dan propolis itu ternyata ada di al-Qur’an surat An-Nahl ayat : 68,69..itu juga yg membuat saya yakin…..benar mas manusia tinggal berusaha, berdoa dan sabar..trmksh mas.. Semoga cerita saya ini bisa bermanfaat dan bisa memotivasi utk org yg kena gagal ginjal dan keluarganya..amiin…Salam..

terimakasih sudah berbagi…
ijin koment saya qoute saya masukkan di posting
buat temen2 yang kehilangan harapan… ini lohhh ada harapan baru

87. zahrotun nuri - Januari 19, 2010

mas boleh minta no temenya ato bu mery
no ku 081384222861.tq

88. chacha - Januari 25, 2010

salam kenal mas eko n mba ria, senang sekali bs berbagi masalah gagal ginjal, utk mba ria aku mau nanya Propolis itu jenis obat apa n beli nya dmn? bgmn kondisi ibu mertua mba skrg? tq

89. Budi D - Januari 26, 2010

Salam kenal mas Eko dan Mbak Ria, saya Budi, sekarang ini saya lagi sedih bgt karena kakak saya divonis dokter gagal ginjal. Dokter menyarankan agar cuci darah, yang tentunya biaya yg hrs dikeluarkan besar sekali. Setelah baca ceritanya Mbak Ria, saya tertarik dengan jenis produk kesehatan ” Propolis “. Dimana saya bisa mendapatkannya ?? Berapa harganya ?? Ditunggu segera jawabannya ya Mbak Ria. Thx a lot.

90. Ria - Februari 5, 2010

@Chaca: Propolis itu produk lebah (air liur lebah, rasanya pahit sepat2)… fungsi propolis buat lebah utk mensterilkan makanannya (madu) di dalam sarangnya …karena propolis sifatnya ANTI VIRUS, ANTI BAKTERI, ANTI JAMUR dan ANTIBIOTIK ALAMI, ternyata yg dimaksud di dlm al-Qur’an (an-Nahl, ayt. 68 &69) maupun kitab suci lainnya, sebenarnya “OBAT BAGI MANUSIA” itu bukan madu, yg dimaksud adlh PROPOLIS. Propolis itu bukan Obat tapi sifatnya “Mengobati”…klopun tdk sakit aman dikonsumsi utk menjaga daya tahan tubuh.. beda sekali dengan obat2 dokter yg berbahan kimia… klo gak sakit berbahaya klo diminum.. apalagi klo sering2 diminum efeknya ke ginjal itulah salah satu penyebab “Gagal Ginjal” , knp sy yakin dgn propolis, krn referensinya adlah Allah sendiri… Propolis itu bkn buatan manusia tp memang sdh disediakan Allah di alam… tinggal manusianya aja yg berfikir…tp tetap Allah lah yg menentukan sembuh/tdknya penyakit..manusia hanya berusaha dan yakin..

Alhmd Kondisi ibu skr baik dan sehat… ureumnya antara 30-50…..kata dokter perlu bertahap utk mengurangi cuci darahnya.. aktivitas seperti biasa, pengajian, arisan dan ikut bimbingan haji buat thn ini…Insya Allah..Mohon doanya..

@mas Budi, sedih pasti mas… saya dulu juga seperti itu…tp harus optimis, yakin, berserah diri dan berusaha…dulu ibu mulai konsumsi propolis setelah melakukan cuci darah rutin selama 3 bln, br saya dpt info ttg propolis ini…. tp klo kedua ginjal sdh parah sekali dan ureumnya ratusan biasanya memang harus dpt tindakan cepat, itu seperti org yg sedang tenggelam yg harus cepat ditolong… Mudah2an sih gak parah ya mas..

Utk pembelian produk Propolis di Tebet Jakarta, harganya 550 rb (ada 7 botol isinya) bisa utk pemakain 3-4 bln.. alhmd bs menghemat juga..ibu skr sdh 7 bln gak minum obat2 dokter yg banyak itu..paling obat pegel2 aja.. krn biaya obat2nya mahal skali bs 1-1,5jt/bln… alhamd klo minum propolis, buang airnya banyak, tdk sesak, aktivitas biasa..Klo utk diluar kota ti coba saya tanya cabangnya…..klo mau hub saya di email: zuh_r14@yahoo.com

Trimakasih buat Mas Eko atas sarananya ini.. maaf ya mas panjang ceritanya.. ..
wassalm

silakan mbak

91. mariana - Februari 7, 2010

mas Eko minta no telp nya bu Merry donk,mama saya juga menderita gagal ginjal dan harus cuci darah 2x seminggu.tolong yah mas kirimin ke emailku d m_jauwari@yahoo.com.makasih ya mas..

92. Connie - Februari 7, 2010

@Ria : kalau begitu ibu mertua anda apakah masih harus cuci darah? Berapa kali dalam sebulan?

Jadi dengan kata lain, orang dg penyakit gagal ginjal tidak akan sembuh, tapi harus dijaga? Dan yang kita lakukan hanyalah untuk memperlambat?
Terima kasih.

93. Ria - Februari 10, 2010

To: Connie

Ibu mertua saya masih cuci darah rutin 2x seminggu, kami belum terlalu memikirkan cuci darah ibu apa bisa dikurangi karena baru 2 bln ini hasil cek darah beliau sangat baik, ureum 30-50 (dulu sampe 400), kreatin 3-5 (dulu 38), asam urat 1-2 (dulu 11), aktivitas dan kegiatan seperti org yg tidak sakit gagal ginjal. Pernah saya bertanya sama dokter.. katanya bertahap…jd kami tunggu aja keputusan dokter bagaimana nantinya…yg penting kondisi ibu skr sehat… makan tdk banyak pantangan

Saya memberi ibu propolis ini juga awalnya karena baca dibrosur propolis, ada kesaksian seorang ibu usia 60an yg terbebas cuci darah sama sekali setelah konsumsi propolis selama 6 bln, jd ibu tsb ada diabetes sampe matanya rabun, kakinya luka.. propolis itu diminum, diolesin ke lukanya dan ditetesin ke mata juga..dan alhmd dicerita tsb matanya bs normal kembali dan tdk cuci darah lagi yg tdnya harus cuci darah 2xseminggu

makanya saya juga cobain ke ibu mertua, toh gak ada salahnya dicoba…
siapa tau memang ada keajaiban… dan alhmd saya surprised lihat hasil lab ibu dan kondisi ibu yg sangat berbeda setahun yg lalu.. sebenarnya klo dilihat hsl ureum ibu yg normal, harusnya bs dikurangi cuci darah, tp utk skr kita tunggu keputusan dokter aja…

Waktu awal ibu divonis gagal ginjal,kt dokter tdk mungkin terjadi kesembuhan, krn tinggal 4% fungsi ginjalnya… suster2 d rmh sakit jg bilang seperti itu, dan kata kebanyakan org biasanya kondisi pasien semakin menurun dan tinggal tunggu waktu aja.. kecuali cangkok ginjal (biaya ratusan juta) tp yg saya liat kondisi ibu tdk seperti itu…alhmd… semuanya itu Allah yg nentuin…ditambah lagi tnyata “propolis” itu ada di al-Qur’an (disitu Allah sendiri yg bilang “di dalam perut lebah ada obat bagi manusia) jd gak disebutin sakitnya apa, artinya semua penyakit bkn..

klo mau lihat ttg propolis, lihat di:

http://id.wikipedia.org/wiki/Propolis

http://www.trubus-online.co.id/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=1&artid=2210

trimakasih,
salam

94. iskandar sobirin - Februari 21, 2010

mas Eko dan mbak Ria,

Ibu saya baru baru ini (10-02-2010) di Vonis dokter menderita gagal ginjal dan harus menjalani Hemodialisa (cuci darah) 2kali dalam satu minggu. Sebelumnya beliau memang sudah sering control masuk rumah sakit karena Diabetes dan Hypertensi. Puncaknya tahun kemarin sekitar bulan juni 2009 beliau dirawat karena Gula darahnya berfluktuasi dan drop sampai 18 mg/l mengakibatkan beliau pingsan. Analisa dokter mengatakan ginjal beliau mengalami masalah. Masih tahun yg sama bulan agustus beliau dirawat lagi di RS yg berbeda karena sesak nafas, menurut dokter karena banyak cairan pada paru parunya karena ginjalnya mengalami masalah.

Pada saat itu mereka mengeluarkan cairan itu dg cara menrangsang pengeluaran air seni yg banyak seryta melakukan transfusi darah karena hemoglobinnya drop sampai 8.7.

Saat ini ibu baru keluar dari Rumah sakit dan di dadanya masih dipasangi alat kateter utk melakukan cuci darah, setelah cuci darah 2 kali ibu melakukan operasi pemasangan alat cuci darah yg permanen di tangannya sebab kateter yg didda cuma bertahap 3 bulan paling lama.

saya sangat sedih sekali dg keadaan beliau saat ini, saya berharap Allah akan memberikan kami kekuatan, kesabaran dan kesembuhan bagi ibunda kami tercinta.

saya sangat tertarik dg informasi yg disampaikan oleh mbak Ria…saya mohon utk dihubungkan pada beliau, saya ingin melakukan hal yg sama dg yg dilakukan pada mertua beliau Insya Allah.

Semoga Allah membalas kebaikan kalian pada keluarga kami

iskandarsobirin@yahoo.com

untuk menghubungi mbak Ria silakan langsung ke email beliau
Mbak Ria> silakan menuliskan nomer telpon yang bisa di hubungi..

95. endy - Februari 25, 2010

untuk teman2 yang saat ini menjalani Cuci Darah karena Gagal Ginjal atau teman2 yang mengalami Gangguan Jantung & Stroke yang sudah di vonis dokter harus di By Pass/Pasang Ring, saya sarankan untuk berobat dengan Terapi Infus, skrg di Yogykarta ada Dokter dari Amerika yang penyembuhan gagal ginjal/Jantung/Stroke dgn terapi tsb, saya sebelumnya sdh 2 x cuci darah, sejak terapi infus sampai skrg sdh 2 bln saya tidak cuci darah lagi, jika ada yg kurang kurang jelas hub. email sy endy_qumicon@yahoo.co.id

96. darus s - Februari 26, 2010

mas minta alamat pengobatan alternatinya, soalnya istri saya juga difonis gagal ginjal. makasih

97. yuan - Maret 6, 2010

SAYA PRIA USIA 24 THN.SAYA SIAP MENDONORKAN SATU GINJAL SAYA BAGI YANG BUTUH GOLONGAN DARAH SAYA O,SOALNYA SAYA UDA KEPEPET UNTUK BAYAR HUTANG-HUTANG.SAYA UDA CAPEK DIKEJAR-KEJAR SAMA KOLEKTOR BANK UNTUK NAGIH HUTANG.SAMPAI-SAMPAI UNTUK NERIMA TELPON SAJA TAKUT.BAGI YANG BERMINAT MEMBATU SAYA .( SMS SAYA DI 031.71406865 )

98. xorand - Maret 10, 2010

Mas, bs minta info (telp) pengobatan alternatif-nya? Ibu saya divonis gagal ginjal…

Trim’s sebelumnya…

_()_

99. erwin - Maret 18, 2010

mas mau dong alamat atau no bu meryy atau irfan ak jg terkene gagal ainjal. tlng ya mas. sms no ini 085691966663 makasih..

100. yudi - Maret 18, 2010

Assalamualaikum..Mas…saya yudi ..saya mohon banget alamat n no telpnya bu merry, masalahnya ibu saya juga sedang mengalami gagal ginjal dan sudah cuci darah..saya mohon banget mas demi ibu saya…

wassalam
yudi
joe_komenk@yahoo.co.id

101. citra abyaksha - Maret 19, 2010

mas..sy citra,sy br plng dri rumah sakit.ternyata saya divonis gagal ginjal,,sy ga tau harus gimana yang jelas,sy ga mau sampai keluarga sy tau tntng hal ini.sy mohon bantuannya mas.skrng sy bnr2 bingung menghadapi smua yg terjadi dlm hidup sy.d bandung sy tnggl sndri.sementara orang tua tinggal di kalamantan .sy mohon informasi secepatnya.terima kasih.

102. aditya - April 2, 2010

thx

103. goem - April 2, 2010

mas yg baik, sbnernya sy juga mau minta alamat bu merry utk bpak saya yg cuci darah juga, tpi klo dipikir2, kalo bnyk org yg tlp ke hp alm irfan, bukannya jd malah merepotkan keluarga irfan!? maaf mgkn coba mas aja yg minta alamatnya, lalu di tulis di blog ini. saya berharap sangat mas, trmia kasih

(sudah ditulis di blog ini mas)

104. Nanang - April 9, 2010

mas.. saya boleh minta alamat terapi ibu merry nya… kk saya sudah 1 tahun ini di vonis gagal ginjal dan harus menjalani cuci darah seminggu 2 kali.. tolong di kirim alamat terapinya beserta no telp yang bisa di hubungi

alamat ibu merry ada dalam tulisan diatas

105. hendra - April 14, 2010

Mas eko,
Saya hendra penderita gagal ginjal tinggal di samarinda
Bisa minta alamat atau no telpon pengobatan ibu merry?
Kirim ke email saya a_henk_skyboy@yahoo.com
Trima kasih

mas hendra alamat ibu merry ada di tulisan diatas… coba chek lagi

106. didi - April 15, 2010

Halo semua… Jujur saja, begitu membaca judul SAHABAT SAYA (SEMBUH) MEMBAIK KONDISINYA DARI PENYAKIT GAGAL GINJAL TANPA CUCI DARAH saya cukup terkejut dan tak sabar untuk segera membaca isinya. Bukan karena saya ingin tahu dimana tempat pengobatan yang membuat sang sahabat bisa sembuh–yang kemudian direvisi menjadi ‘membaik’, namun benarkah hal itu terjadi? (sembuh/membaik)

Saya adalah pasien gagal ginjal terminal yang menjalani cuci darah (HD) selama 3 tahun. Saat ini saya masih rutin cuci darah di sebuah RS di jakarta yang menjadi pusat HD terbesar se-Indonesia. DEngan demikian, saya HD bersama banyak pasien GGK yang mengalami nasib serupa. Ada yang sudah 6 tahun, 11 tahun, bahkan ada yang memasuki tahun ke-21 cuci darah.
Saya dan rekan-rekan HD lainnya sudah kenyang dengan pengalaman menjalani pengobatan alternatif. Hasilnya: NOL BESAR!
Waktu, tenaga, serta BIAYA yang tidak sedikit banyak kami korbankan untuk sesuatu yang lebih tepat dikatakan sia-sia.
Mungkin kesannya pesismis, tapi itu kenyataan yang terjadi. Saya tidak sendiri mengalami. Hal ini juga banyak pasien HD lainnya.

Sebulan setelah vonis cuci darah dijatuhkan pada saya, sebenarnya saya telah siap untuk kembali bekerja di kantor. Yah, tentunya dengan dispensasi boleh melakukan HD 2X seminggu. Namun karena godaan mencoba pengobatan alternatif, saya justru sempat berada di titk paling kritis dalam hidup saya. Jauh lebih gawat kondisinya dibandingkan ketika saya divonis cuci darah. Rencana bisa masuk kantor kembali mundur menjadi 4 bulan. Kondisi saya drop karena tergoda tidak cuci darah. Empat bulan kemudian, saya memang sudah bisa masuk kantor, namun kondisinya ‘tertatih-tatih’. Butuh waktu setahun untuk mengembalikan tubuh saya ke berat yang ideal seperti semula.
Itu semua karena saya sempat berhenti cuci darah selama 1 bulan dan melakukan pengobatan alternatif.

Apa yang saya alami sebenarnya terkait pengobatan alternatif ini masih jauh lebih baik dibanding banyak rekan HD lainnya. Karena banyak rekan kami yang kondisinya menjadi sangat kritis,komplikasi menjadi tambah banyak, seperti Irfan-sahabat mas Eko, bahkan.. maaf.. banyak yang tidak bisa diselamatkan…
Pengobatan alternatif macam apa yang membuat kondisi menjadi semakin buruk bagi pasien HD seperti kami? Wah, jika dikumpulkan semua pengalaman teman-teman HD, seperti nyaris semua pengobatan alternatif yang bertentangan dengan proses cuci darah semakin membuatkondisi kami makin buruk. Mulai dari terapi air, herbal, pengobatan holistik (seperti yang diterapkan di sebuah RS di Purwakarta), pijat, gurah, hingga pengobatan yang bersifat mistis, seperti memindahkan ginjal yg rusak pada hewan tertentu, memasang/menanam benda tolak bala tertentu di rumah, dan masih banyak lagi. Obat/suplemen “super” yang sering ditawarkan dapat mengobati penyakit ini itu juga sama saja. Membuat kondisi sehari-hari jadi lebih baik mungkin bisa dengan obat/suplemen “super” yang banyak ditawarkan, namun menyembuhkan, apalagi dengan tidak cuci darah… mmm, sejauh ini belum pernah saya dengar.

Saran saya, jika memang bersikeras ingin mencoba pengobatan alternatif, dan sangat yakin, coba saja, tapi jangan langsung melepas jadwal cuci darah.

Banyak pasien cuci darah yang bisa hidup normal, masih bisa bekerja dan berkeluarga. Meskipun mungkin tenaganya tak bisa disamakan dengan mereka kondisi ginjalnya masih baik.

Ingat: cuci darah tidak membuat ketergantungan, apalagi kecanduan.Itu adalah stigma yang salah.
Analoginya begini: seseorang yang mengalami patah kaki harus menggunakan kursi roda dalam hidupnya. Apakah dengan menggunakan kursi roda setiap hari kelak kakinya akan kembali normal lagi? tentu tidak bukan? Kursi roda adalah sarana untuk membantu dia untuk hidup mendekati keadaan normal. Tidak terus-terusan berada di tempat tidur. Begitu pula dengan cuci darah. Setelah ginjal tidak lagi berfungsi normal, maka mesin HD membantu menggantikan kerja ginjal agar pasien bisa hidup sehari-hari selayaknya/paling tidak mendekati kehidupan yang normal.
Jika orang yang patah kai ingin bisa berdiri lagi, butuh kaki palsu. Maka pasien GGK jika ingin lepas dari cucu darah, ya solusinya cangkok ginjal.

Semoga sharing saya dapat bermanfaat.

mas didi
terimakasih masukannya
se,ogabisamenjadi pertimbanganuntuk pembaca lain sebelum memutuskan pengobatanyang saya ceritakan

107. sri - April 17, 2010

mas, eko saya sri bapak saya sdh cuci darah ginjal 7 kali,rasanya saya kasihan bila melihat orang tua, apalagi td saat sedang hd ,selangnya ketarik,darah keluar dan tensinya menurun,bisa minta alamat atau teleponpengobatan ibu merry? kirim ke email saya barid_1701@yahoo.com terimakasih

alamat ada didalam tulisan di blog mas

108. agung - Mei 19, 2010

mas eko saya mau minta tolong, kirimi no mz irfan n alamat pgbtn alternatif ibu marry y!, coz ibu q di fonis terkena penyakit gagal ginjal, q bingung ni hrs gmn?,n tlg bantu doannya ya spy ibuku bs cpt lks sembuh!!
alamat email sy : agung_khan@ymail.com
no hp: 085287153354

109. yani ndoet - Mei 21, 2010

pak eko… sy sangat seneng dan bangga punya teman2 dulu diadvance… khusus buat bapak yang uda buat blog untuk sahabat kita akang irfan.. semoga amal ibadahx diterima disisinya… satu hal yang sangat penting kita harus bersyukur krn msh diberi kesempatan untuk menikmati hidup… thanks God…

110. TIO - Juni 4, 2010

saya bisa membantu orang2 yang sakit kronis , seperti diabetes basah/kering, gagal ginjal, stroke, kardiovaskular, asam urat akut, kanker hati/paru2/rahim/payudara semua macam penyakit tanpa operasi dan jarum suntik, insya Allah sembuh, silahkan SMS keluhan penyakit anda ke 021.9515.8557 TIO

111. endra - Juni 7, 2010

mas yth, saya minta tlg kirimkan no’ tlp praktek ibu mery dunk..??
karena utk pacar saya yg mengalami skt ginjal, dia lagi membutuhkan bgt mas.
trim’s..

sampe sahabat sy meninggal saya ga pernah dapat no telp bu merry
alamat silakan liat di tulisan/artikel diatas
ada kok

112. tika - Juni 15, 2010

saya Tika 27 tahun,jual ginjal(400jt).no drugs and alcohol,sehat.
bisa nego
berminat hub:carteaca_joeweetha@yahoo.com

not recomended
but up to you

113. Redy - Juni 22, 2010

Ibu Ria,

Apakah bisa di informasikan, propolis yang diberikan ke ibu mertuanya, merek/produksi siapa apa yah?
Ibu saya divonis harus cuci darah karena gagal ginjal, namun saya ingin mencoba terapi herbal terlebih dahulu.
Terima kasih banyak atas informasinya bu.

114. Bella - Juni 23, 2010

Saya turut berdukacita untuk sahabat anda, mas eko..
Ijin share ya mas.. sekalian tanggapan saya utk pak didi..
Memang sedih sekali rasanya waktu keluarga kita divonis penyakit parah, bahkan sampai gagal ginjal..
Tapi, Tuhan selalu menyediakan jalan bagi umatNya.. Waktu seorang kerabat saya divonis gagal ginjal dan harus cuci darah 3 bulan lau, wah, tidak terbayang berapa sakit dan derita yg hrs ia lakukan seumur hidupnya.. Total sdh 19 kali cuci darah di RS Semarang.. Keuangan keluarga juga habis utk pengobatan..sampai suatu waktu, anaknya mendapat brosur ttg kesaksian orang yg sembuh dari cuci darah, maksudnya dinyatakan sembuh/tidak usah cuci darah lagi oleh rumah sakit yg waktu itu merawatnya..
Pikir kami, harus dicoba! siapa tahu mendapat jalannya lewat terapi yg dimaksud.. waktu kami datangi tempatnya, kami diyakinkan terapisnya(seorang dokter) bahwa cuci darah yg diderita sodara kami itu bisa sembuh asal dijalankan dengan sabar, yakin dan tetap berdoa pada Tuhan. Jadilah kami ambil resep yg diberikan pak dokter itu, diminum sesuai aturan, karena dokter di rs hanya membolehkan ia minum segelas saja per hari, ya, hanya segelas itu yg diminum tiap hari.. SAMBIL TETAP cuci darah di RS. Tapi hasilnya Luar Biasa!! Pas sebulan menjalankan terapi (jadi cuci darah plus terapi) waktu mau cuci darah dicek lagi, kreatinum nya dari 17 jadi 4 lho!! Akhirnya pihak rs. panti wilasa menyatakan ia sdh sembuh,& tidak perlu cuci darah lagi!! katanya suster, ginjalnya jadi lebih sehat ;)
Bukan berarti lalu dilepas gitu saja..terapi yg dari dokter Naturo, tetap dijalankan, supaya ginjal nya terjaga..toh mudah dan gak mahal kok..sangat murah dibanding cuci darah.. yg penting tidak balik cuci darah lagi deh..kasihan…
Jadi, waktu pertama terapi tetap sambil cuci darah dulu, sampai benar2 lepas.. sampai dokter bilang: ginjalnya normal lagi, pak, bu…;) anda sdh sembuh..

Sekian mas Eko, saya harap teman2 yg lain, bisa mendapat berkah dari tulisan ini juga mas..
bahwa selalu ada jalan keluar dr setiap masalah ;)
kalau ada yg ingin lebih tau ttg terapi yg dijalankan sdr ku itu utk gagal ginjal/cuci darah, bisa menghubungi pak dokter nya langsung ya…kalo ga salah, dr bobby, di 081326713147
mail di naturo.therapy@yahoo.com
atau tanya-tanya dulu ke saya di bellasiska@ymail.com juga boleh.. tapi menurut saya sih langsung aja ke pak dok, biar lbh mantap, hehe…
Semoga yg lain cepat sembuh! ;)

115. iin - Juni 29, 2010

ass..
mas saya iin..
saya boleh minta alamat ibu merry dan no. tlpnya..
cz sahabat saya sudah menderita gagal ginjal 2 tahun..
dan dokter memvonis dy hidupnya tak lama lagi kalau misalnya dia tidak mendapatkan donor ginjal..
tolong kirim ke email saya..
terimakasih..
wass..

mbak iin
alamat ibu merry ada di artikel diatas
silakan baca sampe selesai

116. iin - Juni 29, 2010
117. Dian - Juli 1, 2010

Saya tertarik dengan cerita Bu Ria yang mencoba pengobatan madu dan propolis. Bisakah saya minta alamat Bu Ria?

118. eci - Juli 1, 2010

kebnyakan memang yang skit gagal ginjal itu gak bertahan lama taoi emang luar bisa yah sahabtnya sampai sekuat itu dan salut cos aquh sendiri pernah naganin orang2 sakit gagal ginjal sampai mereka cuci darah seminggu 2 kali kebayang biaya yang keluarin dan kebetulan aquh kerja disalah satu perusahaan kesehatan,,,,coba deh pake alat yang aquh punya

119. Ipin - Juli 8, 2010

informasi seputar ginjal jadi menarik bagi saya pribadi setelah kemarin Abang ipar saya meninggal karena terkena ginjal dalam kurun waktu 3 minggu tdk melakukan cuci darah karena tak ada dana kini Beliau sudah di panggil yang maha kuasa.

120. deasy - Juli 11, 2010

buat mbak ria..
minta infonya dong tentang propolis dan madu
makasih banyak sebelumnya

121. kiky - Juli 16, 2010

tolong kasih pengobatan gagal ginjal ???
tolong kasih tau no hpnya

122. Rahman dan Istri - Juli 19, 2010

Sya suami istri yang ingin mendonorkan ginjal…..Sehat jasmani dan rohani serta golongan darah berjenis O. No. Drugs and Alkohol
Kami sangat membutuhkan biaya untuk membayar hutang2….Domisili Jakarta Selatan 083898873245
Email : arif.safety@gmail.com atau arif.safety@yahoo.co.id

123. adhi - September 14, 2010

selamat malam Bapak/Ibu…

sebelumnya perkenalkan saya seorang kakak dari seorang adik yang telah divonis gagal ginjal (GGK) dengan hasil laboratorium seingat saya BUN 205 dan kreatin 18 setelah melakukan haemodalisa 2 kali turun menjadi 24 dan 3 apakah ini sudah tidak memerlukan haemodalisa lagi atau bagaimana?, dengan kronologis serangan sebagai berikut :
a. mendadak terjadi serangan tubuhnya kejang dan kaku tidak sadarkan diri.
b. dibawa ke rumah sakit dan di lab hasilnya seperti diatas, 3 rumah sakit yang menyatakan hal yang sama.
c. disalah satu rumah sakit mendadak kejang lagi sehingga total serangan kejang +/- 4 kali. sehingga sempat masuk ICU selama +/- 24 jam.
d. dilakukan haemodalisa I dengan hasil BUN 110 dan kreatin 15
e. nah dibagian ini penderita seperti kehilangan kesadaran dengan bentuk seperti teriak-teriak dan lupa ingatan.
f. dilakukan haemodalisa II dengan hasil BUN 24 dan kreatin 3
g. penderita diperbolehkan pulang oleh dokter RS
h. kondisi fisik penderita dirumah bagus kami lihat dari urine yang dikeluarkan normal, nafsu makan normal, berak normal tetapi satu yang saya bingungkan penderita masih sering teriak-teriak dan seperti lupa ingatan, apakah ini efek penyakit atau bagaimana?

mohon saran dan petunjuknya untuk pengobatan adek saya…

terima kasih dan mohon maaf
adhi

124. Wulan - September 22, 2010

Ass. Mohon infonya mas,, nenek saya divonis seminggu mesti 2x cuci darah,, umurnya sekarang +/- 67 th,, ad gak kira2x pengobatan alternatif yg bisa nyembuhinnya,, coz khawatir bgett klo mesti ketergantungan dgn obat dokter,, trus produk prolis lebah itu bisa didapetin dimana ya ?? soalnya kita ad di daerah Bangka khususnya kota Pangkalpinang,, Makasih banyak mas sebelumnya.. Wsss.

125. sudarman - Oktober 25, 2010

Mat sore mas, saya nama: Sudarman umur:50 thn, mohon info pengobatan Gagal Ginjal, saya sdh HD mulai bln Maret’2010, terima kasih bantuanya.

jika anda tertarik dengan pengobatan ala china yang dilakukan oleh teman saya
silakan menghubungi langsung ke alamat yang ada dalam tulisan di atas
semua sy serahkan ke anda
karena (mohon maaf) sy pun belum pernah ke tempat pengobatan yg saya tulis diatas

126. me - Oktober 28, 2010

maaf pak eko dan kawan2
numpang nimbrung

ini ….. ada 1 balai pengobatan sosial, yg dimana disana para sukarelawan LONGEVITOLOGY (search di internet)*sudah terkenal di seluruh dunia, ada website-nya dan mereka bekerja secara sukarela, tanpa pungut bayaran, banyak sukarelawan kok di balai pengobatan sosial ini. metode ini cara penyembuhan alternatif dengan memegang bagian yg sakit.

dapat menyembuhkan banyak penyakit, jantung, ginjal, flu, mata, telinga

kalo kebetulan ada seminar, kt jg bisa ikutin secara gratis :) tapi gak tahu kapan, yg saya tau sih ada-nya di singapore tgl 4-9 Dec 2010 boleh check di website http://www.handswithlove.org.sg

alamat-nya yakni di:

PERHIMPUNAN PERANTAU PEMATANG SIANTAR
Muara Karang Blok Z4 Utara no.9/10
Jakarta Utara, Tel : 6626085, 6626086
RABU jam 18:00 – 21:00
SABTU jam 15:00 – 17:00

atau

PERKUMPULAN KESEJAHTERAAN WARGA TIONGHOA LHJOKSEUMAWE ACEH
Taman Duta Mas Blok B2 no.5 Jakarta Barat
Tel : 5645123
MINGGU jam 10:00 – 12:00

semoga dapat membantu kawan2

127. me - Oktober 28, 2010

oh iya ….. cerita-nya gini
ada teman-ku yg di obatin penyakit ginjal-nya (*identitas dirahasiakan, sebar2-in cerita dia) oleh salah satu sukarelawan, di terapi setelah beberapa kali

tiba2 dia merasa sakit sekali
trus ke wc buang air kecil
tiba2 satu persatu batu-nya keluar

setelah itu dia sembuh

128. Rika - November 9, 2010

halo mas, salam kenal saya rika,umur 21.boleh minta no hpnya,,, saya butuh infonya.saya dlm waktu dekat ini sering mengalami gangguan pd saat kencing,,,
mungkin nanti saya bisa mencari solusi lebih mudah klo hbungan scra lngsung..
trimakasih sebelumnya,,,,….

129. Venny - Desember 2, 2010

kalo aq boleh. adik q juga ggal ginjal, n d nytkan dokter harus cuci drah or transplantasi ginjal.
nmor telvon yg d maksud itu, nmor telvon alternatif?
boleh sya minta mas??
mksh sbelumnya

130. joice rt - Desember 3, 2010

Yang dimaksud dengan ibu mery apa ?
ibu mery itu ahli dlm pengobatan tradisional ya ?
soalnya mama saya divonis cuci darah 3x seminggu.
mohon bantuan no tlp y bisa dihubungi..
saya jg ingin th tentang PROPOLIS
mohon bantuannya

ibu mery tuh ahli pengobatn tradisonal
no telp mohon maaf sy ga punya
klu tempatnya/alamatnya ada di tulisan diatas
silakan di cek lg

131. yatno - Desember 26, 2010

mas irfan mudah2an lewat sampean saudaraku mendapat kesembuhan dari ALLAH ,saat ini saudaraku sedang gagal ginjal dan sudah cangkok ginjal dari kakek,sekarang kakek udah meninggal,beberapa hari kambuh ,gejalnya persis ginjal kronis, mohon minta no tlpnya untuk mencari jalan kesembuhan saudaraku, terima kasih banyak sebelumnya,mudah2an jadi amal ibadahnya mas

132. anna - Januari 9, 2011

saya anna,,
bolehkah saya mendapatkan alamat lengkap ibu merry??
apakah ada obat2 yang dikonsumsi juga??
saya mohon balasannya..
terimakasih..

mbak anna
sampai sahabat sy meninggal
sy bahkan belum pernah ke tempat ibu merry
jika ingin ke sana, tulisan di atas ada ancer2 menuju ke sana
mohon maaf sebelumnya

133. nurdianingsih - Januari 13, 2011

saya dian..
papa saya sudah di vonis gagal ginjal dan sudah disarankan untuk cuci darah terakhir dirawat bulan nop 2010, tapi sampai saat ini belum terlaksana dikarenakan terbentur biaya, saat ini kondisi papa saya sudah pada bengkak kaki , tangan dan sekitar pinggul sudah tidak dapat beraktifitas lagi,bisa agk ya di bawa ke tempat ibu merry.
Masalahnya papa saya sudah pasrah n gak ada semangat untuk hidup….mohon alamatnya yang lengkap….makasih

spt koment sebelumnya
saya hanya tau informasi tentang ancer2 alamat ibu marry
sialkan ditelusuri dari info yg saya dapat

134. ayu - Januari 18, 2011

dear…

hmm..
papa ku divonis gagal ginjal sejak juli2010.
dari juli-november keadaannya semakin parah, sampe papa harus cuci darah seminggu 2x.

papa baru mulai minum propolis, baru 1 bulan ini, ditambah air minum amidis, alhamdulillah udah ga pernah sesek lagi, tidurnya juga udah enak, tapi cuci darah masih harus seminggu 2x.

jangka waktu yang seminggu 2x ini bikin kami beraatt banget, tapi demi papa..

buat yang baca, doain ya, supaya papaku bisa lebih baik lagi dari ini…

135. HENDRIK - Januari 19, 2011

AQ CWO 25TH MAU JUAL GINJAL. JUAL CEPAT…

saya tidak menyarankan yang satu ini

136. very - Januari 29, 2011

maaf ,, saya mau tanya kalo ginjal sdh menciut/kempes itu apakah amse ada jalan ??? dokter cm menyarankan cuci darah atau donor ginjal. maksud saya dalam kondisi penyakit seperti itu mse bisa ditolong untuk ginjal kembali menegmbang n berfungsi lage ?/ apakah ada ramuan yang baik atau tempat pengobatan alternatif mampu menangani ??? seprti d ketaui bahwa cuci darah atu donor membutuhkan biaya yang tdk sedikit ..
MOHON INFORMASInya ..

mohon maaf sebelumnya,
saya posting tulisan diatas hanya sekedar berbagi cerita, dan sebenranya sy kurang mengethaui banyak ttg ginjal
bila ingin mencoba pengobatan alternatif, silakan dicoba ke alamat yg sy tulis diatas

137. Lies - Februari 18, 2011

Aww, Bang,
maaf mau tanya, boleh tahu alamatt-alamat pengobatan yang dilakukannya dimana tempatnya?
Ka2 saya juga divonis ga2l ginjal dan harus cuci darah dan Kami bingung harus bgmn ?
makasih infonya
wass

138. Tyo19 - Februari 28, 2011

Ada Yg Btuh Ginjal ??..
Saya Umur 24thn sehat jasmani rohani.
gol darah O (-).
yg berminat Bs Hub.i Saya
+6285731552633.
Srius Only.

139. racmat herman - Maret 2, 2011

saya mau donorkn ginjal saya…????kalau ada yang minat hubungi 082139656466..???usia 20 thn

140. maman - Maret 26, 2011

1 nusa 1 bangsa . . .
satu guru 1 ilmu . . .
dan bhineka tunggal ika.
ahhaaa . . .

mas saya boleh minta kontc nya mas irfan gak ??
or klo gak kontac nya bu’merrry jga boleh.

terima kasih.

141. frey - April 3, 2011

Subhanallah… maaf kalo saya jadi punya kesimpulan begini : buat anda yang masih sehat belum ada vonis gagal ginjal, disarankan untuk mengkonsumsi herbal entah itu propolis, madu, atau habatusaudah, ada juga yang bilang curcuma.. dsb, jangan sampe suatu hari nanti ada kasus gagal ginjal dalam kesehatan kita, kita baru bertindak… it’s too late… bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati??? toh kalo kita harus mati juga nantinya setidaknya terhindar dari penyakit gagal ginjal ini… oh ya jangan lupa puasa (shaum) senen-kamis, malah kalo bisa puasa seperti nabi daud,, disertai makan2an, herbal dan suplemen penguat ginjal, diimbangi oleh aktifitas2 positif, Insya Allah suatu saat kita harus mati setidaknya kita tidak mati karena gagal ginjal… thank you.. ‘Wallahu ‘alam…

142. karin - April 3, 2011

ya ampun sob… fotonya irfan dihilangin donk.. jadi ngeri juga ngeliatnya… :)

143. linda - April 23, 2011

coba ke pa haji rasyyidin padepokan gilang permata biru alamat browse di google kebetulan teman ku berobat disana sembuh dgn riwayat penyakit gagal ginjal kronik plus komplikasi,,,sdh divonis 10 hr lagi umurnya,,,,

144. Ken_Amar_Kamaruddin - April 25, 2011

Salam Kenal,
Saya baru seminggu yang lalu kehilangan adik perempuan yang sangat saya sayangi karena gagal ginjal.
Belajar dari kasus adik saya,ada beberapa hal yang jadi pelajaran:
1. ketidaktegasan dokter dalam mendiagnosa penyakit kadang membuat kita salah kaprah. ketika pemeriksaan pertama pada dokter praktek, adik saya sebenarnya sudah didiagnosa. tapi hanya diberi terapi obat. setelah kaki adik saya sudah membengkak,saya periksakan ke dokter di RS.swasta di Samarinda,sekali lagi dokter berkata bahwa ginjal adik saya hanya lemah. tapianehnya, dokter yang menangani selalu mendesak untuk cuci darah. Karena dokter mengatakan ginjal adik kami hanya lemah maka kami sepakat untuk berobat alternatif saja mulai dari bekam, herbal habbatussaudah, rukyah dan pijat repleksi. semua iktiar sudah dilakukan tapi adik saya mulai muntah-muntah dan susah buang air kecil. mata nya semakin membengkak dan mulai sesak nafas akut. hingga pada malam hari dimana ia meninggal besoknya,adik saya tidak bisa tidur hanya duduk terus, mulut tidak bisa lagi banyak digerakkan dan saya menemaninya sampai pagi sambil memijit kakinya yang ia rasakan kram dan kepalanya sangat panas ketika saya kompres dengan air. hingga pagi jam 9, adik saya dibawa ke RS AW Syahrani, dokter memvonis adik saya sudah gagal ginjal total dan racun sudah menyebar keseluruh organ tubuhnya dan paru-parunya ada cairan yang membuatnya sesak nafas. setelah 2 jam tidak ada tindakan berarti karena menunggu dokter spesialis (kalo tidak salah Dr. Kuncoro), adik saya koma dan 12.15 meninggal (pemeriksaan oleh dr. cisca).
seandainya dokter tegas memvonis pada saat pemeriksaan pertama di RS swasta, mungkin kami rela menempuh jalur HD demi menyelamatkan adik kami.
2. kesalahpahaman tentang ketergantungan HD bagi orang yang sudah Melakukan HD diperparah oleh vonis dokter sendiri yang mengatakan bahwa sekali HD maka selamnya harus HD. padahal ini salah kaprah sebab HD sebenarnya hanyalah batu loncatan untuk tidak memperparah keadaan ginjal sambil mencari pengobatan alternatif (yang beberapa kasus ternyata bisa menyembuhkan ketergantungan pada HD) atau mencari pendonor ginjal. saya hanya ingin menegaskan: HD BUKAN AKHIR DARI HARAPAN HIDUP TAPI HD ADALAH SOLUSI DISAAT KRITIS UNTUK TIDAK SEMAKIN MEMPERBURUK KEADAAN SAMBIL MENCARI ALTERNATIF LAIN KARENA HD TIDAK BERLAWANAN DENGAN PENGOBATAN ALTERNATIF MANAPUN SELAMA ITU NORMAL.
3. Saya sudah kepikiran untuk mendonorkan sebelah ginjal saya andai adik saya parah tapi sayang keputusan vonis dokter justru datang ketika sudah tidak ada harapan sehingga saya pun tidak sanggup menolong adik saya lagi. sekali lagi pengetehuan kita tentang HD yang salah dan dokter yang tidak tegas makin memperburuk keadaan.
4. Belajar dari kasus ini, saya menghimbau pada dokter manapun untuk tegas dalam memvonis dan menjelaskan bahwa ginjal masih bisa disembuhkan sekalipun sudah HD dan HD bukan akhir segalanya.
5.Saya senang berbagi di forum ini. saya berharap kedepannya kita bisa membuat perkumpulan penderita maupun keluarga penderita gagal ginjal untuk saling berbagi. dan saya sendiri berharap, kedepannya bisa terbentuk wadah atau lembaga khusus berbentuk BANK GINJAL dan kita sebagai penderita maupun keluarga bisa memulainya. Hubungi saya bila ada teman yang mau berinisiatif. (qamar_thegreat_79@yahoo.com; 085255200681)
salam sehat selalu.
dedicated to my lovely sister Masdiana (diana=24 tahun,6 bulan)
Maafkan kakakmu yang tidak bisa menolongmu secara maksimal. semoga bidadari kecil (3 tahun) yang kau tinggalkan bisa mengingat dan mengenangmu sebagai ibu yang baik karena kami sebagai saudaramu mengenalmu sebagai adik yang baik dan tidak pendendam.
Kakakmu Yang Merasa Sangat Kehilangan,

KAmARUDDIN (AMAR)

sangat menyentuh
semoga anda tabah
semoga sang adik mendapat tempat yang indah di sisiNya
amien
terimakasih sudah berbagi

145. MATRIZ - Mei 2, 2011

Maaf sebelumx udah mmnggu Mas Eko,sy mau minta tolong sama Mas Eko,,saya juga mengalami gejala penyakit seperti sahabat Mas yaitu GAGAL GINJAL..kalo mas bisa bantu saya,NI ALAMAT EMAIL saya. .matriz_pmancar@ymail,com. .thx ya Mas sebelumx. . .

146. Suwarno - Mei 9, 2011

Saya punya seorang teman yang saat ini sudah divonis oleh Dokter gagal ginjal dan disarankan untuk melakukan cuci darah, saya sangat prihatin dengan penyakit yang dideritanya apalagi jika sampai cuci darah karena asumsinya jika cuci darah merupakan kiamatnya bagi manusia sampai saya mencari situs di Internet untuk mencarikan solusi permasalahan teman saya dan saya sangat berharap jika ada informasi tolong dibantu kealamat email saya agar bisa saya memberi solusi terhadap teman saya dan saya sangat bersyukur dengan blog ini karena banyak sekali informasi untuk saling berbagi. Sebelumnya saya sangat berterima kasih sekali buat teman – teman yang berbagi informasi.

147. marjan SE - Mei 21, 2011

saya baru menemukan obat gagal ginjal tanpa operasi tapi sebaiknya pasien jangan cuci darah dulu. bagi yang membutuhkan bantuan dpt menghubungi saya.
Harga pengobatan Rp. 20.000.000,-(Perjanjian Tertulis) Panjar Rp. 1.000.000,-Kalau tidak sembuh panjar dikembalikan. Pengobatan paling lama 2-3 bulan.
Saya adalah seorang Direktur perusahaan CV. Garuda Intan Prima- Kab. Sergai HP : 08887919178

148. vita syafitri - Mei 28, 2011

saya menganjurkan untuk mengkonsumsi TAHITIAN NONI JUICE karena sudah teruji secara human clinical trial dan mendapat 52 paten internasional produk untuk info lebih lanjut baca http://nonisolution.com/ atau http://tasya-tahitiannoni.blogspot.com/ atau hubungi vita syafitri 085711372946.

149. rizky - Juni 20, 2011

eh aku mau tanya kalu pinggang sedikit sakit tapi kalo pipis nggak sakit itu kena apa? tlong kirim ke alamt email saya ryeta_rhs@yahoo.com

150. Angel - Juli 6, 2011

Salam sejahtera semuanya,
Saya ingin berbagi pengalaman, semoga bermanfaat bagi teman2 yang mungkin punya probelm yang sama….
Kebetulan ada 2 keluarga saya yang mengalami gagal ginjal dan harus menjalani HD secar rutin…..terus terang……pertama kali mendengar kata CUCI DARAH saja…..dunia rasanya gelap gulita dan mau kiamat….tapi setelah mengikuti prosesnya, saya jadi memahami bahwa HD adalah jalan pengobatan terbaik sebelum menemukan donor ginjal dan secara finansial kita sanggup membiayai cangkok ginjalnya.
Kalo pasien sdh divonis gagal ginjal dan keluarga ragu-ragu untuk menjalani cuci darah, maka akibatnya bisa lebih fatl bahkan tidak jarang yang berakibat kepada kematian….
memang tidak dipungkiri kalo biaya HD juga sangat memberatkan, tapi dengan disiplin dalam diet makanan, maka frekwensi HD dapat pelan-pelan dikurangi (tentu saja dengan merujuk kepada hasil test lab dan melihat kondisi pasien itu sendiri)…..
Keluarga saya yang pertama harus cuci darah 2 x seminggu sekarang sudah hampir setahun ini menjadi 1x seminggu dan puji syukur kesehatannya semakin membaik, bahkan hampir seperti orang normal……
Demikian sharing saya, semoga bermanfaat…..
Untuk lebih menguatkan hati kita ketika harus mengambil keputusan penting, coba simak lagi posting No. 106 dari pak Didi- tertanggal April15,2010 dan dari pak Ken_Aman_Kamaruddin tertanggal 25April, 2011.
Semoga kita diberi kekuatan dan ketabahan oleh YME…..Amien

151. dee - Juli 10, 2011

saya usia 28th,divonis dokter Gagal Ginjal Kronik terhitung 28 Juni’11
Creatin awal 17 ,hb 6
Setelah HD1 creatin 14 tranfusi darah 2 am
HD2 creatin 4 (seminggu 2kali)
Dites lab.lg stelah 5hari creatin naik lg 11,6
divonis dokter di RS1 untuk segera transplantasi..
Ortu merasa bimbang,di konsulkan lg ke orang terpintar se Surabaya..
Ginjal saya masuk kategori Terminal(stadium4)
Disarankan untuk HD seminggu sekali,karna kondisi fisik saya yg masih nafsu makan,tidak ada bengkak dan urine sudah lancar tp tidak berbau amoniak…
Saya hanya bisa memasrahkan diri kepadaNya,karna hidup mati kita Allah semata yang menentukan..
Harapan hidup sangat ingin karna kondisi saya yg mempunyai 2 anak yg masih kecil dan single parent..
Smoga Allah memberikan kesembuhan buat saya dan orang2 lain yg senasib dengan saya… Amin Ya Allah…

Saya sangat menyayangi anak2 saya dan keluarga saya yg sudah berbuat banyak untuk saya selama saya hidup….
Ya Allah sembuhkanlah hambamu ini,hamba ga tega klo ninggalin anak2… Amin

152. cicik dwi retno utami - Juli 20, 2011

info yang sangat bermanfaat …. suami saya kemungkinan terkena penyakit ginjal, seminggu yang lalu kencing campur darah…tapi setelah minum air putih banyak kencing normal lagi. alhamdulillah

153. raymond - Juli 23, 2011

mas irfan, salam kenal. nama saya raymond. umur 28 thn. sya juga pasien hd sudah 5 tahun sampai sekarang. saya mau sharing dan tanya tanya ke mas irfan. dimana saya bisa hub mas? ada email, nmr hp, pin bb? thx.

154. ridayuanita - Juli 26, 2011

saya ingin alamat dari mb ria,karna ibu saya juga sakit gagal ginjal kronis. saya minta informasi ttg tropolis ?? tolong di jawab ..

155. muslikh - Agustus 19, 2011

Trimakasih. sohib semua infonya. karn bpk saya jg ginjal akut… semoga kita tetap sabar dalam menjalani qodo qodarnya dg tetap ikhtiar dan tawakkal…

156. Frans Handoko - - Agustus 27, 2011

Bp dan Ibu2 YTH,
Sy, penderita sakit ginjal sejak 1980, 3 X pencangkok dan kini masih 3 X semg HD, mohon pertolongan bp/ibu sekalian.
1. dimana saya bisa dpt kan propolis “?
2. apakah dr Mery masih di R Tanggerang ?
T3. e-mail saya : fxb_handoko@hotmail.com
Terimakasih banyak, mohon nasihat…….

157. asep saepudin hasan - September 3, 2011

apakah gejala ginjal air kencingnya kotor ya?

158. rasyid - September 9, 2011

salam sejahtera semua:

Ibu Mertua saya saat ini juga sedang mengalami gagal ginjal dalam 4 bulan terakhir mengkonsumsi propolis dan royal jelly untuk menjaga kadar kreatin dan ureumnya.
sempat ada perubahan untuk intensitas pencucian darah menjadi 2 minggu 1x dengan menjaga betul-betul pola makan dan konsumsi propolis, cuma karena sudah merasa lebih enak., makannya mau ini mau itu akhirnya kadar creatinpun melonjak drastis hanya bertahan 1bulan harus kembali lagi cuci darah 1 minggu sekali.
hal yang sering mengakibatkan kadar creatin dan ureum melonjak adalah pada pola makan tidak sesuai aturan memakan makanan yg kadungan proteinnya tinggi dan kalium tinggi, sebisa mungkin jika orang-orang tercinta anda mengalami hal yang sama jagalah pola makannya sebaik-baiknya karena jika tidak diatur benar-benar intensitas cuci darah akan semakin parah,

Kami berharap adalah kesembuhan total untuk ibu mertua saya, bukan cuci darah memang untuk penyembuhan gagal ginjal ini membutuhkan keyakinan,sabar dan keikhlasan.

salam,

rasyid-samarinda

159. fitriono - September 21, 2011

insyaallah…atas ijinya pula semua terjadi.seperti mimpi buruk yang sangat panjang ketika emak divonis gagal ginjal dan harus cuci darah 2x seminggu.untuk teman-teman senasib dan sependeritaan bukan tidak boleh untuk berusaha melakukan penyembuhan dengan cara therapy atu dsb…..namun pastikan HD dan do’a jangn sampai telat.wassalam” oh lupa mari kita sama-sama berdo’a semoga allah menurunkan muzizatnya kepada kita semua amin.

160. wiwie - September 28, 2011

Wiwie – Sept 28 ,2011

Saya minta alamat dan no hp ibu meery itu dunk ?

mohon maaf saya pun tidak memiliki alamat atau no hp ibu merry. saya diberi informasi tentang ancer2 menuju ke sana. saya juga beklum pernah kesana, apalagi berobat kesana. ancer2 ada di artikel di atas

161. ono - Oktober 8, 2011

terimakasih atas info-nya gan..

162. sari - Oktober 19, 2011

@mba ria

salam kenal, mba Ria. Saya Sari.. Maaf mau nanya, itu benar pada awalnya kadar ureum ibu mertua mba ria sampai 400? dan kadar kreatinin mencapai 38?

Ibu Saya juga menderita gagal ginjal. Sekarang harus cuci darah 2x seminggu. Sudah berlangsung sekitar dua bulan.. Apa yang dirasa ketika tahu ibu Saya harus cuci darah, sama seperti komentar2 temen2 yg lain. Ibu Saya berkali-kali masuk RS setahun terakhir dan ternyata baru divonis gagal ginjal setelah Ibu Saya sesak nafas dan kejang hingga akhirnya harus berada di ruang ICU selama 6 hari. Ketika itu kadar ureum ibu saya mencapai 250 dan kreatinin 5, sekian.

Terima kasih.

163. Nunk - Oktober 19, 2011

Maaf untuk semuanya, saya sebelumnya saya minta maaf apabila lancang berucap, saya juga penderita gagal ginjal terminal, kreatinin saya terakhir selasa kemarin 13.7, ureum 169, Hb 7.9, kendala saat ini Hb saya kadang ngedrop, harus ditranfusi, dengan kondisi seperti itu saya bisa bertahan cuci darah seminggu sekali, tapi semenjak jantung saya detaknya ngga beraturan jadi 2 kali seminggu.

Kita positif tinking saja, karena dulu tahun 2010, saya bisa bertahan tidak cuci darah selama 14 bulan, kreatinin bertahan di 5, ureum 140. Terus saya mendapat kabar, ada salah seorang teman saya, telah cuci darah selama 8 tahun, bisa berhenti total tidak cuci darah lagi, tidak tahu apakah dibantu alternatif atau tidak.

Saya kemarin berdiskusi dengan dokter ginjal saya, bahwa gagal ginjal terminal itu, ginjalnya sudah tidak berfungsi, barangnya ada tapi sudah tidak ada gunanya, sama seperti kalau kita diamputasi tangannya, berarti organ tersebut sudah tidak ada, tapi kitakan masih bisa beraktifitas. Solusinya yaitu tadi transplantasi, tapi itu juga dengan resiko, yang terbaik adalah ginjal milik orang tua dan saudara kandung sendiri (adik-kakak), itu yang cocok, jadi solusi yang lain adalah cuci darah, untuk waktunya tergantung timbunan yang terjadi dan kondisi tubuh kita.

Ibarat mesin cuci kalau kita nyuci baju seminggu sekali dengan seminggu dua kali, bebannya ringan mana, yang seminggu dua kali kan, jadi jangan beranggapan yang cuci dua kali atau lebih itu semakin parah, cuci dua satu, dua dan lebih, itu bukan melulu indikator parahnya penyakit kita.

Pasrahkan semuanya kepada Tuhan, istilah kakek saya STI, Syukuri apa yang telah kita dapat, toh semuanya kembali kepada Tuhan, Tabah dengan apa yang kita hadapi, Ihtiar kita dengan cuci darah, anggap saja setiap cuci darah itu memperpanjang tali silaturahmi dengan perawat, dokter, dan pasien yang lain

Saya makan nyaris tidak ada yang dipantang, apalagi saat cuci darah, itulah saat terbaik dan terlezat saya makan. Dulu waktu ngawali vonis gagal ginjal sempet diet tapi Hb ngedrop terus

inilah share saya

164. Nunk - Oktober 20, 2011

Coba baca bukunya Djoko A. Witarko, Aku Hampir Lumpuh, Buta & Gila, ceritanya lengkap, dari sedih hingga senang, dari serius hingga bercanda. Hidup ini terlalu sayang untuk disia-siakan, lakukan aktifitas yang masih kita bisa, bergunalah bagi keluarga kita, karena keluarga kita masih membutuhkan sepirit kita

165. Nunk - Oktober 20, 2011

Menyadur ucapan Djoko A. Witarko, saya mengalami gagal ginjal itu fakta, saya ingin sembuh, itu juga fakta, tapi bahwa saya akan sembuh dari gagal ginjal, itu bukan fakta, lebih merupakan sekedar harapan. Jadi ibarat saya menerima vonis bersalah tapi tidak mau dipenjara, mustahilkan!! Jadi pilihlah yang menjadi fakta, untuk mengambil keputusan, jangan terombang-ambing antara ya dan tidak, antara menerima atau menolak, tapi lakukanlah yang harus dilakukan.
Karena masih banyak aktifitas yang dapat dikerjakan oleh seorang yang tidak memiliki ginjal, Hidup ini terlalu sayang untuk disia-siakan. Apalagi di samping kita ada seorang istri dan anak-anak kita yang dengan sepiritnya, dengan tabahnya membantu dan mengurus kita, akankah kita sia-siakan. Jadikanlah kondisi kita ini menjadi jalan menunpuk pahala bagi orang-orang disekitar kita terutama istri dan anak, dan sakit ini, jadikanlah jalan bagi penggugur dosa-dosa yang telah telah kita perbuat. Amin!!

166. Puput Ajjaahh - Oktober 25, 2011

maph mas,,
saya adlh salh satu pendrita penyakit ginjal,,
saya cuma mau tw,,alamat “pengobatan ala cina ” yg mas crtakan d atas,,,,tlong bntuannya.

167. nina siti muznah - Oktober 31, 2011

berobat di alternatif memang cocok”an,dan harus yakin,saya pernah ke enciMerry alhamdulillah sembuh,sy punya maag akut, dan ibu mertua teman saya juga alhamdulillah sembuh dari tumor(yg ada dibelakang matanya),skrg beliau sdh bs beraktifitas lagi,yg sebelumnya hanya tiduran saja.hanya Allah yg Maha Penyembuh,tetap berdoa dan berikhtiar,insyaAllah ada jalan keluar.

168. EKA KARTIKA - November 6, 2011

hiii,, perkenalkan nama saya tika,, saya agen distributor resmi propolis melia. bagi yang berminat hub saya 082189179776. tq. ^^

169. EKA KARTIKA - November 6, 2011

Salam Sejahtra,,,,,

Perkenalkan nama Saya EKA KARTIKA, Agent Distributor Resmi Melia Propolis Nature Indonesia. Awalnya Saya mengidap gangguan ginjal, infeksi saluran kencing, sudah kurang lebih 4 tahun dari SMA hiingga kulia, hingga dokter memvonis saya mendekati gagal ginjal, awalnya saya mengira sakit pinggang bisa saja yg diakibatkan oleh infeksi saluran kencing, tetapi lama kelamaan membuat tubuh saya lemah, hingga dengan terpaksa saya masih bisa menjalani perkuliahan, setelah beberapa bulan mengomsumsi Propolis Melia sakit tersebut mulai hilang, dan buang air kecil saya menjadi lancar. Hingga saat ini Saya masih mengomsumsi propolis untuk menjaga kekebalan tubuh saya.

PROPOLIS berasal dari bahasa Junani:
PRO = SEBELUM, POLIS = KOTA = SISTEM PERTAHANAN KOTA
Propolis di kumpulkan oleh lebah dari tumbuh-tumbuhan atau pucuk muada dan kulit pohon poplar lalu dicampurkan dengan air liurnya, yang digunakan untuk menambal lubang dalam sarang lebah yang sekaligus juga melindungi sarang lebah dari serangan virus, bakteri dan jamur.

FUNGSI PROPOLIS BAIG TUBUH MANUSIA
1. ANTI-BIOTIK ALAMI
2. MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH
3. ANTI KANKER
4. NUTRISI BERGIZI BAGI TUBUH

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN YAITU :
KANKER,TUMOR,GANGGUAN HATI,GINJAL, DIABETES, DARAH TINGGI,DARAH RENDAH,
GANGGUAN PENCERNAAN, ASTHMA, JERAWAT,BISUL, INFEKSI KULIT, WASIR, AMBEIEN.

SAYA MURNI JUALAN,,, NO TIPU!!!
JIKA ANDA INGIN BERTANYA LEBIH LANJUT HUB SAYA DI SIMPATI- 082189179776, HALO- 08114212096. MAKASIH. ^^

CEPAT SEMBUH,,,,,,,,,,,

170. Andra - November 9, 2011

@eka kartika
saya sudah mencoba pakek propolis tapi tidak ada hasilnya…….

171. cecep kurnia - November 15, 2011

salam mas eko, semoga tuhan selalu memberikan kemudahan kepada bpk, sebagaimana bapak memberikan kemudahan kepada orang2 yang membutuhkan pertolongan.
Mas eko, istri saya kreatininnya 25, dan ureum 260, sudah sangat tinggi, mungkin lebih tinggi dari orang lain (dokter juga bingung), tapi secara fisik dia bisa dikatakan masih baik ( kalau orang lain mungkin sudah “down”). setelah membaca cerita pak irfan, sungguh suatu berita yang baik dan memberikan harapa yang besar terhadap penderita gagal ginjal termasuk kami ini. Jadi kami mohon diinformasikan nomor teleponnya pak irfan, biar kami dapat mengikuti pengalamannya pak irfan. terima kasih.

salam.

172. cecep kurnia - November 15, 2011

maaf mas eko, ini e-mail saya : c_asegaf@yahoo.com
saya tunggu info nya.

salam

maaf,
pak irfan sudah meninggal pak…
mengenai berobat, saya hanya menulis apa yg diceritakan mas irfan pada saat sakit
selebihnya wallahu’alam
tentang alamat pengobatan sudah sya tulis di tulisan di atas

173. estiana violet - November 22, 2011

Hy mas eko slm knal nm q Esti,aq ikut trut b’duka cita ats mninggalnya tmn mu irfan..salut bgt ats p’juangannya..!!! Ayah sy jg mngalami hal yg serupa dn saat ini masih rutin mlakukan cuci darah 2x seminggu..entar qta sambung lg oky…

salam kenal mbak esti

174. Ayuri - November 25, 2011

Mas Eko,

Saya bisa dapat nomor telp mbak Ria yang komen ttg kondisi ibu mertua yg membaik. Saya ingin mengetahui bagaimana kondisinya saat ini.

Karena salah satu staff dikantor saya ada yg divonis gagal ginjal dg fungsi ginjal 3%.

Smoga informasi dr mbak Ria bisa berguna, karena saat ini propolis memang sedang marak, kalau bisa tau dimana bisa mendapatkan propolis tsb.

Terima kasih

175. Janner Lumbangaol - Desember 7, 2011

mohon doa klian ia …
smoga mama aq bisa sembuh dari penyakit ginjal ..
trimakasih

176. Arum - Desember 14, 2011

Mohon infonya, alamat atau no.telp ibu merry yang sudah menyembuhkan gagal ginjal m.irfan.
Tolong diemail aja infonya.

Thanks.

177. mabayang - Desember 24, 2011

Mohon komentarnya dong. bagi saudara2 yg sudah berobat ke rumahnya nci merry……ditunggu

178. kombes - Januari 21, 2012

bisa di share alamat ibu merry?
tks

179. wistiadola - Februari 8, 2012

Sy turut berduka untuk mas irfan ya mas eko. Kebetulan mama sy saat ini jg gagal ginjal yg sdh komplikasi. Sdg di rawat di rs harapan kita. Saat ini berada di ambang pengharapan mukjizat Allah.
sy jg ingin kenal dgn mba ria mau tanya ttg kondisi ibunda nya yg mengkonsumsi propolis. Dmn sy bs contact dia ya?
Utk yg sdh pernah ke bu merry mhn info nya ke saya. Trm ksh.

180. lutfi shovia - Februari 17, 2012

., mas , aku nya minta doa aja biaR ibu aku sembuh kaya mas irfan , smoga ibu aku gg gampang menyerah , kalo faktor pikiran kira2 memperparah penyakit ini enggak ya, ???

181. andre - Februari 22, 2012

disini saya menyatkn ingin mendonorkan ginjal saya. bagi yg membthkn haram krim email ke saya. neo_yk19@yahoo.com

182. Hamidah - Februari 25, 2012

Ass, saya Hamidah dari Samarinda ikut berbagi pengalaman sy sangat tertarik dari pengalaman mbak Ria,…suami sy gagal ginjal dan skrg sdh menjalani HD Alhamdullilah ada perubahan yg tdx sesak nafas skrg tdk dan mulai mkn normal, sebelumx fisikx sangat lemah dan skrg … bs beraktifitas ringan hanya sj kencing msh kurang lancar,..sy baru bebrapa hr mengunakan propolis ,…semoga Alllah memberi kesembuhan pada suami sy,amin

183. Aniez - April 3, 2012

Mamaku difonis gagal ginjal padahal 2bln yg lalu mamaku luka dilambung nya,, bagaimna supaya mamaku memiliki semangat yang tinggi

184. Nana - April 11, 2012

Ass.. teman,sahabat dan semuanya..gagal ginjal bukan akhir dari segalanya juga bukan kiamat itu ujar ‘beliau” dr pranawa Sp.PD, KGH sewaktu sy berobat jadi klien beliau..Sahabatku.. sy klien dengan dengan gagal ginjal jg..sebelum berobat di beliau oleh dokter di tempat tinggal sy, sy divonis HANYA BERTAHAN 3 BULAN LAGI, sy gak menyalahkan dokter tsb apapun yg dokter katakan pastinya ada alasan medis yang mendasari, cuma sy hanyalah manusia biasa yg pasti “shock”hrs mendengar vonis tsb..Sobat akhirnya sy mendengar tentang dr Pranawa beliau INTERNIS NEPROLOGIS dan sy berobat kpd beliau dan sdh 1 tahun sampai sekarang alhamdulilah sy msh hidup, bahkan TANPA CUCI DARAH. sekalipun, yg sebelumya sy akan meninggal 3 bln lg… Sub’hanallah selagi kita mau berusaha dan berdoa, pasti ada jalan..

185. shanti - Mei 11, 2012

astaghfirullah..
akang meninggal?? innalillahi..
maaf,sy baru tahu kejadianx sprt itu. jadi ingat saat2 hunting,becandax,logatx yg kental..mizz u,kang..
smg Allah menerima amal ibadahmu.

186. ratna sari - Mei 22, 2012

mas saya boleh minta no hp mas,,,kekasih hati saya divonis sakit ginjal ,,saya benar2 merasa terpukul…mohon bantuannya

187. 070391 - Mei 25, 2012

aku mau nanya…pengobatan alternatif untuk sakit ginjal tanpa cuci darah yg sudah terbukti berhasil dmna ya???papah saya mengalami sakit ginjal yg dsarankan untuk cuci darah…mohon bantuannya…

188. cindy - Mei 25, 2012

hay semua yg ada di thread ini,,,
saya sudah membaca semua cerita dan saran2 kalian smua
nama saya cindy,,,
skrg papah saya mengalami gagal ginjal dan disarankan untuk cuci darah…tapi saya tahu cuci darah itu memakan biaya yg tidak sedikit,,,terlebih pengetahuan saya tentang gagal ginjal sangat minim,,,tolong bantuannya jika ada yang tau pengobatan alternatif untuk gagal ginjal yg terpercaya dan bisa membantu kesehatan papah saya tolong hubungi saya di 087771779090,,,
terima kasih sebelumnya….
saya sangat mengharapkan bantuan kalian,,,

189. maul - Mei 31, 2012

Mbak nana, ini dr. pranawa yang di surabaya ya mbak?
bisa minta jadwal dan alamat prakteknya?
Ibu saya juga terkena gejala penyakit ginjal, saya pengen mencoba konsultasi dengan beliau.
mohon dikirim ke email maulhabbah@gmail.com.
smg Allah swt senantiasa memberikan kesehatan dan kesembuhan pada mbak nana.

Terimakasih.

190. sunandjaja - Juni 6, 2012

mas tolong saya nih punya ortu yang gagal ginjal biar bisa mencoba diterapi ibu Merry, mohon di emailin alamat & no tel ibu Merry, terima kasih banyak

191. gundoel - Juli 1, 2012

Mohon pencerahanya, tanda-tanda gagal ginjal itu seprti apa, terima kasih.

192. andy_nugraha - Juli 3, 2012

mohon maaf sebelumnya saya cuma ingin mendonorkan ginjal saya bagi yg membutuhkan silahkan menghubungi email ini cool_andy85@rocketmail.com terima kasih

193. Nana - Juli 13, 2012

ass….dr Pranawa Sp.PD KGH beliau prakteknya di Surabaya.jln mayjen sungkono.desa wonosari kidul. belakang gedung golkar..prakteknya beliau di enam RS besar di Surabaya, hari sabtu minggu konsultan di Australia. Untuk di jln mayjen sungkono praktek hari senin sampai jum’at jam 21 sampai 03 pagi, bila berobat telp dulu untuk nomor antrian. telp.(031)5672412..semoga ibu mas maul segera diberi kesembuhan. amin.

194. weni - Juli 27, 2012

mas..tlong kasi info ke saya dong, pengobatan ala2 china,,adik saya terancam ginjalnya diangkat,,karna kata dokter batu ginjalnya sudah besar2 dan terjadi pembekakan akut dan ktanya ginjalnya sudah menipis dan rusak sehingga perlu diangkat,,mhonnn sekali informasinya lewat email weni.cris @gmail.com…alamat saya d bali..terimakasih bantuanya

195. sity - Agustus 29, 2012

bukan kerotin mas, tp creatinin….jgn berulang2 ya kl salah istilah baik sebut/tulis.

terimakasih atas koreksinya mbak sity

196. asley - Oktober 22, 2012

saya berniat mendonorkan GINJAL saya
gol darah O ,sehat
HUB : 088218438650
secepat ya saya bisa bantu

197. Risa - Oktober 31, 2012

ibu sya divonis gagal ginjal dan hrs cuci darah, ada yg bsa ksh jln alternatif ga spy ibu sya tdk trgantung pd cuci drah trs?

198. Wachid - Desember 17, 2012

mbak nana istri saya kedua ginjalnya dari hasil usg th 2011 keduanya mengecil. cek up terakhir creatin 12, sekarang istri saya mulai sering mual2. mohon info sewaktu mbak nana berobat ke Dr,\. Pranawa diberi terapi obat apa ya mbak nana? thanks atas infonya

199. nayla - Januari 2, 2013

wuihh, kisahnya lengkap dan menyentuh hati,
tetap semangat ya Bro, kita harus selalu berusaha dan berikhtiar dalam segala penyembuhan penyakit, perjuangan sahabat anda luar biasa, semoga bisa jadi inspirasi buat orang lain

200. Hari - Januari 4, 2013

Mas …kebetulan orang tua saya terkena sakit ginjal…mohon arahnya terapi atau obat apa yang bisa membantu proses penyembuhan ibu saya. ibu saya sering bengka kaki dan wajahnya. terima kasih (085648214991) >>>> Hari

201. dani - Januari 21, 2013

saya ingin mendonorkan ginjal saya, dengan kompensasi untuk membantu ekonomi keluarga, saya berdomisili di malang, usia 33 thn, tidak merokok dan minuman keras, gol darah O, hasil laboratorium normal, hp; 081 333 851 444

202. Suprayogi - Februari 12, 2013

Siang Mas, sya Opray seminggu yang lalu bapak saya divons oelh doketer gagal ginjal, mohon info no telp klink Nci Merry dan alamat lengkapnya.. terima kasih

203. dwi rahayu - Februari 26, 2013

Suami saya terkena gagal ginjal, mohon infonya no tlp dan klinik Nci Merryu dan alamat lengkapnta ke no saya 085888307615

204. nha - Maret 11, 2013

Beberapa obat2an herbal yg ditawarkan untuk penderita gagal ginjal (propolis, juice ace max, jelly gamat). Mana yg paling membantu untuk proses pengobatan gagal ginjal? ada yg bisa kash info?

205. endi - Maret 21, 2013

Malam all…istri sy sudah divonis gagal ginjal,sdh 2kali hd,, minta info yg pasti tentang obat herbal yg bagus yg paling cocok utk memperbaiki fungsi ginjal… merek apa, produksi siapa, bisa beli dimana, soalnya hrs hati2 banyak yg palsu atau kurang berkualitas, jika ada tolong diemail ke. endi.silaban@astra-honda.com…jika ada yg serius ingin mendonorkan ginjalnya bisa hub. Ke 081387410699, 021-94452540.terimakasih atas infonya

206. Gugun van jovie - Mei 2, 2013

Itu alamat ibu mery di komplek taman kedawung ciputat.bener nggak..?

207. Gladys - Mei 28, 2013

@mba ria. Boleh tau propolis merk apa yg diapakai?
Adikku jg gagal ginjal kronis stadium 3. Fungsi ginjal 45% dan spertinya α∂a̲̅ penurunan yg q lihat :( tolonggg mba share. Atau bs sms lgsung ke aq 08881609721.
Aq sudah kehilangan mama papa dan kakakku, skrg aq tidak mau lg kehilangan adikku satu2nya :(
Aku tggu infonya ya mba. Makasihhh

-Gladys

208. Gladys - Mei 28, 2013

@mba ria. Boleh tau propolis merk apa yg diapakai?
Adikku jg gagal ginjal kronis stadium 3. Fungsi ginjal 45% dan spertinya α∂a̲̅ penurunan yg q lihat :( tolonggg mba share. Atau bs sms lgsung ke aq 08881609721.
Aq sudah kehilangan mama papa dan kakakku, skrg aq tidak mau lg kehilangan adikku satu2nya :(
Aku tggu infonya ya mba. Makasihhh

-Gladys :)

209. wien - Juli 4, 2013

selamat sore mas ,saya punya saudara jg di kena gagal ginjal di sudah menjalani cuci darah suadah 2 tahun.saya minta alamatnya Nci merry dong mas.nanti bisa di email ke adye.wien@yahoo.com .terimakasih atasa bantuanya dan info nya

210. Rondang Tiarlina - Juli 15, 2013

Mohon info dr mba ria tentang mertuanya yg pulih n bs beraktifitas lg krn saat ini ibu sy gagal ginjal n hrs hd tp ibu sy blm mau hd …obat yg diminum mertua mba bs dibeli dimana ……mohon info secepatnya ….thx sebelumnya

211. Ika - Juli 29, 2013

To Ria,

Bisa saya minta info propolis yg Ria berikan ke ibu mertua? Merk apa, beli dimana? Ayah saya divonis dokter gagal ginjal stadium 5. Jika memang jalannya, mudah2an propolisnya bisa membantu.

212. pephy - Agustus 27, 2013

Menurut yg sy bc propolis produksi melia nature, ada jg dr k link. Yg sy skrg lg pake yg dari k link

213. firdaus kusuma - September 12, 2013

teman saya ada ramuan untuk ginjal yg di klaimnya bisa mengobati ginjal, lokasi di pontianak kalimantan barat, hanya saja sepertinya ramuan tersebut tidak bisa dikirim, utk info lebih lanjut, bisa langsung menghubungi orangnya.
0852-5205-1119

214. Toni Budi. - September 20, 2013

Mas, dmn n di nmr brp saya bs hub-i anda ?

215. Boed - Oktober 2, 2013

Alternative pengobatan yang menarik info lebih jauh lihat di http : / / http://www.ajaksaya.com

216. tama - Oktober 17, 2013

saya udah 6 bulan menjalani cuci darah tolong infonya ibu merry ini no saya081371500258

217. Rusmadi - Oktober 18, 2013

Saya sudah hampir 8 bulan melakukan cuci darah, bagaimana untuk dapat menyembuhkan ginjal, supaya tidak cuci darah lagi

218. Nuru - November 1, 2013

Mas…Mohon jika mengetahui dimana mas Irfan berobat alternatif untuk sakitnya, dapat menghubungi saya di HP 085752106462/081345918743 (Nurul) Email : lolipop746@yahoo.com Karena saya sangat butuh sekali untuk mengobati adik Saya yang saat ini sedang menderita Penyakit Gagal Ginjal Kronis. Apakah ada nomor HP atau alamat pengobatan alternatif tersebut yang dapat saya kunjungi langsung?
Terimakasih, saya sangat berharap dapat segera mendapat jawaban dari Mas.

219. Ario Nugroho - November 18, 2013

Assallamuallaikum,
Pembaca yang dirahmati oleh Allah
Percayalah, penyembuhan hanya milik Allah, apabila ingin sembuh, menangislah, merengeklah, mintalah kepada Allah sebagai pemilik nyawa kita dan yang memelihara kita, niscaya mukjizatnya diturunkan!

220. samsul arifin - Desember 2, 2013

saya mau no HP / Telp yg bsa di hub agar saya bisa mencoba penyembuhan dengan cara ini untuk ayah saya

221. ingin-sembuh - Desember 9, 2013

untuk anda yang ingin mengetahui seluk beluk gagal ginjal, gejala gagal ginjal,penyebab gagal ginjal dll bisa dilihat di website saya http://ingin-sembuh.com/gagal-ginjal-kronis/

222. Kaka Ade - Desember 21, 2013

Cuci darah sangat lah mahal, kami ahli menetralisir darah dan telah menyembuhkan banyak pasien dan banyak lagi keluhan pasien dari penjuru daerah untuk mengatasi penyakit ginjal dan penyakit dalam lainnya , dengan metode Islami dan tenaga dalam tanpa sentuhan tangan, 3 hari sembuh total. cukup sms untuk keterangan lebih lanjut 0878 1653 1804 ( Mas Udin ) Pondok Pabelan Magelang

223. donny - Desember 29, 2013

assalamualaikum, mas saya mau tanya juga pengobatan alternatifnya kaka saya kena gagal ginjal juga. tolong email kontaknya.
terimakasih.

224. Linda - Desember 30, 2013

TemAn teman yg butuh infor masi ttg transplant ginjal atau transplant hati (cangkok)
bisa menghubungi sy di email, atau sms di 082195380266
mohon bantuan untuk di sebarkan ke teman dan keluarha, demu kehidupan bersama. Dengan pencangkokan, pasien bisa hidup sampai bertahun tajun.

225. wardana - Desember 31, 2013

Mas, mohon infonya. Sahabat saya mengalami gagal ginjal yg katanya tinggal 10%. Mohon bantu alamat ataupun no tlp pengobatan alternatif yg bisa dihubungi.
Terima kasih
salam hangat

226. Arie - Februari 25, 2014

Sungguh mengharu kan sya jd sdi bacanya

227. Arie - Februari 28, 2014

Siapa aja yg tau alamat dan no tlp ibu mery tlg bri tau saya karna saya bnr2 membutuhkan

228. Arie - Maret 5, 2014

Mat siang tlg dong siapa aja yg tau almt dan no tlp ibu mery karna saya sgt membutuhkan nya,soalnya ibu saya skt ginjal

229. arif - April 1, 2014

maaf sebelumnya
bagi yg mempertimbangkan untuk mencari donor.
saya siap donor.
pria 33th gol drh B+
160cm 65 kg
bebas miras dan narkoba
yg benar2 serius
hub 0857 2515 0514

230. jamal - Mei 11, 2014

Sya mo brobat ke ci merry, pennakit lumpuh sebelah, bisa gak?

231. Rohani Yan Zori - Agustus 5, 2014

Mas Eko, minta alamat Ibu Merry, sms ke saya 081216663330 atau email ke rniwang@yahoo.co.id
ya Mas, Toloooooong banget

232. Fahrie - Oktober 6, 2014

Sedih baca tulisannya Mas Eko, Alfatihah buat sahabatnya almarhum Irfan.
Saya perhatikan ada beberapa sahabat disini yang menawarkan jadi donor ginjal
sebagian besar karena alasan ekonomi
saya ikut prihatin sahabat, mungkin karena tekanan ekonomi sahabat jadi nekad untuk donor ginjal. tapi proses donor ginjal itu tidak semudah yang dibayangkan. Yang paling sulit adalah mencari donor yang match dengan resipiennya.
Jadi bukan hanya soal golongan darah saja.

233. rohman - Oktober 14, 2014

Kalau boleh tau mbak Ria menggunakan propolis merek apa dan belinya di mana ya?

234. maya - Oktober 25, 2014

saya penderita gagal ginjal, ketika divonis untuk HD rasanya kaki ga nginjak bumi kaya melayang,, tapi apa mau dikata nasi sudah menjadi bubur,, saya menjalani HD 1 minggu 2x, saya anggap tempat HD rumah ke dua, umur saya masi terbilang muda 20 thun, masa yang panjang untuk merasakan kehidupan yang normal, banyak orang yng menyarankan inilah itulah tapi tidak pernah saya dengarkan saya hanya fokus HD dan terapi air putih dari ibu saya sendiri krena saya yakin dengan doa dan wirid ortu lebih mujarab.lhamdulillah sekarang saya bisa beraktifitas seperti layaknya orang yng sehat. mudah mudahan rekan rekan semua yang terkena penyakit seperti saya selalu optimis dan penuh semangat untuk menuju kesembuhan amin…

ekojuli - Oktober 30, 2014

terimakasih mas fahrie


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 34 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: